fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Panduan Cara Daftar Jualan Online, Mudah, Praktis, dan Gak Ribet

Dhian rama

Bisnis online atau jualan barang secara online semakin populer di kalangan pebisnis. Setiap hari, jika Kamu perhatikan, selalu ada vendor baru yang menjual produk berbeda. Tren penjualan online adalah rahasia yang disukai banyak orang, jual beli online membawa banyak kemudahan dan keuntungan bagi penjual dan pembeli. Jadi, tidak heran banyak perusahaan penasaran dan ingin tahu, bagaimana cara daftar jualan online?.

E-commerce mudah diakses oleh semua orang, sehingga tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk berbelanja online, apalagi di masa pandemi, banyak toko brick-and-mortar yang tutup, akhirnya juga beralih ke model bisnis online. Model bisnis online menawarkan sejumlah keuntungan bagi penjual, seperti penghematan biaya secara keseluruhan karena tidak perlu menyewa toko, serta keuntungan waktu. Begitu pula dengan pembeli yang juga menikmati berbagai keuntungan, selain tidak perlu khawatir jauh dari rumah, belanja online juga membawa banyak keuntungan menarik seperti diskon dan promosi.

Bagi yang ingin membuka toko online, berikut beberapa cara daftar jualan online yang bisa Kamu  gunakan sebagai panduan membuka toko online. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:.

Panduan Cara Daftar Jualan Online, mudah, praktis, dan gak ribet

Platform Pembuatan Toko Online

Ada beberapa platform penting sebelum berjualan online. Berikut beberapa platform yang biasa digunakan untuk berjualan online dan cara mendaftarkannya:

1.      Jejaring sosial

Jejaring sosial merupakan tempat pertama cara daftar jualan online yang biasa digunakan orang untuk memulai bisnis online, dengan pesatnya pertumbuhan internet, tidak salah jika Kamu  gunakan media sosial sebagai fondasi bisnis Kamu . Kamu  dapat menggunakan beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok.

Cara Membuat Toko Online di Media Sosial

Belanja sosial kini semakin nyaman berkat kemudahan yang diberikan oleh beberapa jejaring sosial. Cara daftar jualan online di jejaring sosial sebenarnya tidak sulit kok!.  Kamu hanya perlu membuat akun dan memposting semua produk yang ingin Kamu jual serta memberikan informasi cara transaksi yang memungkinkan bagi pembeli. Mudah bukan?

2.      Marketplace

Marketplace merupakan salah satu cara daftar jualan online berikutnya yang termasuk fasilitas pertama untuk perdagangan online. Di marketplace, ada ratusan bahkan ribuan toko online yang menjual berbagai produk. Beberapa marketplace, bahkan dikunjungi jutaan orang setiap harinya. Untuk cara daftar jualan online di marketplace juga cukup mudah, Kamu  hanya perlu membuat akun dan mengunggah produk beserta deskripsinya.

Cara daftar jualan online di Marketplace

Cara daftar jualan online di Marketplace sebenarnya sangat mudah, hanya menyiapkan beberapa dokumen, serta menyiapkan foto dan deskripsi produk yang akan dibeli pembeli, lebih mudah diakses. Berikut langkah langkah cara daftar jualan online di Marketplace.

  • Nomor rekening penjual yang valid
  • Jika penjual perorangan, siapkan KTP dan NPWP
  • Jika Kamu  penjual perusahaan, siapkan KTP direktur, NPWP perusahaan, Surat Keterangan Sukses Pembuatan dan SK Menteri Kehakiman, akta perubahan, SIUP , TDP dan alamat surat
  • Jika penjual belum memiliki NPWP, pada saat mendaftar toko online kolom NPWP diisi terlebih dahulu nomor dan foto KTP

3.      Website Toko Online

Platform selanjutnya yang bisa Kamu  gunakan adalah website toko online, ini benar-benar kendali Kamu , Kamu  bisa menentukan tampilan dan nuansa yang diinginkan dari website toko Kamu  toko online yang akan Kamu  buat. Website toko online juga akan memudahkan pengguna internet untuk menemukan toko Kamu  di internet. Kamu  juga bisa menghubungkan website toko online Kamu  ke sejumlah platform lain, seperti jejaring sosial dan marketplace. Sehingga akan lebih nyaman jika menggunakan website toko online.

Cara daftar jualan online melalui website

Selanjutnya cara membuat halaman toko online yaitu membuat website sendiri untuk toko Kamu . Memiliki website sendiri membuat toko Kamu  terlihat profesional dan terpercaya serta banyak keuntungan lain yang akan Kamu dapatkan. Cara daftar jualan online melalui website yang paling cocok adalah dengan menggunakan website builder, biasanya mereka juga menyediakan beberapa template untuk Kamu  pilih.

Masih banyak platform lain yang bisa Kamu  gunakan untuk berjualan online, namun pada umumnya masyarakat lebih memilih ketiga cara daftar jualan online  di atas, bukan tanpa alasan, banyak keuntungan dan kemudahan yang akan di dapatkan Penjual dan pembeli dengan menggunakan ketiga platform tersebut. Menggunakan ketiga platform ini juga akan memungkinkan toko Kamu  menjangkau pasar yang lebih luas.

