fbpx

Yuk, Ketahui Cara Kerja Domain dan Hosting

Sebuah website tidak akan work atau bekerja jika tidak memiliki komponen domain dan hosting. Umumnya, pemilik situs pemula akan menggunakan domain dan juga hosting gratis yang di sediakan oleh sistem pengembangan web seperti Blogspot dan WordPress. Domain dan hosting gratis itu bisa di gunakan sesaat setelah website itu jadi.

Semua file di website Anda seperti gambar, video, script, dll dapat di akses dan di kelola lewat internet. Sebelum kami membahas bagaimana cara kerja domain dan hosting, alangkah baiknya untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.  Hosting dan domain memang sering di artikan sama.

Yuk, Ketahui Cara Kerja Domain dan Hosting

Meskipun keduanya adalah komponen penting dari website akan tetapi duanya memiliki fungsi yang berbeda. Hosting dan domain menjadi bagian yang tak terpisahkan. Hosting merupakan layanan online yang menyediakan pengelolaan situs web yang nantinya dapat di gunakan melalui jaringan internet.

Sebuah situs di Google yang diakses lewat jaringan internet biasanya harus di isikan nama domain terlebih dahulu. Jika di ibaratkan dalam pembangunan suatu bangunan, hosting ini seperti tanah. Selagi domain dan IP sebagai alamatnya.

Contoh domain adalah Dewabiz.com, Dewabiz.co.id, Dewabiz.id. Akan tetapi, perlu di ingat bahwa alamat IP dan domain berbeda. Alamat IP perihal dengan angka numerik yang dapat di baca oleh komputer. Sedangkan nama domain termasuk bagian dari URL yang menghubungkan ke alamat Ip.

Fungsi utama dari nama domain adalah untuk membantu pengunjung dalam menemukan situs Anda. Biasanya, hanya dengan melihat nama domain, mereka akan mengetahui konten yang ada di website Anda.

Jika domain berfungsi sebagai bukti diri web yang sifatnya tidak bisa di gandakan. Maka hosting bertujuan sebagai penyimpanan data dan informasi situs. Hosting ada dalam berbagai jenis, diantaranya sebagai berikut.

Jenis-Jenis Hosting

Shared Hosting

Shared hosting merupakan salah satu jenis hosting yang paling banyak di gunakan untuk website. Bahkan, hosting ini sangat direkomendasikan untuk para pemula. Selain itu, shared hosting juga sangat cocok untuk website baru yang jumlah traffic-nya tidak sangat banyak.

Seperti namanya, shared hosting termasuk hosting dengan server yang bisa di bagi dengan orang lain. Jika website lain traffic penggunaanya tinggi maka akan merubah kinerja web Anda juga.

Cloud Based Hosting

Cloud based hosting merupakan terobosan baru yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jenis hosting ini bisa di gunakan oleh ratusan server secara seiring. Tak heran jika hosting ini banyak di incar oleh pemilik website karena kinerjanya yang lebih optimal dan tidak akan down server.

VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS hosting merupakan jenis hosting dengan kelebihannya yang sangat menarik yang sangat populer. Klebihan dari jenis hosting ini yaitu mempunyai space server yang dedicated sehingga apabila terjadi peningkatan traffic pada web lain tidak akan berpengaruh pada website Anda.

WordPress Hosting

WordPress hosting merupakan jenis website yang berfungsi untuk pengguna website WordPress. Hosting ini adalah bagian dari shared hosting. Layanan yang akan di dapatkan oleh pengguna adalah perbaruan instalasi WordPress yang berfungsi untuk melindungi website dari ancaman hacker.

Cara Kerja Hosting

Membuat suatu website tentu akan memikirkan nama domain apa yang cocok dan menarik. Tapi, ada hal lain yang tak kalah penting yaitu memilih layanan hosting. Banyak sekali layanan hosting yang bisa Anda pilih seperti yang di jelaskan di atas.

