fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Cara Jualan Online Laris di Whatsapp, Wajib Coba

Wiliam

Jualan online memang mungkin awalnya hanya lewat website atau toko online saja. Tapi sekarang pun sudah semakin berkembang melalui media sosial maupun aplikasi berkirim pesan atau messenger, seperti WhatsApp. Aplikasi ini pun mempunyai banyak fitur untuk membantu bizzie nantinya untuk bisa jualan online dengan lebih mudah.

Untuk memulainya, maka bizzie perlu tahu dulu seperti apa cara jualan online laris di WhatsApp. Dalam hal ini bizzie perlu mempelajari segala trik yang tepat untuk bisa berjualan di aplikasi ini. Jangan lupa memanfaatkan sejumlah fitur dan kelebihan dari WhatsApp supaya orang bisa tertarik untuk membeli produkmu.

Menilik Beberapa Cara Jualan Online Laris di WhatsApp

Tahukah keuntungan utama dari jualan online di WhatsApp yaitu akan memudahkan transaksi jual beli bisnis Bizzie. Di mana Bizzie nantinya bisa menawarkan produk ke pelanggan melalui WhatsApp tanpa harus lagi perlu menyimpan nomor mereka.

Lalu seperti apa cara jualan online laris di WhatsApp yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penghasilannya?

1. Membuat rencana dan target bisnis

Menjalankan bisnis online pastilah harus mempunyai cara yang sempurna. Bizzie harus tahu seperti apa rencana yang mau dijalankan dalam waktu dekat ini. selain itu tentukan juga target bisnis jangka panjang yang akan dicapai. Dengan begitu, maka perjalanan bisnis bizzie akan lebih terarah.

2. Menggunakan nomor WhatsApp khusus

Cara jualan online laris di WhatsApp lainnya yaitu dengan memakai nomor berbeda dengan nomor pribadi tentunya sangat disarankan. Dalam hal ini bizzie jadi benar-benar fokus untuk berjualan dengan menggunakan nomor tersebut. Sebab, bizzie akan bisa mengatur profil dari nomor tersebut, baik itu mulai dari foto, status, serta pesan otomatis untuk membalas pelanggan.

3. Mengumpulkan kontak yang banyak

Untuk salah satu cara promosi, maka cara jualan online laris di WhatsApp berikutnya yaitu bizzie juga perlu mengumpulkan nomor kontak WhatsApp dari orang-orang. Akan tetapi, bukan berarti bizzie juga memasukkan nomor orang tidak dikenal.

Yang ada malah nomor bizzie nantinya akan diblokir. Jadi, disarankan untuk mulai dengan keluarga dan teman terdekat dulu sebelum mencoba ke pelanggan bizzie nantinya.

4. Melakukan manajemen kontak

Selain itu cara jualan online laris di WhatsApp juga perlu mengaturnya dengan baik. Dengan cara buat kategori kontak yang potensial untuk bisnis bizzie. Atur juga untuk mereka yang rajin bertransaksi di toko bizzie. Maka dengan begini, bizzie akan bisa melakukan tindak lanjut pemasaran dengan mereka yang ada kemungkinan membeli. Buat yang tidak, maka bizzie pun bisa melakukan strategi lain. 

5. Buat katalog yang rapi

Ingin jualan bizzie dilirik? Maka cara jualan online laris di WhatsApp coba rapikan katalog toko online bizzie. Juga gunakan foto yang bagus, jelas, dan proporsional. Kemudian sesuaikan ukuran foto dengan ketentuan dari WhatsApp.

Jangan sampai foto katalog bizzie itu terpotong atau tidak jelas. Selain itu, silahkan hapus atau hilangkan produk yang kosong dan tidak tersedia. Hal ini tentulah akan membuat pelanggan tidak kecewa saat ingin membelinya.

Bizzie pun harus menggunakan judul dan deskripsi produk yang tepat. Kemudian berikan informasi produk yang dijual dengan tepat. Juga jangan lupa, tambahkan harga dari setiap produknya. Hal ini akan bisa meminimalkan pertanyaan berulang dari calon pelanggan.

6. Manfaatkan WhatsApp Story

Fitur yang satu ini pun pastinya akan sangat berguna untuk jualan di WhatsApp. Dalam hal ii bizzie hanya perlu membuat konten story dengan foto atau video. Kemudian tambahkan tagline yang menarik supaya orang mau tahu lebih lanjut mengenai barang tersebut. Jangan lupa juga untuk membuat story pada waktu yang tepat di siang atau sore hari.

Meskipun ini untuk keperluan jualan, maka ada baiknya bizzie tidak menampilkan story jualan semua. Buatlah konten informatif untuk bisa membangun awareness, interest, dan action dari mereka yang melihatnya. Hindari juga posting konten yang terlalu banyak karena ini hanya akan mengganggu pengguna lain.

7. Menggunakan broadcast message

Strategi ini bisa dibilang masih cukup ampuh untuk menarik banyak pelanggan. WhatsApp ini pun menyediakan fitur pengiriman ke banyak nomor sekaligus dalam satu klik. Akan tetapi, buatlah sebuah pesan yang menarik supaya nanti orang mau membacanya. Bizzie pun juga bisa menggunakan bahasa yang personal layaknya seseorang yang mengirimkan pesan.

8. Balas pesan dengan cepat

Salah satu cara jualan laris di WhatsApp lainnya yang juga bisa bizzie coba yaitu membalas pesan pelanggan dengan cepat. Gunakanlah menu balasan otomatis yang bisa diatur. Meskipun sudah dibalas oleh sistem, namun bizzie juga harus segera melayani pelanggan tersebut dengan baik.

9. Jalin hubungan baik dengan pelanggan

Mau jualan di mana pun, yang namanya menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan perlu bizzie lakukan. Jika nanti transaksi selesai, cobalah tanya pendapat pelanggan tersebut mengenai pelayanan dan produk yang dibeli. Minta juga masukan dari mereka untuk kemajuan bisnis bizzie nantinya.

Memang tidak ada salahnya juga tetap menjalin komunikasi dengan pelanggan. Mungkin saja hal tersebut justru akan jadi keuntungan yang bagus buat bizzie. Bukan tidak mungkin bizzie dapat promosi gratis dari pelanggan tersebut.

Bagaimana? Sudah tau cara jualan online laris di WhatsApp yang tepat seperti apa bukan? jika ingin mendapatkan untung yang lumayan, maka bizzie bisa langsung menggunakan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba.

Baca Juga