fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Desain Banner Untuk Bisnis Agar Terlihat Menarik

Wiliam

Media promosi termasuk komponen terpenting dalam pemasaran bisnis. Karena bermanfaat sebagai sarana efektif dalam menawarkan produk kepada konsumen sehingga berpotensi mendatangkan keuntungan. Oleh karena itu, salah satu media yang bisa digunakan adalah Banner. Pasalnya, mudah terlihat publik, praktis dan sangat awet. Lantas, bagaimana cara membuat banner yang menarik untuk bisnis?

Banner memang menjadi media yang paling banyak digunakan oleh para pengusaha. Selain karena dapat mempermudah pemasaran, biaya produksinya juga sangat terjangkau. Terlebih, menawarkan berbagai macam ukuran dan tentunya dilengkapi dengan desain yang unik dan menarik. Akan tetapi, masih banyak pengusaha yang belum mengetahui cara membuat banner. Untuk itu, simak informasinya berikut ini.

Cara Membuat Banner yang Menarik

Seperti yang sudah diketahui, Banner merupakan media iklan yang berbentuk persegi panjang dan umumnya dicetak menggunakan print digital. Hanya saja, untuk mendesain media yang satu ini mesti membutuhkan kreativitas dalam mendesain tampilannya. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Sebab, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips untuk membuat banner.

1. Menentukan Tema Banner

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat banner yang menarik adalah menentukan tema banner. Sebab, berfungsi untuk memberikan gambaran agar publik dapat menangkap pesan dan makna dari banner tersebut. Untuk itu, Anda mesti menciptakan tema banner yang tepat agar konsumen bisa melihat media iklan yang dibuat.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menyesuaikan tema dengan tujuan agar pesan dari banner tersebut dapat tersampaikan secara efektif. Contohnya, jika Anda ingin menawarkan travel,  tema yang bisa digunakan adalah gambar-gambar yang berhubungan dengan pemandangan seperti kapal pesiar yang memberikan kesan liburan.

2. Memilih Jenis dan Ukuran Banner yang Digunakan

Setelah menentukan tema banner, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih jenis dan ukuran banner yang akan digunakan. Seperti yang sudah diketahui banner memiliki berbagai macam ukuran yang bisa digunakan. Namun, untuk menentukan ukurannya Anda harus menyesuaikannya dengan budget yang disediakan. Selain itu, memperhatikan fungsi dari banner tersebut.

Meski demikian, ukuran yang paling umum digunakan adalah banner yang memiliki ukuran horizontal. Karena, dilengkapi dengan alas di sisi bawa untuk memperkuat banner. Jenis banner ini pun memiliki berbagai ukuran mulai dari kecil, sedang hingga besar. Jika konten yang digunakan cukup banyak, maka ukuran banner juga semakin besar.

3. Meletakkan Logo di Bagian Paling Atas

Jika ukuran banner sudah ditentukan, maka tahap mendesain banner berikutnya adalah meletakkan logo di bagian paling atas. Karena, logo merupakan identitas dari sebuah brand bisnis atau identitas dari kegiatan yang akan disampaikan dalam banner. Maka dari itu, letak logo harus paling menonjol sehingga berada di posisi paling atas merupakan pilihan yang tepat.

Terlebih, logo berperan untuk menarik perhatian konsumen sehingga Anda harus menciptakan logo yang menarik. Apabila logo terlihat menarik, maka konsumen tentu akan penasaran sehingga tertarik untuk membeli produk Anda.

4. Gunakan Tulisan Seperlunya

Cara membuat banner yang menarik untuk bisnis selanjutnya adalah menggunakan tulisan seperlunya. Sebab, banner yang menarik adalah tidak dipenuhi banyak tulisan, memiliki logo dan tema. Maka dari itu, buatlah tulisan dalam banner yang tidak terlalu banyak, agar pembaca dapat mencerna isi dari banner tersebut walaupun dalam waktu yang relatif singkat.

Oleh karena itu, gunakanlah kata yang singkat namun tujuannya tetap tersampaikan. Tetapi, jika banner yang Anda buat dipenuhi dengan tulisan yang sangat padat maka akan membuat pembaca malas untuk membacanya dengan detail.

5. Pilihlah Gambar dengan Kualitas Tinggi

Untuk mendesain banner yang menarik tidak cukup jika hanya menggunakan tulisan yang singkat. Tetapi juga membutuhkan gambar dengan kualitas tinggi. Sebab, gambar yang menarik dengan kualitas yang tinggi tentu akan membuat konsumen lebih mudah menangkap isi banner tersebut. Mengingat, otak dapat lebih mudah mencerna informasi dalam bentuk gambar.

Terlebih, gambar termasuk sarana komunikasi visual yang kuat sebab bisa menggambarkan berbagai kata. Oleh karena itu, gambar yang akan Anda gunakan untuk membuat banner harus berkualitas tinggi. Selain itu, gambar juga mesti disertai dengan warna yang mencolok agar dapat menarik perhatian para pembaca.

6. Gunakan Bahan yang Berkualitas

Seperti yang sudah diketahui banner termasuk media iklan yang dapat bertahan lama. Maka dari itu, bahan yang akan Anda gunakan untuk membuat banner harus berkualitas agar dapat bertahan lama. Jika Anda ingin membuat banner outdoor maka jenis bahan yang mesti digunakan seperti spanduk agar tulisannya tidak mudah luntur dan tidak mudah sobek.

Untuk itu, Anda harus teliti memilih jenis bahan banner yang akan digunakan. Mengingat, saat ini ada berbagai macam jenis banner yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari Flexi China, Albatros hingga Easy Banner. Oleh karena itu, pastikan memilih bahan yang berkualitas agar banner dapat berfungsi secara optimal  dan memberikan hasil yang memuaskan.

7. Pilihlah Jasa Percetakan Banner yang Tepat

Cara terakhir yang bisa dilakukan apabila ingin membuat banner yang menarik adalah memilih jasa percetakan banner yang tepat.  Hal ini bertujuan agar banner yang dibuat dapat memiliki kualitas yang terbaik. Hanya saja, biaya yang dibutuhkan cukup banyak.

Selain itu, bagian terpenting yang harus disertakan dalam banner adalah detail kontak. Karena berfungsi sebagai wujud komunikasi lanjutan bagi konsumen.

Itulah tadi ulasan mengenai cara membuat desain banner yang menarik untuk bisnis. Pastikan banner yang Anda buat memiliki tampilan yang menarik agar dapat menarik para konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Baca Juga