Anda akan mendapatkan ruang server yang digunakan untuk menyimpan data dan data pada suatu website. Jika ada yang terhubung domain web site maka Semua informasi akan di berikan kepada pengguna itu.

Pengguna hosting hampir sama seperti penyewa gedung yang mengharuskan mereka membayar sewa bulanan. Pengguna hosting akan membayar sewa layanan hosting agar server bisa di akses dengan mudah dan website tidak mengalami gangguan. Meski begitu, masih banyak juga layanan hosting gratis yang bisa Anda coba. Tentunya ada keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Cara Kerja Domain

Cara kerja dari domain dan hosting adalah berbeda, domain akan menerjemahkan alamat IP yang lebih mudah untuk di ingat pengunjung. nama domain dan IP memang unik supaya tidak akan bisa di duplikasikan. Perlu Anda mengerti bahwa nama domain tidak akan berubah walaupun Anda mengubah server hosting pada webite.

Jika hal ini terjadi, yang perlu di lakukan adalah dengan memberi jelas server baru pada DNS. Jadi, apabila Anda tengah berada di luar negeri maka Anda perlu menghubungi kantor pos bahwa alamat Anda baru. Dengan begitu, Anda akan tetap bisa menggunakan web site di sesuaikan dengan nama domain sebelumnya.

Domain yang Bisa Anda Gunakan

Jika Anda sedang mencari domain untuk web Anda, pastinya akan sesuai dengan kebutuhan konten. Ada banyak sekali jenis domain yang bisa Anda gunakan. Tentunya, domain ini akan menambahkan kelebihan pada website Anda. Berikut inilah beberapa rekomendasi domain yang dapat sesuai dengan kebutuhan Anda.

1 .Com (Dot com)

dot com merupakan salah satu jenis domain yang paling banyak digunakan di semua dunia. Hal ini adalah kependekan dari commercial yang seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan zaman maka lumrah digunakan untuk Semua website. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan domain yang satu ini.

2 .Net (Dot net)

dot net adalah kependekan dari network atau nerworking. Domain ini sangat direkomendasikan untuk website terkait dengan dunia IT. Selain itu, juga digunakan oleh para konten writer dan blogger dan juga perusahaan dengan jaringan networking yang besar. Tak sedikit pula perusahaan internet dan layanan internet juga menggunakan domain ini.

3 .Id (Dot id)

dot id termasuk domain khusus untuk rakyat di Indonesia. Terdapat syarat-syarat untuk menggunakan domain ini diantaranya mempunyai KTP/ Paspor, NPWP Perusahaan/ Akta Pendirian Perusahaan/ Surat izin homogen, Sertifikat, nama domain disesuaikan nama perusahaan.

4 . Informasi (Dot informasi)

dot berita adalah singkatan dari imu. Domain ini digunakan oleh website atau blog pribadi yang menambahkan informasi-informasi eksklusif. Beberapa web yang menyajikan informatif juga menggunakan domain ini. Jadi, para pembaca akan lebih memahami bahwa web itu memang memuat konten informasi edukasi dan lebih mudah menemukannya.

5 .Org (Dot org)

dot org adalah singkatan dari organization, yang biasa digunakan oleh bermacam organisasi di rakyat. Ini termasuk domain yang paling populer dengan platform penamaan internet sampai melonjak tinggi. Banyak sekali pengguna domain ini mulai dari tahun 2012 sampai saat ini.

Nah, itulah berbagai jenis domain dan hosting yang bisa Anda pilih disesuaikan keperluan web. Pahami juga bagaimana cara kerja domain dan hosting, supaya Anda tidak akan kesulitan membedakan antara keduanya. Bila Anda membutuhkan product hosting dan domain yang berkualitas, pastikan untuk memesannya di penjual yang sedia kan product terbaik, ya. Dengan begitu, situs Anda bisa dioperasikan dengan baik nantinya. Semoga artikel kami bisa bermanfaat untuk Anda!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!