fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Gampang Membuat Google Sitelink

Yodik Prastya

Siapa yang tidak menginginkan tampilan website memiliki sitelink? Sitelink sendiri merupakan sub-pages yang muncul di bawah website pertama yang muncul di hasil pencarian. Cara membuat Google sitelink sebenarnya bisa diupayakan. Bagaimana caranya?

Sebelumnya, kamu harus mengetahui bahwa keberadaan sitelink akan membantu website yang kamu miliki mendapatkan Click Through Rate (CTR) lebih tinggi. Selain itu, juga bisa meningkatkan kepercayaan atau kredibilitas pengunjung web serta brand awareness.

Langkah-Langkah Membuat Google Sitelink

Meskipun pemberian sitelink pada akhirnya Kembali pada ketentuan Google namun kamu bisa mengupayakan dengan beberapa hal. Cara membuat google sitelink bisa dibantu dengan beberapa Langkah mudah. Simak cara membuat google sitelink berikut.

Buat nama web yang unik

Cara membuat google sitelink yang pertama yakni memberikan nama yang bagus. Namun, tidak cukup hanya bagus, kamu juga harus bisa membuat nama brand website yang unik. Jika web memiliki nama yang unik, hal ini akan memudahkan Google untuk mengenali websitemu.

Beri nama yang sesuai dengan tema brand website yang sedang kamu bangun. Meskipun dituntut untuk memberi nama yang unik, namun jangan sampai kamu menamai dengan nama yang terlampau aneh.

Optimalisasi SEO

Langkah selanjutnya yakni optimalisasi SEO. Dengan cara ini maka akan membuat website yang kamu bangun lebih mudah dikenali. Selanjutnya, Google akan menempatkan website milikmu berada di halaman pertama pencarian.

Kamu bisa melakukan optimalisasi SEO dengan dua acara, yakni Teknik SEO on page dan SEO off page. Tujuan Teknik SEO on site yakni memberikan manfaat dan memudahkan pengunjung saat mengakses web serta memudahkan pengunjung dalam mengeksplorasi web. Selain itu, juga memudahkan mesin pencari dalam mengenali struktur web.

Sedangkan Teknik SEO off page bertujuan menaikkan peringkat SERP (Search Engine Result Page), page rage halaman web, serta menaikkan reputasi web.

Buat internal link

Internal link juga memudahkan Google untuk mengetahui halaman terpopuler dari suatu web. Internal link sendiri merupakan halaman yang mengarah ke halaman lain dalam satu web.

Tingkatkan brand awareness

Hal ini sangat penting agar website yang kamu buat dapat menjangkau pembaca yang jauh lebih banyak. Cara meningkatkan brand awareness bisa dengan banyak cara. Kamu bisa membuat konten dengan kualitas SEO yang bagus, membagikan konten di berbagai medsos, dan menargetkan kata kunci yang tepat.

Semakin terkenal websitemu, maka kamu juga akan semakin mudah mendapatkan sitelink dari Google.

Struktur dan navigasi website yang jelas

Jika web memiliki struktur dan naviagasi yang jelas, maka Google akan lebih mudah dalam crawling dan indexing web untuk dijadikan sitelink. Selain itu, pastikan website kamu memiliki menu navigasi utama yang lengkap. Misalnya, homepage, product, service, blog, about us, atau contact us.

Buat sitemaps XML dan HTML

Sitemaps XML adalah daftar halaman web yang ditujukan untuk mesin pencari agar mudah ditemukan. Sitemaps HTML adalah daftar halaman web yang ditujukan untuk pengunjung web. Cara membuat sitemaps cukup mudah.

Masuk ke beranda Google Search Console, pilih menu Sitemaps, tambahkan file ‘sitemaps.xml’ dan klik submit. Selanjutnya lihat apakah muncul status ‘success’ pada daftar sitemaps. Jika belum tunggu sampai proses berhasil.

Akhir Kata

Itulah Langkah-langkah cara membuat google sitelink pada website. Namun perlu dipahami lagi bahwa sitelink tidak bisa mutlak didapatkan secara langsung karena hal itu berkaitan dengan algoritma Google. Meskipun begitu, kamu bisa berusaha agar mendapatkan sitelink lebih cepat dengan cara-cara di atas.

Baca Juga