fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mudah 5 Cara Cek Spam Score Domain Hingga Penyebabnya Terbai

Yanti puspita

Cara cek spam score domain sebaiknya di ketahui oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia digital, salah satunya website. Dengan memeriksa spam score domain website, kiamu dapat memantau websitemu.

Jika suatu website tiba-tiba di blokir oleh Google, kemungkinan besar karena spam scorenya terlalu tinggi. Agar lebih jelas, di bawah ini kami telah merangkum informasi lengkap mengenai spam score yang perlu Anda ketahui. Penasarankan apa saja? Mari simak ulasan berikut.

Cara Cek Spam Score Domain serta Penyebab Spam Score Tinggi

Sebelum membahas cara cek spam score domain serta penyebab spam score tinggi kamu harus tahu artinya terlebih dahulu. Spam score adalah persentase situs website yang memiliki fitur serupa dengan halaman yang terkena sanksi oleh Google.

Algoritma spam score ini di kembangkan oleh seorang ahli dan pertama kali di perkenalkan pada tahun 2015. Setelah mengetahui apa itu spam score, maka selanjutnya kami akan menjelaskan cara cek spam score domain seperti:

Cara Cek Spam Score Domain

Cara cek spam score domain sendiri bisa di lakukan dengan mudah. Jadi bagaimana cara memeriksa spam score domain? Berikut informasinya:

1. Buka https://moz.com/login dan login

2. Gunakan alamat email aktif dan isi informasi yang diperlukan

3. Lalu masuk ke Link Explorer > Spam Score atau klik link https://analytics.moz.com/pro/link-explorer/spam-score

4. Akan muncul kolom URL di halaman utama, dan masukkan URL website yang ingin diperiksa spam scorenya, lalu klik Analisis.

5. Setelah menunggu beberapa detik, spam score domain akan muncul

Selain spam score, data ini juga menunjukkan beberapa hasil lainnya seperti jumlah domain linking, otoritas domain (DA), representasi domain linking berdasarkan area nilai spam dan daftar inbound link beserta nilai spam dan DA. Itulah dia cara cek spam score domain yang bisa kamu ikuti.

Apa Penyebab Spam score Domain Tinggi?

Seteah mengetahui cara cek spam score domain tentunya kamu perlu mengetahui penyebab spam score tinggi. Alasan tingginya spam score domain dapat di telusuri ke berbagai faktor, mulai dari tautan, konten, teks tautan, templat di situs web, hingga kata kunci. Secara detail, di bawah ini adalah penjelasan penyebab tingginya spam score, yaitu:

1. Backlink

Backlink merupakan strategi yang masih di gunakan oleh pemilik website untuk meningkatkan peringkat websitenya pada mesin pencari (SERP). Pada website, penggunaan backlink sangat mempengaruhi kinerja SEO. Backlink ini sendiri terbagi menjadi dua jenis, quality backlink dan toxic backlink.

Pada prakteknya, sebagian besar penulis website sering melakukan kesalahan saat mengatur backlink. Jenis toxic backlink ini sering di gunakan untuk proses optimasi, namun tanpa di sadari dapat menyebabkan peningkatan spam website.

2. Anchor Text

Anchor text adalah bagian teks yang berisi link yang dapat di klik, bentuknya sangat berbeda dengan teks biasa. Bila di gunakan dengan benar, Anchor text dapat meningkatkan peringkat website pada halaman pertama Google.

Namun, penggunaan Anchor text yang tidak relevan dengan konten juga dapat mengakibatkan tingginya spamming pada website. Misalnya ketika membahas domain, maka bisa memberikan link terkait domain tersebut.

Nantinya, link tersebut di arahkan ke domain kata sebagai Anchor text. Sederhananya, fungsi Anchor text dapat memberi tahu pembaca bahwa teks domain harus menyertakan tautan yang membahas berbagai hal pada domain tersebut.

3. Konten

Konten website juga harus di pertimbangkan. Jadi, usahakan untuk membuat konten berkualitas. Hindari membuat konten yang melanggar aturan, seperti pornografi, penjualan senjata ilegal, perjudian, dan sejenisnya.

Agar tidak terkena sanksi dari Google. Selain ketentuan di atas, konten website juga harus di lindungi dari plagiarisme atau pengambilan karya orang lain.

