fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Jualan ke Luar Negeri Dijamin Aman dan Untung

Dhian rama

Dewabiz Cara jualan ke luar negeri saat ini sedang ramai dibicarakan. Hal itu karena prospek dan keuntungannya dinilai jauh lebih besar dan baik dapida berdaganga di negeri sendiri. Seperti yang kita tahu, berdagang adalah kegiatan yang bisa dilakukan seluas-luasnya.

Dan yang dimaksud dengan kata luas adalah ruang lingkup pasar. Semakin luas pasar produk yang akan dijual, maka akan semakin besar pula keuntungannya. Jadi, bisa disimpulkan, kamu tidak hanya bisa jualan di Indonesia, tetapi penjualan juga bisa dilakukan di luar negeri.

Cara Jualan ke Luar Negeri Dijamin Aman dan Untung

Mungkin kamu bertanya-tanya seperti apa cara jualan ke luar negeri yang diliai efektif dan aman? Dan biasanya setiap trik atau strategi yang diterapkan dapat dimulai dengan cara yang paling sederhana hingga yang paling rumit.

Selanjutnya untuk menerapkan berbagai strategi yang ada dapat dilakukan secara perlahan dan berkala. Berikut adalah lima strategi atau cara menjual barang ke luar negeri beserta penjelasannya:

1. Menggunakan Pasar Internasional

Cara pertama yang dapat di gunakan adalah dengan memanfaatkan pasar internasional. Ada banyak jenis pasar yang bisa di gunakan. Contohnya adalah:

  • Amazon
  • OLX
  • Ali Baba
  • ebay
  • Aliexpress
  • Shopify

Semua pasar ini telah mencapai jaringan global dan dapat di akses secara aktif oleh orang asing. Dengan menjual produk di pasar seperti itu, keuntungan dapat di tingkatkan. Memang, semua pasar ini sudah di gunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Maka sudah selayaknya Kamu melangkah ke jajaran pasar dan mulai memasarkan produk yang Kamu jual.

2. Gunakan Iklan Google

Saat ini, Google adalah media yang di gunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Salah satu fitur keren Google adalah Google Ads. Dengan fitur ini, proses periklanan bisa menjangkau banyak tempat. Faktanya, orang-orang dari berbagai negara dapat menjangkau produk dengan memasang Google Ads.

Oleh karena itu, bukan tidak mungkin menggunakan Google Ads sebagai sarana beriklan di luar negeri. Dan dengan menggunakan fitur ini, maka kamu akan membuat produk yang kamu jual juga dapat di temukan oleh orang asing. Akan lebih baik jika materi promosinya menarik sehingga lebih banyak pembeli asing yang tertarik dengan produk tersebut. 

3. Gunakan Situs Web Multibahasa

Cara ketiga untuk menjual ke luar negeri adalah dengan menggunakan situs web multibahasa. Dengan menggunakan situs seperti ini, barang akan di temukan oleh orang asing. Memang banyak orang asing yang akan menggunakan website atau mengunjungi website tersebut.

Namun, mendapatkan atau menggunakan situs web multibahasa ini tidaklah mudah. Pengguna harus mencari layanan pembuat situs web mereka dengan biaya tertentu. Atau bagi yang paham dengan pembuatan website, Kamu bisa menggunakan plugin untuk menambahkan bahasa. Namun, cara ini akan menjadi salah satu cara yang berhasil meningkatkan penjualan di luar negeri.

4. Berpartisipasi dalam Pameran Dagang

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, jika kamu ingin berjualan di luar negeri, Kamu bisa memanfaatkan pameran dagang. Bersamaan dengan pameran ini, akan ada rak atau wadah untuk menjual produk.

Meski langkahnya cukup rumit dan membutuhkan banyak tenaga, namun cara ini cukup efektif. Dengan pameran dagang, pembeli juga dapat membentuk banyak hubungan. Semakin banyak relasi maka semakin luas jangkauan produk yang di jual di pasar.

Langkah ini bagus jika Kamu tidak cukup sabar untuk memanfaatkan metode online yang seringkali memakan waktu lama.

