fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Cepat dan Mudah

Wiliam

Pernahkah Anda berada di posisi ingin membeli suatu barang namun kekurangan uang? Solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan kartu kredit. Beberapa orang merasa kewalahan saat harus melakukan Pelunasan tagihan kartu kredit dan akhirnya terjadi penunggakan. 

Cara Melunasi Hutang Tunggakan Kartu Kredit secara Cepat dan Aman

Lalu bagaimana cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat dan mudah? Simak ulasan berikut ini hingga habis.

Bayar Tagihan Sesaat Setelah Gajian

Membayar tagihan setiap bulannya terkadang menjadi momok yang begitu menakutkan. Untuk itu, tips pertama yang harus diterapkan adalah membayar tagihan kartu kredit sesaat setelah gaji chair. Jangan menunggu beberapa waktu hingga keuangan kembali menipis.

Membayar tagihan di awal bulan bisa membantu Anda mengalokasikan gaji secara tepat. Selain itu, tentu pikiran menjadi lebih plong ketika tagihan kartu kredit pada tempat tersebut sudah terlunasi.

Dan jika bisa, sebaiknya bayar tagihan melebihi jumlah tagihan yang seharusnya. Sehingga Anda bisa merasa lebih tenang apabila suatu hari ada pengeluaran tak Terduga yang mau tidak mau memotong jatah pembayaran kredit.

Mencari Penghasilan Tambahan

Kalau dipikir pikir, uang adalah benda yang tidak akan pernah ada kata puas untuk memilikinya. Apalagi sudah punya tagihan dan hutang, tentu kita membutuhkan yang namanya penghasilan tambahan. Memiliki dana lain selain gaji bulanan tentu bisa meringankan pembayaran tagihan kartu kredit anda.

Mulailah bekerja sesuai dengan passion anda dan tidak mengganggu pekerjaan utama. Terlebih, sekarang ini ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjakan dan beberapa di antara profesi tersebut waktunya fleksibel, seperti menjadi seorang Freelancer.

jika Anda memiliki hobi atau ketertarikan terhadap suatu bidang misalnya kepenulisan, design grafis, Fotografi, dan lain sebagainya maka itu bisa dimanfaatkan menjadi peluang Cuan. Ada banyak platform yang bisa meng-hire Anda sebagai seorang freelancer.

Mengajukan Pinjaman Online

Jika dirasa sudah di atas tak kunjung bisa menyelesaikan tagihan kartu kredit setiap bulannya, maka tidak ada salahnya mengajukan pinjaman online agar hutang ada Tunggakan kartu kredit bisa lunas lebih cepat.

Gali lubang kecil untuk tutup lubang besar, adalah istilah yang pas disematkan apabila anda memilih meminjam online untuk membayar tunggakan kartu kredit. Namun perlu Anda perhatikan kena pastikan utang online ini memiliki suku bunga yang kecil dibandingkan bunga tunggakan kartu kredit anda.

Saat ini ada banyak sekali lembaga keuangan yang memberikan layanan pinjaman on line dan mereka sudah diawasi oleh OJK. transaksinya aman dan data kita pun bisa terjaga dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Meminimalisir Penggunaan Kartu Kredit Sampai Tagihannya Lunas

Tips melunasi Tunggakan kartu kredit dengan cara cepat dan mudah selanjutnya adalah meminimalisir penggunaan kartu kredit hingga tagihannya selesai dilunasi. berikan jeda pada kartu kredit anda dan memanfaatkan waktu tersebut untuk melunasi segala tagihan.

Pada tahap ini, anda bisa mengalokasikan kembali penggunaan kartu kredit secara bijaksana. Jangan terpukau dengan beberapa kemudahan yang diberikan kartu kredit namun menyulitkan Anda saat membayar tagihan setiap bulannya.

Buat Prioritas Hutang Berdasarkan Jatuh Temponya

Tips selanjutnya agar tagihan  kartu kredit bisa lunas dengan cepat dengan memprioritaskan hutang berdasarkan jatuh tempo nya. Usahakan membayar tagihan tersebut sebelum tanggal yang sudah ditentukan. Ini bisa membuat Anda lebih tenang dan terhindar dari denda keterlambatan pembayaran.

Sebaliknya, jika anda menunda pembayaran Tunggakan kartu kredit maka biaya angsuran di bulan depannya akan semakin bertambah. Hal ini disebabkan bunga kartu kredit sifatnya semakin membengkak apabila melebihi batas pembayaran. Tentunya Anda tidak ingin membayar tagihan bunga dua kali lipat di bulan berikutnya bukan?

Hitung Jumlah Pendapatan Bulanan Anda

Tips berikutnya yang terbilang sepele namun cukup berpengaruh pada kelancaran Pelunasan hutang tagihan kartu kredit adalah mempertimbangkan jumlah pendapatan bulanan. Alokasikan dana secara tepat mulai dari biaya tagihan, hutang, pembayaran listrik, kebutuhan rumah, dan pembayaran lainnya.

Adapun alokasi ideal yang sebaiknya Anda terapkan adalah biaya sehari-hari (50%), hutang (30%), dan tabungan (20%). Namun kondisi perekonomian setiap orang berbeda, jadi rasio di atas cukup disesuaikan dengan pendapatan bulanan anda.

Tips Menggunakan Kartu Kredit Supaya Jauh dari Tunggakan

Setelah mengetahui beberapa cara untuk melunasi hutang Tunggakan kartu kredit secara tepat dan aman, sebaiknya Anda juga memahami bagaimana cara cerdas penggunaan kartu ini agar aman dari pembengkakan atau tunggakan. Berikut ini informasi lebih lanjutnya:

  • Membuat limit kartu kredit. Sebenarnya pihak bank sudah memberikan limit kepada pengguna setiap kali menerbitkan kartu kredit. Namun Akan lebih baik jika Anda membuat batas limit sendiri dan memperkirakan pengeluaran tiap bulannya. Caranya dengan membuat skala prioritas dan beberapa pembayaran lain yang harus didahulukan.
  • Gunakan kartu kredit di waktu tertentu saja. Artinya, tidak semua transaksi harus melalui kartu kredit. Karena ini akan mengakibatkan pembengkakan Tunggakan dan membuat Anda lebih boros. Sebisa mungkin menggunakan fasilitas kartu kredit pada waktu tertentu saja misalnya saat ada diskon atau promosi yang mensyaratkan nya harus menggunakan kartu kredit.
  • Selalu menyediakan uang tunai di dompet dan tidak bergantung pada kartu kredit yang dimiliki. Meskipun kartu ini sangat memudahkan transaksi, namun jangan Terbuai karena bisa jadi itu Yang menyebabkan pembengkakan dan tagihan anda tidak selesai.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara melunasi Tunggakan kartu kredit dengan  aman dan mudah beserta cara cerdas menggunakan fasilitas ini. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Baca Juga