Cara Memasang Pixel Facebook di WordPress

Cara Memasang Pixel Facebook di WordPress

Menggunakan pixel facebook merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mengembangkan bisnis. Bagi Anda memiliki website yang Anda gunakan untuk berbisnis, maka ada cara yang sangat bagus untuk meningkatkan penjualan Anda dengan mudah.  Selain beriklan di Google yaitu AdWords, Anda juga harus mencoba untuk beriklan dan mempromosikan bisnis Anda di facebook dengan memasang pixel facebook.

Pixel facebook dan facebook ads merupakan layanan yang akan membantu Anda dalam menjalankan strategi pemasaran. Di antara kedua layanan tersebut, facebook pixel adalah layanan yang sangat penting seperti facebook ads karena dapat menjadi alat bantu melakukan analisis pemasaran dan penargetan ulang (remarketing & retargeting) di facebook.

Secara default, facebook pixel tidak berjalan secara otomatis di website sehingga Anda perlu memasangnya terlebih dahulu. Beriklan di facebook akan memberikan Anda hasil yang maksimal jika Anda mengetahui caranya. Sebenarnya tidak hanya di facebook, di media apapun juga jika Anda tidak mengetahui cara yang tepat maka dapat mengakibatkan habisnya anggaran tanpa ada penjualan yang berhasil dilakukan.

Facebook menawarkan kemampuan periklanan yang menakjubkan kepada para pemilik website. Apapun jenis website yang Anda bangun, jika Anda ingin mendapatkan nilai penuh dari kemampuan iklan di facebook untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan peningkatan penjualan Anda, maka Anda harus menambahkan facebook pixel ke website Anda.

Bagaimana Cara Memasang Pixel Facebook Pada WordPress?

  1. Dapatkan kode pixel facebook terlebih dahulu

Untuk menginstal facebook pixel di situs wordPress Anda adalah dengan mendapatkan kode facebook pixel.  Caranya adalah dengan masuk ke akun facebook Anda dan masuk ke Pengelola Iklan / Ads Manager. Kemudian klik menu yang ada di pojok kiri atas dan kemudian klik tab Pixel di bawah menu “Events Manager”.

  1. Klik tombol Create Pixel

Langkah kedua Anda bisa masukkan nama Pixel Anda dan klik “Create”. Setelah mendapatkan pesan sukses, maka akan muncul pop-up yang mengatakan ‘Install Your Pixel Code’. 

Di sini Anda diberi tiga pilihan. Pilih yang pertama ‘Gunakan Integrasi atau Pengelola Tag’ dan Anda akan diminta memilih platform pasangan. Pilih wordpress dan klik link download untuk mendownload plugin facebook pixel.

  1. Instal dan aktifkan plugin melalui dashboard

Setelah Anda mendownload facebook pixel, maka Anda harus menginstall dan mengaktifkan plugin melalui dashboard wordPress Anda. Caranya adalah dengan masuk ke wordpress dan klik “Add New” di tab “Plugins” di panel admin wordpress Anda.

  1. Klik Choose File dan upload plug-in Facebook Pixel yang telah didownload

Setelah klik langkah tersebut, selanjutnya Anda bisa langsung  klik ‘Install Now’ dan selesaikan set up dengan mengklik tombol ‘Activate Plugin’. Kemudian buka “Ads Manager” di facebook Anda dan klik tab “Pixel” dari menu paling atas. Jika statusnya aktif, maka facebook pixel Anda telah terpasang dengan benar.

Selain itu, Anda juga bisa memasang facebook pixel secara manual. Cara ini dapat Anda gunakan untuk semua jenis website baik WordPress, Blogger, Joomla, Drupal, maupun website yang dibuat dari berbagai platform web lain. 

Untuk memilih cara manual, maka ketika Anda diminta untuk memilih opsi untuk memasang kode facebook pixel, maka silakan pilih ‘Manual Install the Code Yourself’. Di sini Anda akan ditunjukkan di mana Anda perlu menempatkan beberapa kode di situs Anda. Cukup klik pada kode yang diberikan pada langkah 2 dan akan disalin ke clipboard Anda. 

Dari pop-up yang sama, Anda juga dapat mengirimkan lalu lintas uji ke pixel facebook Anda untuk memeriksa statusnya, namun hanya setelah menginstal kode di website Anda. Berbeda dengan metode pertama, yang secara otomatis melacak tindakan orang yang diambil dari website Anda, penginstalan manual memberi Anda pilihan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan acara.

Demikianlah cara memasang pixel facebook di wordpress. Memasang facebook pixel di wordpress cukup sederhana dan mudah.  Anda tinggal membuat facebook pixel melalui halaman facebook untuk mendapatkan kode pixel (tracking code) yang nantinya disematkan di dalam file website.

Related Posts