fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

5 Cara Login Email Dengan Domain Sendiri dan Keuntungannya

Yanti puspita

Cara login email dengan domain sendiri bisa di lakukan saat kamu sedang merintis sebuah website bisnis online. Semua ini karena untuk mencapai target penjualan kamu tidak hanya tidak hanya harus menjual produk tetapi juga berkomunikasi dengan konsumen atau calon klien.

Itu sebabnya email dengan domain sendiri sangat penting dan berguna. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memulainya sekarang juga! Agar kamu tidak kebingungan, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara login email dengan domain sendiri serta keuntungan menggunakan domain email sendiri bagi kamu para pebisnis. Yuk, langsung aja!

Cara Login Email Dengan Domain Sendiri

Bagi kamu yang bertanya-tanya bagaimana cara login email dengan domain sendiri, semuanya akan di bahas di artikel ini. Simak sampai akhir, ya!

1. Tentukan Hosting dan Domain yang Akan Digunakan

Cara login email dengan domain sendiri yang pertama adalah menentukan hosting dan domain yang akan di gunakan.

Tujuannya adalah untuk mengakses ke cPanel dan domain yang di gunakan untuk alamat email nantinya. Periksa juga apakah domain yang kamu inginkan sudah di miliki orang lain atau masih tersedia.

2. Memiliki Akun Gmail Aktif

Pastikan kamu memiliki akun Gmail yang aktif. Jika kamu belum memiliki akun Gmail aktif, maka kamu bisa membuat email baru. Kamu dapat membuat email baru di browser ponsel atau PC dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Buka Gmail dan Isi Data Pribadi

Buka Gmail dan isikan data diri yang di perlukan seperti nama depan, nama belakang, nama pengguna (yang akan di jadikan alamat email), kata sandi dan konfirmasi kata sandi. Jangan lupa juga klik next atau berikutnya. Setelah itu, kamu juga akan di minta mengisi nomor ponsel, email pemulihan (opsional jika tersedia), tanggal lahir dan jenis kelamin. Setelah itu klik next atau berikutnya.

Verifikasi Nomor Ponsel

Langkah selanjutnya dalam cara login email dengan domain sendiri adalah memverifikasi nomor ponsel yang kamu masukkan. Nantinya kamu akan di kirimi SMS dalam beberapa detik yang berisi OTP atau kode verifikasi. Setelah masukkan kode yang tertera di SMS dan klik verifikasi.

3. Buka Panel Kontrol (Plesk)

Setelah kamu memiliki akun Gmail aktif dan memilih hosting & domain yang di inginkan, saatnya masuk ke panel kontrol domain (Plesk).  Ada 2 cara untuk login Plesk, yaitu:

Melalui Akun Billing DewaBiz

Cara termudah yang bisa di lakukan adalah dengan login terlebih dahulu ke akun DewaBiz. Untuk login ke Plesk, klik Kelola Hosting dan kamu akan terhubung ke akun Plesk.

Melalui Domain atau Server :8843

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengetikkannya ke browser dengan akhiran: 8843 di akhir. Ini berlaku untuk domain atau IP server.

Misalnya nama domain kamu adalah tokomimi.com maka kamu harus memasukkan https://tokomimi.com:8843. Nantinya kamu akan di tautkan ke halaman domain atau server kamu. Masukkan nama pengguna dan kata sandi akun Plesk dan klik Masuk.

4. Buat Akun Email Dengan Domain Sendiri di Plesk

Langkah selanjutnya adalah membuat email menggunakan domain yang sudah kamu beli. Berikut ini adalah langkah-langkah lengkapnya!

