fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Yodik Prastya

Spam komentar masih saja menjadi masalah pada sebuah website. Apalagi jika Anda memakai CMS WordPress, serangan ini akan membuat server website milik Anda akan semakin limit. Jika space sudah menipis maka tentu akan menimbulkan masalah. Maka dari itu memasang Captcha menjadi solusi terbaik agar tidak mengalami hal ini.

“Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart” atau Captcha merupakan salah satu alat yang bisa membedakan apakah pengakses yang masuk merupakan manusia atau mesin robot. Dengan alat ini setiap website akan lebih aman dari spamming yang menimbulkan masalah pada website.

Beberapa Jenis Captcha Google

Sebelum membahas mengenai cara memasang Captcha, lebih dulu Anda harus memahami apa saja jenisnya. Sejauh ini Google Captcha dibedakan menjadi dua yakni reCaptcha v2 dan reCaptcha v3. Inilah perbedaannya.

reCaptcha v2

Merupakan Captcha yang sangat simple karena hanya terdiri dari beberapa baris HTML saja ketika membuatnya. Captcha ini juga sangat mudah dalam verifikasi, beberapa bentuk verifikasinya antara lain: “I’m not a robot’ Checkbox, Invisible reCaptcha Badge dan reCaptcha Android.

reCaptcha v3

Menjadi Captcha yang juga dianggap lebih simple lagi dibandingkan sebelumnya. Karena sistem keamanan yang digunakan dalam verifikasi bisa dijalankan otomatis memakai JavaScript dengan jaringan koneksi yang terhubung. Jika terdeteksi bukan manusia maka kode Captcha akan terus muncul dihalaman website.

Cara Membuat dan Memasang Captcha Google di WordPress

Untuk membuat Captcha sebenarnya sangat mudah. Para pengguna website harus menyiapkan gmail dan juga domain website yang masih aktif. Jika ingin belajar membuatnya berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Silahkan masuk ke halaman awal gmail. Kemudian silahkan login memakai akun gmail pribadi Anda.
  • Berikutnya adalah masuk ke halaman reCaptcha.
  • Klik pada menu Admin Console.
  • Pada halaman ini Anda akan diarahkan ke menu selanjutnya, klik Register a New Site. Isikan semua kolom yang ada dengan jawaban yang sesuai. Hal ini akan memudahkan memperoleh Site Key serta Secret Key.
  • Jika sudah selesai mengisi lanjutkan dengan klik SUBMIT.
  • Setelah melakukan SUBMIT, maka 2 key akan didapatkan yakni Site Key dan Secret Key. Salin supaya bisa dipakai untuk reCaptcha pada website WordPress milik Anda.

Berikutnya adalah memasangnya ke WordPress milik Anda. Untuk melakukan pemasangan ada beberapa langkah yang harus Anda kerjakan. Inilah panduan memasangnya.

  • Masuk ke WordPress dengan mengaksesnya melalui URL domain milik Anda. Biasanya melalui wp-admin
  • Langkah berikutnya adalah melakukan install plugin reChaptcha bt BestWebsoft. Proses ini mudah, silahkan masuk ke menu Plugin dan kemudian ke Add New.
  • Untuk mempermudahnya bisa masuk ke halaman pencarian dengan mengetikkan reChaptcha bt BestWebsoft dan kemudian Install Now.
  • Jika proses penginstallan sudah selesai, silahkan klik menu Activate.
  • Berikutnya adalah memilih reCaptcha. Silahkan memilih salah satu dari dua jenis Captcha diatas. Dan masukkan kode yang sudah didapatkan yakni Site Key dan Secret Key pada isian kolom yang tersedia.
  • Pilihlah form mana yang akan dikaitkan dengan Captcha misalnya pada halaman login, kolom komentar, halaman registrasi atau halaman muka lainnya.
  • Kemudian silahkan mengatur halaman form mana yang akan di tambahkan Captcha dan mengatur tampilannya.
  • Selesai.

Penutup

Nah itulah proses pembuatan Captcha dan langkah memasangnya di Google WordPress milik Anda. Dengan memasang kode Chaptcha ini maka website Anda akan semakin aman dari serangan spam dari robot yang menyebabkan kerugian dikemudian hari. Semoga berhasil!

Baca Juga