fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Melihat Source Code Website dengan Benar

Wiliam

Ketika bizzie sedang membuat website maupun blog dan bingung di saat menata layout atau memilih warna yang cocok, maka salah satu trik bisa digunakan adalah mengunjungi web dengan desain bagus. Disaat bizzie mengunjungi website tersebut, pasti muncul pertanyaan, bagaimana sang kreator membuat layout indah di website dan apa saja kode css yang digunakan.

Semua browser memberikan kemungkinan kepada pengguna untuk bisa melihat HTML atau script lain di halaman web yang dikunjungi. Maka dari itu, untuk penjelasan lebih lengkap mengenai cara melihat source code website bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Source Code Website

Sebelum membahas mengenai cara melihat source code website, akan lebih baik dimulai dari segi pengertian terlebih dahulu. Secara garis besar, source code merupakan pernyataan atau instruksi berupa serangkaian kode yang dituliskan menggunakan bahasa pemrograman komputer.

Untuk kode tersebut biasanya akan disimpan di dalam file teks. Sehingga bisa dicetak di kertas maupun media lainnya. Dengan bentuk kertas ini, untuk kode sumber ini bisa dibaca dan dipahami secara mudah oleh manusia.

Berdasarkan salah satu penelitian, bahwa source code adalah komponen yang paling dasar dari sebuah program komputer. Selain itu, untuk kode program ini mempunyai fungsi di dalam memberikan perintah kerja agar perangkat bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

Pada saat ingin membuat kode, programmer profesional biasanya akan menggunakan teks editor, tools pemrograman visual, kit pengembangan software dan masih banyak lainnya. Untuk semua alat tersebut saling membantu di dalam mengembagkan website sekala besar dan memberikan dukungan di berbagai jenis source code.

Cara Melihat Source Code Website

Untuk mengetahui itu semua hal tersebut, maka bizzie bisa melakukan cara melihat source code website. Beberapa langkah yang harus dilakukan di cara melihat source code website adalah :

Membuka halaman website ataupun blog yang akan dilihat source code nya terlebih dahulu. Di dalam cara melihat source code website kali ini menggunakan halaman pertama dari www.dewabiz.com.

Setelah halaman terloading secara sempurna, maka bizzie bisa langsung saja mengklik pada halaman tersebut dan akan muncul pilihan “lihat sumber laman”. Akan muncul di halaman tab baru secara otomatis dan disitulah bizzie bisa melihat source codenya.

Cara melihat source code website yang sudah dijelaskan diatas bisa dilakukan, ketika bizzie membuka halaman website menggunakan browser Chrome di dalam Bahasa Indonesia. Ketika bizzie menggunakan Firefox, maka untuk cara melihat source code website sama seperti yang sudah dijelaskan diatas, cuma pilihannya adalah “view page source”.

Pada halaman source code kali ini, bizzie juga bisa melihat kode HTML dan CSS apa yang sedang digunakan. Bahkan, untuk kode javascript juga bisa dilihat. Biasanya, di dalam kode javascript ini sudah enkripsi dan susah untuk dibaca lagi.

Di dalam beberapa website, terkadang sang creator mencegah halaman agar websitenya tidak bisa diklik kanan. Untuk cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memilih menu option di browser yang digunakan. Setelah itu, memilih menu “lihat sumber laman” pada Google Chrome dan untuk di Firefox menu yang dipilih “view page source”. \

Apabila bizzie tidak ingin ribet, maka bisa langsung saja tekan “CTRL+U” secara bersamaan. Setelah itu, bizzie bisa melihat source codenya dan bisa langsung pelajari isi dari kode tersebut.

Dengan hal tersebut semoga bizzie bisa mendapatkan ide baru yang bisa diterapkan di dalam proses pembuatan website. Untuk lebih jelas melihat kode sumber atau source code di halaman web adalah :

●   Firefox – CTRL + U (tekan tombol CTRL dan U di perangkat keyboard yang digunakan secara bersamaan). Selain itu, bizzie juga bisa menuju ke halaman menu “Firefox” dan memilih “web developer” dan “page source”.

●   Internet Explorer – CTRL + I atau klik kanan dan memilih menu “View Source”.

●   Chrome – CTRL + U. Atau bizzie bisa memberikan klik pada ikon tiga garis horizontal di bagian sudut kanan atas. Setelah itu, bizzie bisa memberikan klik pada menu “tools” dan memilih “video source”.

● Opera – CTRL + U. Atau klik kanan di halaman website dan memilih menu “view page source”.

Ketika bizzie melihat source code website, hal yang harus diingat adalah source code yang ditampilkan hanya source code yang diproses oleh browser itu sendiri. Artinya, untuk hasilnya bukan source code yang diproses langsung oleh server.

Apabila bizzie baru pertama kali belajar mengenai source coding pasti bingung di saat melihat banyak kode dan fungsinya apa saja di setiap kode. Akan tetapi tenang saja, untuk cara melihat source code website sudah dijelaskan secara detail dan lengkap di atas.

Ada satu source data yang sering digunakan, yaitu java. Java merupakan bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di berbagai perangkat dan operating sistem (OS). Dengan hadirnya Java, programmer hanya perlu melakukan kompilasi kode program sekali kerja saja.

Kompatibilitasnya juga sangat tinggi dan bisa memberikan kemungkinan program tersebut bisa dioperasikan di berbagai jenis platform tanpa adanya perubahan sama sekali. Java mempunyai class library yang sangat lengkap dan berfungsi untuk memudahkan programmer di dalam proses pembuatan aplikasi.

Selain itu, Java juga mempunyai sintaks yang sama seperti bahasa pemrograman dari C++. Ketika sudah terbiasa menggunakan bahasa pemrograman dari C++, maka bizzie diberikan jaminan tidak merasa kesulitan ketika harus berpindah ke source code ini.

Sekian penjelasan lengkap dan jelas mengenai cara melihat source code website. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi kepada bizzie yang belum bisa melihat source code website.

Baca Juga