  • Klik Mail di menu pojok kiri
  • Isi data pribadi di Plesk untuk membuat domain email sendiri
  • Masukkan alamat Email yang ingin di buat email
  • Kemudian isi alamat email eksternal dan gunakan sebagai email cadangan jika nantinya kamu tidak dapat mengakses email domain
  • Setelah itu klik OK

5. Akses Email Domain Melalui Gmail

Bagi kamu yang ingin mengakses email domain dengan Gmail, maka kamu dapat mengaksesnya di hp atau komputer. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Gmail dari handphone
  • Di menu pojok kanan yang terdapat thumbnail foto, klik Tambah Akun Lain
  • Akses email domain dengan Gmail dan klik lainnya
  • Masukkan email domain dan klik Berikutnya
  • Pilih jenis akun yang di inginkan dan klik berikutnya
  • Untuk menyimpan salinan pesan email di server, pilih opsi IMAP dan jika kamu tidak ingin menyimpan di server, pilih POP3
  • Tentukan kata sandi email dan klik berikutnya
  • Selesai

Manfaat Login Email Dengan Domain Sendiri

Walaupun sering di anggap sepele, email dari domain gratis seperti Gmail justru terlihat kurang profesional. Apalagi bagi kamu yang ingin menjangkau orang-orang seperti pelanggan, partner, klien, rekan kerja dan lainnya.

Itulah mengapa sangat penting untuk membuat email yang lebih profesional dengan domain sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menerapkan cara login email dengan domain sendiri.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Jika kamu menggunakan email dengan domain sendiri, maka kamu akan mendapatkan poin kepercayaan ekstra dari pelanggan atau orang yang ingin kamu jangkau.

Sebab, ketika seseorang mempunyai domain, berarti orang tersebut sudah memikirkan keberadaan suatu bisnis atau perusahaan secara online. Salah satu caranya adalah dengan membangun website dengan nama domain dan email bisnis.

Meningkatkan Profesionalisme

Selain kredibilitas, tentunya cara login email dengan domain sendiri ini akan membuat kamu terlihat lebih profesional. Hal ini dapat meningkatkan citra merek atau bisnis kamu di mata pelanggan.

Mempromosikan Bisnis

Saat kamu mengirim email kepada seseorang atau menghubungi mitra, maka kamu tidak secara langsung mempromosikan bisnis yang kamu kelola. Dengan demikian secara implisit ini menunjukkan bahwa kamu berasal dari perusahaan A saat melihat domain email tersebut.

Hal ini dapat menggugah rasa penasaran pelanggan untuk mengetahui lebih jauh mengenai bisnis atau perusahaan yang di dirikan.

Miliki Kendali Penuh

Dengan menggunakan email dengan domain sendiri maka kamu akan memiliki kendali penuh. Kamu akan bisa membuat atau menghapus kotak surat yang ada semaumu. Selain itu kamu juga akan dapat menyesuaikan atau mengelola apa pun di email tersebut karena hanya kamu yang memegang kendali.

Bebas Dari Gangguan Iklan

Keuntungan berikutnya yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan domain email sendiri adalah bebas dari layanan periklanan. Terkadang iklan yang muncul di inbox saat membuka email sangat mengganggu.

Tapi dengan menggunakan domain email sendiri, kamu bisa terbebas dari hal tersebut. Sehingga email kamu akan terlihat lebih rapi dan bersih tanpa gangguan iklan.

Keamanan dan Privasi yang Lebih Baik

Salah satu hal terpenting yang perlu di khawatirkan saat menggunakan email adalah keamanan dan privasi. Tapi dengan menggunakan domain email sendiri, maka tingkat keamanan yang bisa kamu capai juga lebih baik.

Tak hanya itu, privasi juga akan lebih terlindungi. Penyedia domain email ini tidak dapat melihat isi pesan yang di kirim atau di terima dan privasi juga akan di jaga semaksimal mungkin.

Ada Fasilitas Backup Email

Salah satu hal yang sering di khawatirkan saat menggunakan email adalah pesan yang hilang secara tiba-tiba. Entah di hapus secara sengaja atau tidak. Nah, untuk mengantisipasi hal seperti ini, di perlukan fitur backup.

Dan fitur ini bisa kamu temukan di domain email sendiri. Dengan demikian kamu bisa mencadangkan dan memulihkan semua akun email yang terhubung ke domain email bisnis kamu.

Nah, itulah dia sedikit penjelasan mengenai cara login email dengan domain sendiri serta beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan. Mulai dari meningkatkan kredibilitas bisnis hingga fasilitas backup email yang tentunya akan menguntungkan kamu.

Baca Juga