4. Template Website

Templat website juga memengaruhi spam score, terutama bila menggunakan versi yang tidak valid. Sekadar informasi, tema yang tidak valid adalah versi bajakan dari versi berbayar.

Oleh karena itu, di sarankan untuk menggunakan fitur berbayar dari tema tersebut. Jika menggunakan tema gratisan, risikonya besar karena rentan mengandung malware.

5. Keyword

Penggunaan keyword memegang peranan penting karena dapat membantu mesin pencari memberikan tautan ke kontennya. Sayangnya, penulis konten pada website masih kurang akurat dalam menggunakan keyword.

Penggunaan keyword yang tidak di sarankan adalah terlalu banyak dalam satu artikel atau isian kata kunci atau spam. Oleh karena itu, gunakan keyword hanya bila di perlukan.

Cara Menurunkan Spam Score Domain

Ketika kamu memeriksa spam score suatu domain dan hasilnya tidak memuaskan atau menunjukkan angka yang tinggi. Maka perlu mencari cara untuk menurunkan spam score domain tersebut.

Tujuannya adalah untuk mengurangi terjadinya masalah yang nantinya menyerang website. Berikut cara mengurangi spam score suatu domain yang dapat di terapkan, yaitu:

1. Menggunakan SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah sertifikat berfungsi. Mengenkripsi seluruh data yang dikirim dari pengguna ke klien atau klien ke pengguna.

Tujuan penggunaan SSL adalah untuk mencegah pihak ketiga dapat membaca seluruh data yang di kirimkan karena tidak mempunyai kunci enkripsi. Tidak hanya itu, SSL juga mempengaruhi strategi SEO yang di terapkan karena halaman Google lebih memilih situs yang aman.

2. Kurangi Penggunaan Meta Tag

Meta tag adalah artikel yang menjelaskan isi suatu halaman website. Fitur ini memang berguna untuk meningkatkan kualitas sebuah website.

Namun penggunaan meta tag yang terlalu banyak dapat meningkatkan spam score domain. Oleh karena itu, gunakan meta tag hanya jika di perlukan agar tidak di anggap spam oleh mesin pencari Google.

3. Hindari TLD yang Berbau Spam

TLD (Top Level Domain) adalah bagian penting dari sebuah situs website. Ada beberapa contoh TLD yang umum di gunakan seperti .com, .id, .net, dll. Menurut sebuah situs, ada beberapa TLD yang sering di gunakan, seperti:

.ci

.surf

.mw

.sx

.cn

.top

.gq

.ml

.ga

.cf

4. Perhatikan Rasio Dofollow dan Nofollow

Penggunaan rasio dofollow dan nofollow juga harus di pertimbangkan dengan cermat. Ada hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat website sehat, yaitu rasio link dofollow lebih tinggi di bandingkan nofollow.

Lebih spesifiknya, dofollow adalah jenis tautan yang memberitahu mesin pencari untuk mengikuti tautan tersebut. Sedangkan nofollow merupakan jenis link yang tidak memungkinkan link tersebut di cari oleh mesin pencari.

5. Menghapus Broken Link

Cara terakhir untuk menurunkan spam score domain adalah dengan menghapus broken link. Broken Link adalah semua tautan rusak pada situsmu. Bahkan, untuk memeriksa semua broken link, kamu dapat menggunakan alat pemeriksa broken link Ahrefs yaitu https://ahrefs.com/free-seo-tools.

Kesimpulan

Itulah cara cek spam score domain serta penyebab spam score tinggi, yang dapat di ketahui atau gunakan untuk meningkatkan kesehatan situs websitemu. Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, memeriksa spam score domain adalah salah satu cara untuk memprediksi masalah pada sebuah website.

Jika spam score semakin tinggi, itu tandanya kualitas website mulai menurun. Sebaliknya jika spam scorenya rendah, berarti website yang kamu miliki sehat dan terawat.

Untuk mencegah bertambahnya jumlah spam point, kamu bisa menghilangkannya dengan membeli domain dan hosting yang aman, cepat dan terpercaya. Dengan begitu, permasalahan yang muncul nantinya pada website bisa diminimalisir seiring berjalannya waktu.

Baca Juga