fbpx

Cara Form Data Input ke PHP

Dalam tutorial ini anda akan mencoba membuat form input untuk database, lengkap dengan script untuk koneksi ke database. Untuk informasi lebih lanjut, lihat tutorial di bawah ini.Pertama kita buat 3 file yang namanya gratis asalkan berekstensi *.PHP.

Mengapa Anda membutuhkan 3 file? Dalam tutorial ini, membuat file dengan:

  1. satus.php, file ini berisi kode yang digunakan untuk menampilkan form input.
  2. dua.php, file ini berfungsi sebagai konfigurasi PHP agar data yang diproses pada file Tiga.php di bawah ini dapat disimpan di database, jadi kita akan membuat database pada langkah 2 di bawah ini.
  3. three.php, file ini mengolah data yang dimasukkan melalui form input pada file satur.php.
    Langkah 1. (Formulir masukan)
    a.php
  4. Buka file satur.php, ketik tag HTML standar seperti , , dll. Kemudian buat form pada tag untuk memasukkan data. Berikut skripnya:
    Methods, pada bagian “Methods” di atas yang di bold bisa ketik “post” atau “get”, perbedaan antara POST dan GET .Jika melihat form diatas, ada 3 nilai yaitu name=”name”; name=”address” dan name=”telp”, data inputan dari ketiga nilai ini nantinya akan diproses di file dua.php jika menggunakan GET, setelah mengirimkan nilai, nilai yang Anda input akan muncul di Anda url.
    ://localhost/satu.php?name=otong&alamat=bekasi&telp=082373843
    Sedangkan jika Anda menggunakan POST dalam metode tersebut, nilai dari nilai yang Anda masukkan tidak akan ditampilkan.
    http://localhost/satu.php
    Meskipun GET sedikit kurang otomatis daripada POST dalam hal keamanan, itu tidak berarti GET lebih buruk, ada beberapa fitur GET yang lebih baik daripada POST. Soal manfaat, Anda bisa mencoba berselancar di Om sendiri.
    Action pada form di atas bisa disebut navigator, ketika tombol submit diklik, tombol ini menanyakan action dimana kamu ingin mengolah data yang kamu masukkan, maka actionnya adalah: ‘Only in dua.php.. .’ , jadi untuk actionnya kita isi nama file dua.php agar data input di file bisa diproses.
    Type, type atau input type lebih sederhana yaitu type kolom, jika kolom tersebut untuk input nama berarti tipe inputannya adalah “text”, jika untuk email berarti tipe inputnya adalah “email”, jika untuk nomor input berarti tipenya adalah ‘angka’ dan seterusnya, atributnya sendiri bervariasi.Nama bertindak sebagai nama bidang input itu sendiri, nama diperlukan karena bertindak sebagai ‘inisial’ dalam file proses PHP (three.php). Sekarang setelah selesai, buka saja browser Anda dan kemudian akses ‘http://localhost/form_input/satu.php’.
  5. Langkah 2
  6. ( Setelah input form layout/tampilan selesai, selanjutnya kita buat koneksi PHP ke database, jadi silahkan buat database melalui phpMyAdmin terlebih dahulu dengan mengakses “http://localhost/phpmyadmin”.
    Script untuk menghubungkan ke database, sebenarnya ada banyak script yang bisa kita gunakan untuk menghubungkan PHP ke database, salah satunya adalah script di mysqli_connect();, digunakan untuk mengakses database melalui otentikasi berupa hostname, user, pass dan databasename($db) sebagai kredensial.Menampilkan pesan kesalahan jika terjadi kesalahan pada saat proses otentikasi. Setelah selesai, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.
    Langkah 3. (Proses masukan)
    tiga.php
    Setelah Anda membuat database, tabel, query, dan skrip koneksi database, Anda hanya perlu membuat skrip yang akan memproses hasil input yang Anda masukkan ke dalam formulir input sehingga data input dapat disimpan di database. Silahkan masukkan script berikut ke dalam folder three.php.
