fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Cara Custom Domain WordPress.com dengan Mudah

Muhammad Rizqy

Cara custom domain WordPress bertujuan untuk menghubungkan domain milik sendiri dengan situs WordPress.com. Alasannya karena jika menggunakan WordPress, website Anda hanya berbentuk subdomain.

Apalagi nama website yang tersedia cenderung panjang dan terlihat tidak profesional sehingga melakukan custom domain adalah alternatif untuk membuat website WordPress yang lebih bagus.

Dalam artikel ini akan kami jelaskan langkah-langkah yang merupakan cara mengganti domain sendiri ke WordPress secara gratis. Namun nantinya Anda perlu meng-upgrade akun WordPress menjadi premium. 

Cara Costum Domain di WordPress.com dengan Akun Premium

Dalam melakukan kustomisasi domain di WordPress, syarat utamanya adalah mengubah status akun WordPress dari versi gratis menjadi akun premium. 

Namun sebelum itu, Anda harus membeli terlebih dahulu domain di provider terpercaya seperti Dewabiz.com. Setelah membeli domain di Dewabiz.com yang telah teregistrasi aktif, maka Anda sudah bisa menghubungkannya dengan WordPress.com. 

Umumnya nama domain di WordPress berstatus sebagai subdomain, misalkan  contohnya adalah rumahpenulis.wordpress.com. Alhasil nama domain terlihat panjang dan tidak to the point sehingga banyak yang ingin mengubahnya dengan cara kustomisasi domain.

Alasan lain yang membuat pengguna ingin melakukan kustomisasi domain adalah keterbatasan fitur pada platform WordPress.

Lalu bagaimana langkah selanjutnya untuk melakukan cara custom domain di WordPress bagi pengguna baru? Berikut ini adalah tahapan caranya yang perlu Anda pahami.

1. Beralih ke Akun WordPress Premium

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah log in ke akun WordPress dan akun domain Anda di situs penyedia jasa domain. Setelah berhasil log in ke WordPress.com, pilih menu upgrade lalu klik menu plans

Setelah itu, WordPress akan meminta Anda untuk memilih menu pembayaran yang per tahun atau per bulan. Pertimbangkan baik-baik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Silakan menyelesaikan pembayaran akun premium Anda dengan mengisikan data kartu debit atau kredit Anda. Jika sudah, tekan tombol Bayar pada bagian bawah halaman.

Apabila telah berhasil menyelesaikan pembayaran, tunggu beberapa saat untuk menunggu konfirmasi aktivasi akun premium Anda.

2. Mengarahkan Domain ke WordPress

Selanjutnya pilih menu “Upgrade” pada Dashboard akun WordPress Anda, lalu klik “Domains” untuk mengatur kostumisasi domain. Terdapat dua pilihan yang WordPress tawarkan yakni “Search Domain” dan “I Have a Domain”. 

Pilih yang “I Have a Domain” karena Anda sudah memiliki domain yang teregistrasi aktif di Dewabiz.com. Lalu masukkan nama domain Anda yang telah terdaftar. Kemudian klik Next.

WordPress kemudian akan menanyakan apa yang akan Anda lakukan terhadap domain tersebut. Karena ingin melakukan kustomisasi domain, pilih perintah “Connect to Domain” dengan menekan tombol Select.

3. Mengganti Nameserver Domain

Berikutnya, lakukan penggantian Domain Name Server (DNS) dengan cara klik Start Setup setelah “Connect Your Domain”. Lalu catat dan salin salah satu kode nameserver di WordPress.

Pindah ke halaman provider domain Anda dan tempelkan nameserver yang telah Anda salin untuk memperbarui data di halaman domain Anda.

4. Verifikasi Nameserver Domain

Jika sudah, kembali ke halaman WordPress dan klik “Verify Connection” untuk melakukan verifikasi name server. Kini proses kustomisasi domain Anda telah selesai. 

Untuk membuat domain agar bisa diakses publik, silakan klik titik tiga pada konfirmasi data domain lalu pilih “Make Primary Address”. Sekarang proses kustomisasi domain Anda di WordPress telah selesai. 

Seperti itulah cara custom domain WordPress.com dengan mudah, Pastikan setiap langkah, Anda kerjakan dengan baik agar proses kustomisasi berjalan dengan baik.

Baca Juga