5. Kerjasama dengan Perusahaan Asing

Mencoba bekerja sama dengan perusahaan asing juga menjadi salah satu cara yang bisa di terapkan. Dengan cara ini, penjual dapat memperluas pasar secara global. Saat ini perusahaan asing sangat beragam dan banyak perusahaan yang memperluas kerjasama.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai mencari relasi dengan perusahaan asing selama ini. Berikut adalah penjelasan tentang cara menjual barang ke luar negeri, termasuk lima metode berbeda.

Jika Kamu ingin berjalan lambat, Kamu bisa mulai dengan metode yang paling sederhana. Jika memungkinkan, terapkan semua cara agar keuntungan yang Kamu dapatkan lebih cepat dan lebih besar.

Rekomendasi Produk Ekspor Paling Laris di Pasaran

Produk ekspor merupakan suatu produk unggulan yang dikirim  ke luar negeri, karena keunikan atau nilai jualnya yang tinggi. Indonesia memiliki banyak barang ekspor atau kualitas terbaik, mari kita produk ekspor Indonesia paling populer.

1. Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit merupakan nilai ekspor dolar tahunan tertinggi Indonesia pada tahun 2021, minyak kelapa sawit dalam bentuk produk minyak memiliki nilai ekspor sebesar US$14,4. Selain itu Minyak kelapa sawit banyak di gunakan di luar negeri sebagai bahan baku produksi.

Minyak sawit diolah untuk menghasilkan kosmetik, makanan, produk pembersih, sumber biodiesel dan lain-lain. Negara pengekspor produk minyak sawit Indonesia antara lain India, Pakistan, Belanda dan lain-lain.  

2. Kopi

Kopi Indonesia merupakan komoditas ekspor yang paling di minati di pasar dunia. Kualitas kopi dan keragaman kopi Indonesia telah diakui oleh banyak negara. Robusta merupakan salah satu varian kopi Indonesia yang paling populer di Indonesia. Kopi Kintamani, Luwak dan Toraja juga banyak di minati di pasar internasional. Negara pengekspor kopi dari Indonesia adalah Jepang, Inggris, Thailand, Hong Kong dan lain-lain.

3. Rempah-rempah

Indonesia adalah penghasil rempah-rempah terbaik dunia, hal ini sudah di buktikan ratusan tahun yang lalu. Hingga kini, rempah-rempah menjadi produk utama Indonesia di pasar internasional.

Rempah-rempah yang paling banyak diekspor adalah lada, cengkeh, pala dan kayu manis. Lada menguasai total ekspor Indonesia hingga 18,7% menurut data Kementerian Perdagangan RI. Negara tujuan ekspor rempah Indonesia antara lain Amerika Serikat, China, Vietnam, Belanda dan lain-lain.  

4. Produk Kulit

Produk kulit Indonesia seperti tas, dompet, aksesoris mempunyai kualitas yang baik dan menjadi komoditi ekspor populer saat ini. Selain itu Produk kulit di Indonesia banyak di produksi di daerah Jawa Timur, seperti daerah Sidoarjo dan Tanggulangin. Produk kulit ini di ekspor ke negara Malaysia, Australia, hingga China.

5. Karet

Indonesia termasuk negara produsen karet alam terbesar di dunia. Daerah penghasil karet terbesar di Indonesia yaitu Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Riau. Karet di manfaat untuk berbagai produk industri. Negara tujuan ekspor karet cukup luas, di antaranya adalah Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Mesir, Arab Saudi dan lain-lain

6. Kakao

Selain minyak nabati seperti minyak kelapa sawit, ekspor indonesia paling besar nilainya yaitu kakao. Indonesia punya perkebunan kakao yang luas dan produk kakao yang di hasilkan kualitasnya mampu bersaing di pasar internasional bahkan kakao dari Indonesia menjadi salah satu yang paling di cari oleh negara asing. Kakao di ekspor ke China, Jepang, Jerman, Rusia, Swis, Belgia dan Inggris.

7. Udang

Selain hasil perkebunan, hasil laut Indonesia pun punya nilai ekspor yang tinggi. Tahun 2021, udang menjadi produk ekspor indonesia terpopuler. Nilai ekspor udang Indonesia tahun 2021 mencapai 41,56% dari total ekspor atau setara dengan Rp 10,3 triliun. Udang asal Indonesia di minati di berbagai negara seperti Thailand, Vietnam, Australia, Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

Dan itulah cara beserta rekomendasi produk untuk di jual di luar negeri? Tertraik untuk menjadi tukan ekspor?

Baca Juga