Keuntungan Jualan Online

Apa Keuntungan Jualan Online? Di era digital ini, semakin banyak orang yang menggunakannya. Berikut 5 manfaat e-commerce yang perlu Kamu  ketahui!

Di era digital sekarang ini, peluang usaha atau bisnis semakin terbuka, bahkan ide bisnis kekinian terus berkembang biak. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan bisnis online yang bisa di lakukan dari mana saja.

Banyak bisnis atau pelaku bisnis yang sebelumnya berbisnis offline kini melakukan pemasaran online. Ada banyak hal yang akan memudar seiring berjalannya waktu jika Kamu  tidak mengikuti perkembangan digital.

Nah tentunya para pemula juga bisa memulai bisnis online karena banyak sekali keuntungan yang di dapat darinya. Pertama mari kita lihat 5 keuntungan bisnis online yang bisa di kelola mulai sekarang!

1.      Modal relatif kecil/terjangkau

Bisnis online rumahan skala kecil tentu tidak membutuhkan modal besar, biaya lebih masuk akal daripada bisa langsung memulai bisnis. Kamu  juga dapat memulai tanpa menimbun barang dagangan apa pun dengan menjadi pengecer atau pengecer.

Jika kita bandingkan dengan bisnis offline, tentunya di butuhkan modal yang lebih banyak, antara lain biaya sewa toko, penyimpanan barang, upah pedagang, pembayaran biaya listrik PLN, dll. Padahal, dengan bisnis online, Kamu  hanya perlu menggunakan utilitas yang tentunya jauh lebih mudah dan modalnya juga relatif kecil.

2.      Mudah dilakukan

Ini sebutan untuk pemula, pasti ingin di mudahkan, begitu juga dengan menjalankan bisnis online ini. Kamu  tidak harus terlalu pKamu i bisnis dan ekonomi untuk memulai bisnis online. Pelatihan apa pun bisa menangani bisnis online ini, jadi Kamu  tidak perlu khawatir untuk memulai.

Bisnis online ini juga bisa di mulai dari mana saja kapan saja, pastikan Kamu  berniat memulai bisnis ini dan memiliki koneksi internet yang stabil, karena ini adalah bisnis online.

3.      Menjangkau lebih banyak konsumen

Dengan berjualan online, Kamu akan menjangkau pelanggan yang lebih luas di manapun Kamu  berada, baik di dalam maupun luar negeri. Jika Kamu hanya berbisnis online, biasanya terbatas pada orang-orang di sekitar Kamu saja, tidak menjangkau orang-orang di luar daerah.

Pelanggan di berbagai kota selalu dapat memanfaatkan produk yang kamu tawarkan. Batasan geografis tidak lagi ada ketika Kamu menjalankan jualan online.

4.      Pemasaran Lebih Murah dan Beragam

Pemilik bisnis online tidak kekurangan ide untuk memasarkan produk dan layanan mereka secara online. Banyak ide pemasaran juga dapat di temukan secara online.

Tentunya ketika menjalankan bisnis offline, ada tambahan biaya pemasaran, seperti pembuatan dan pencetakan brosur, pemasangan brosur, dan lainnya. Bisnis online yang di pasarkan juga bisa lebih terdiversifikasi dengan bantuan media sosial.

5.      Tidak ada batasan waktu

Jika Kamu  memiliki toko offline, Kamu  harus menyesuaikan jam buka dan tutup. Jam operasionalnya juga mungkin lebih terbatas, terutama saat berjualan di pasar dengan jam buka. Setelah Kamu  memiliki bisnis online, tidak ada batasan waktu untuk pemasaran produk.

Jika customer ingin melihat produk pada tengah malam, tetap bisa di lakukan walaupun transaksi di lakukan keesokan harinya. Semuanya terjadi secara instan, mudah, dan dapat di sesuaikan secara lebih fleksibel untuk menanggapi pesan konsumen.

Siapa yang bersemangat untuk memulai bisnis online? Sekarang setelah Kamu mengetahui cara daftar jualan online dan keuntungan menjalankan bisnis online, tentu saja saatnya untuk memanfaatkan peluang yang tersedia tanpa basa-basi lagi. Semakin awal Kamu memulai, semakin menguntungkan untuk Kamu.

Demikian, pembahasan tentang cara daftar jualan online dan informasi lainnya tentang jualan online. Bagi kamu yang baru ingin membuka toko online, beberapa cara daftar jualan online di atas tadi bisa menjadi referensi untuk kamu coba. Berjualan online akan memberikan banyak kemudahan bagi Kamu, jika Kamu baru mengenal bentuk bisnis online ini, Kamu tidak perlu khawatir untuk menyewa toko atau karyawan karena semua pekerjaan dapat di lakukan sendiri saat ini. Kemudahan itulah yang membuat model bisnis online begitu populer.

Baca Juga