fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Disable User Registration di WordPress

Yodik Prastya

Ada beberapa alasan yang sangat penting untuk mempertimbangkan untuk menonaktifkan registrasi pengguna di WordPress. Salah satu alasan utamanya adalah untuk meningkatkan keamanan. Ketahui bagaimana cara disable user registration di WordPress di artikel ini.

Dengan membatasi kemampuan pengguna untuk mendaftar, Anda dapat mengurangi risiko serangan dan penetrasi yang disebabkan oleh pengguna yang tidak sah.

Selain keamanan, menonaktifkan registrasi pengguna juga dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Dengan mengurangi jumlah akun pengguna yang dibuat, Anda dapat mencegah spam dan konten yang tidak relevan yang mungkin dihasilkan oleh pengguna yang tidak diinginkan. Hal ini juga mengurangi beban administratif dalam memeriksa, mengelola, dan memantau akun pengguna yang mendaftar.

Ketahui Cara Disable User Registration di WordPress

Untuk menonaktifkan registrasi pengguna di WordPress, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Login ke Dashboard WordPress

Silakan login ke halaman wp-admin WordPress website Anda. Anda dapat menggunakan URL/link seperti domainAnda.com/wp-login.php atau domainAnda.com/wp-admin.php (misalnya: portoportoku.my.id/wp-login.php).

Setelah itu, masukkan username dan password dari administrator website yang Anda miliki.

2. Klik Menu Setting

Setelah berhasil login ke dashboard, lanjutkan dengan mengarahkan kursor ke menu “Setting” pada bilah menu sebelah kiri. Pastikan Anda berada di submenu “General” pada menu pengaturan, yang secara otomatis akan terpilih saat Anda mengklik menu pengaturan.

3. Disable Fitur Register di WordPress

Langkah berikutnya adalah menonaktifkan fitur registrasi di WordPress. Caranya adalah dengan menghapus tanda centang pada opsi “Anyone can Register”. Setelah itu, klik tombol “Save” untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda lakukan. Dengan demikian, fitur registrasi di WordPress akan dinonaktifkan pada situs Anda.

4. Cek dengan Uji Coba

Sekarang, setelah melakukan semua pengaturan, saatnya untuk menguji coba. Cobalah membuka browser baru atau buka jendela penyamaran baru (incognito window) jika menggunakan browser.

Kemudian, masukkan URL http://domainAnda/wp-login.php?action=register dan perhatikan hasilnya. Anda seharusnya akan diredirect ke halaman 404 atau halaman utama situs Anda, yang menandakan bahwa URL tersebut tidak dapat diakses atau terbuka.

Manfaat Disable User Registration di WordPress

Memanfaatkan fitur disable user registration di WordPress memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

1. Keamanan yang Ditingkatkan

Dengan menonaktifkan registrasi pengguna, Anda dapat mengurangi risiko keamanan situs web Anda. Dalam situasi default, ketika user registration diaktifkan, siapa pun dapat mendaftar sebagai pengguna di situs Anda.

Ini dapat menyebabkan masalah keamanan, seperti akses yang tidak sah, serangan brute force pada akun pengguna, atau pengguna yang tidak diinginkan mencoba mengakses situs Anda. Dengan menonaktifkan user registration, Anda mengurangi kemungkinan masalah keamanan ini.

2. Kontrol Penuh Terhadap Pengguna

Anda pun memiliki kendali penuh terhadap siapa yang memiliki akses ke situs web Anda. Anda dapat secara selektif mengundang pengguna yang diinginkan dan memberikan hak akses yang sesuai.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menjaga integritas situs Anda dan meminimalkan risiko penyalahgunaan atau tindakan yang tidak diinginkan dari pengguna yang tidak berwenang.

3. Mengurangi Spam dan Konten Tidak Relevan

Dalam beberapa kasus, ketika user registration diaktifkan, situs WordPress rentan terhadap serangan spam atau pengguna yang membuat konten yang tidak relevan atau berbahaya.

Dengan menonaktifkannya, Anda dapat membatasi jumlah akun pengguna yang dibuat dan menghindari spam serta konten yang tidak relevan. Ini membantu menjaga kualitas dan reputasi situs web Anda.

Penutup

Dengan beberapa cara disable user registration di WordPress, sekarang Anda pun bisa lebih tenang karena WordPress maka bisa jauh lebih aman, punya kontrol penuh terhadap pengguna dan juga bisa mengurangi spam.

Baca Juga