    Proses validasi data merupakan proses yang penting karena kesalahan umum atau pada program sering kali disebabkan oleh kesalahan entri data.Misalnya kolom nomor handphone harusnya diisi dengan angka tapi karena lelah diisi dengan huruf, hal seperti itu sering terjadi dan pasti akan menyebabkan kita salah menyimpan data. Formulir HTML hanya memvalidasi tipe data umum, jadi kami memerlukan validasi lebih lanjut agar program web yang anda buat dapat berjalan dengan baik.
    Hapus spasi, tab, baris baru, angka 0 di awal atau akhir input
    Seperti yang Anda ketahui, spasi di awal input dan di akhir input tidak berguna dan dapat menyebabkan kesalahan entri data. Kesalahan seperti ini biasa terjadi karena ada spasi di awal dan akhir, yang sulit dilihat orang.
    Anda dapat menghapus spasi menggunakan fungsi trim() dengan aturan penulisan berikut:
    trim($data,”pesona”);Mask karakter adalah opsional, dengan topeng karakter kita dapat menentukan mana yang akan dihapus dan jika tidak ditentukan semua fungsi pemangkasan akan dihilangkan.
    Ubah karakter khusus menjadi HTML
    Anda dapat mencegah seseorang meretas web kami dengan mengubah semua data input ke HTML.Sangat penting bagi kita untuk memastikan bahwa program web yang kita buat tidak menjadi bug, bahkan dapat dieksploitasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab hanya melalui formulir.
    Anda dapat mengonversi data input ke HTML menggunakan htmlspecialchars($data); menggunakan.Contoh perintah PHP untuk memfilter kesalahan input sederhana
    Berikut ini adalah kode untuk memfilter data dari formulir, di mana kita dapat menggunakan variabel $_SERVER[“REQUEST_METHOD”].
    Validasi data numerik dalam PHP
    Seperti HP no data, walaupun data ini disimpan dalam tipe data string, data ini harus memiliki semua karakter berupa angka atau digit.Banyak sekali tipe data yang bertipe data String tetapi hanya berupa angka, seperti NIP, No HP, NPM, NIK, dll.
    Data seperti No HP berupa angka tapi tidak perlu dihitung. Jadi jika kita menyimpannya dalam tipe data integer, akan sangat membosankan bagi program yang akan kita buat. Lebih cocok disimpan dalam tipe data String.Jadi kita perlu memastikan bahwa data yang dimasukkan hanya angka tanpa HP dengan menggunakan fungsi preg_match() dengan aturan penulisan sebagai berikut:
    preg_match(“pola”,$data);
    Fungsi ini mengikuti pola yang kita buat dengan string data yang mengembalikan nilai boolean benar atau salah. Pattern sendiri merupakan kumpulan dari metacharacter, contoh pattern untuk pencocokan data berupa angka adalah “/^[0-9]*$/”.
  7. Berikut ini adalah contoh cara menggunakan fungsi preg_math() di PHP untuk memeriksa apakah string adalah semua angka
    . Form adalah suatu bentuk halaman web yang digunakan untuk menerima input dari pengguna, kemudian input pengguna diproses menggunakan bahasa pemrograman web, baik melalui -side scripting (misalnya PHP, JSP) maupun client-side scripting (). Formulir dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mis. untuk keperluan pendaftaran, transaksi , pengumpulan informasi atau meminta umpan balik dari pengguna, menawarkan barang/jasa secara , dan sebagainya. Formulir-formulir dalam sistem informasi berbasis web sering kita jumpai. Jenis masukan halaman web harus memiliki setidaknya jenis atribut standar, nama dan nilai. Selain atribut tipe, setiap elemen input memiliki atribut lain, dan beberapa atribut ini berlaku untuk beberapa tipe elemen input. Hanya menggunakan formulir HTML tidak akan terlalu berguna. Formulir biasanya hanya berupa antarmuka yang disediakan untuk mengumpulkan data dari pengguna dan diproses menggunakan bahasa pemrograman web seperti JavaScript atau PHP dan disimpan dalam tabel MySQL. Untuk pembahasan lebih lanjut akan saya jelaskan dalam tutorial PHP dan Java Script.
Baca Juga :  Perlu Diketahui, Inilah Manfaat SEO Bagi Bisnis Anda