fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

10 Cara Buat Feed Instagram Menarik

Yanti puspita

Sebelum mengetahui bagaimana cara buat feed instagram menarik alangkah baiknya kamu harus mengetahui apa itu feed instagram. Feed Instagram adalah halaman beranda atau halaman profil yang menampilkan foto dan video yang telah diunggah ke Instagram.

Feed Instagram dapat di lihat ketika seseorang mengunjungi halaman profilmu. Terlepas dari hal itu, kami akan menjelasakan kepada kamu tentang cara buat feed instagram menarik pada ulasan di bawah ini.

10 Cara Buat Feed Instagram Menarik

Cara buat feed instagram menarik sebenarnya tidak sulit untuk di lakukan. Cara membuat feed Instagram dapat di lakukan dengan mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi. Namun membuat feed tidak hanya sekedar mengunggah konten saja, berbagai hal perlu kamu perhatikan jika ingin tampil menarik. Berikut beberapa cara buat feed instagram menarik. Dan untuk mendapatkan lebih banyak pengikut, yaitu:

1.      Cara Buat Feed Instagram Menarik dengan Menentukan Temanya

Cara buat feed instagram menarik pertama yang baik adalah menentukan tema. Pemilihan tema yang menarik pasti akan menarik perhatian pengguna lain sehingga menambah jumlah pengikutnya. Selain itu, menentukan tema juga akan memudahkan dalam menentukan foto mana yang akan di unggah.

Misalnya tema travelling, foto yang kamu unggah bisa tentang tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi. Banyak tema yang di pilih cenderung sama, sehingga untuk membedakannya kamu bisa menggunakan ciri khas pribadi.

2.      Pilih Warna

Mengunggah foto ke Instagram umumnya di lakukan pada waktu yang berbeda-beda. Foto yang di unggah pada waktu berbeda akan muncul sebagai kolase di halaman feed. Oleh karena itu, saat membuat feed Instagram yang menarik, penting untuk membuat foto terlihat seperti kolase yang serasi.

Salah satu caranya adalah dengan memilih dan menggunakan warna yang sesuai. Misalnya dengan menerapkan tema warna kalem, warna lembut, atau cahaya yang sama. Penggunaan warna yang konsisten akan menjadi ciri khas akun Instagrammu.

Selain itu, feed Instagram kamu juga akan terlihat lebih serasi. Untuk menciptakan warna atau pencahayaan yang tepat, bisa menggunakan aplikasi edit foto. Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi Instagram standar untuk mendapatkan konsep warna yang di inginkan.

3.      Perhatikan Ukuran Unggahan

Cara buat feed instagram menarik selanjutnya adalah dengan memperhatikan ukuran foto atau video yang di unggah. Agar lebih rapi, foto atau video yang akan di unggah ke feed harus berukuran sama.

Sebelum mengunggah foto, yang perlu kamu lakukan adalah memastikan ukuran foto tidak melebihi ketentuan Instagram yang umumnya menggunakan ukuran persegi. Sedangkan untuk mengunggah foto pribadi, kamu bisa menggunakan gambar yang berkualitas tinggi agar saat mengunggah foto tidak rusak.

4.      Menggunakan Resolusi Gambar Terbaik

Kamu tidak perlu hanya menggunakan kamera mirrorless atau DSLR jika ingin memenuhi feed Instagrammu. Saat ini banyak sekali smartphone yang memiliki kamera dengan kualitas foto yang bagus. Untuk mengambil foto dengan kualitas jernih dan detail, ubah resolusi kamera di smartphonemu ke resolusi terbaik yang ada.

Sedangkan untuk mengubah warna foto dengan bantuan aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur resolusi gambar tinggi. Hal ini di lakukan dengan tujuan untuk memastikan foto tidak rusak saat di unggah ke feed Instagram pribadi atau bisnismu.

5.      Atur Tata Letak Unggahan

Cara buat feed instagram menarik selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengatur tata letak foto atau video yang ada di feed tersebut. Untuk melihat hasil tampilan feed sebelum foto di unggah.

Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi feed preview Instagram. Kemudian pastikan tata letak gambar sudah sesuai agar feed terlihat rapi dan tidak semrawut atau berantakan.

Tampilan feed yang tertata rapi pasti akan lebih menarik untuk di lihat. Sehingga beberapa pengguna lainnya mengikuti untuk menjadikan feed Instagramnya sebagai inspirasi. Selain itu, pengaturan layout foto juga menjadi ciri khas akun tersebut.

6.      Perhatikan Background dan Border Foto

Memperhatikan background foto yang akan di unggah merupakan cara yang tidak bisa di lewati. Foto dengan background sederhana akan membuat subjek foto semakin menonjol saat di unggah ke feed Instagrammu, sehingga membuat foto menjadi lebih menarik.

Selain itu, penggunaan border yang sama pada setiap foto juga akan menambah kesan feed terlihat lebih serasi. Cara buat feed instagram menarik ini harus di ikuti secara konsisten untuk menjaga kerapian feed.

7.      Gunakan Font dan Tipografi yang Sesuai

Menggabungkan tipografi dengan objek, gambar atau grafik dalam satu feed merupakan ide yang cukup bagus untuk membuat feed Instagram menarik. Cara ini dapat meningkatkan estetika feed. Jadi, penting untuk memperhatikan pilihan dan penggunaan font. Ada empat kategori dasar font yang perlu di pahami, yaitu

• Kategori pertama adalah serif, yang memiliki tampilan klasik dan sering di gunakan untuk memberikan kesan keandalan, keanggunan, dan stabilitas.

• Berikutnya adalah sans-serif yang memiliki garis-garis sederhana yang di sesuaikan dengan tipografi modern. Sans-serif juga memberikan kesan lebih santai dan informal.

• Kategori ketiga adalah Script yang bentuknya seperti kaligrafi atau tulisan tangan. Script umumnya di gunakan bersama dengan serif dan sans-serif untuk membuat desain tipografi terlihat lebih menarik.

• Kategori terakhir adalah dekoratif yang memiliki nuansa lebih nyentrik dan artistik. Tapi cenderung sulit di baca sehingga jarang di gunakan.

8.      Gunakan Filter

Filter Instagram merupakan fitur yang sering di gunakan pengguna. Bahkan setiap hari semakin banyak jenis filter yang tersedia. Tidak hanya dapat membantu meningkatkan estetika desain feed, fitur Filter juga membuat feedmu terlihat lebih kohesif dan konsisten.

Instagram menyediakan berbagai jenis filter dan bisa di jadikan pilihan saat mengupload foto atau video dan membuat feed Instagram semakin menarik. Selain filter Instagram, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi edit foto yang juga memiliki fitur kustomisasi lengkap.

Rekomendasi pertama untuk aplikasi edit foto terbaik adalah VSCO. Aplikasi ini membebaskan pengguna untuk membuat filter sendiri dan dapat menggunakannya untuk konten selanjutnya. Aplikasi terbaik kedua adalah Foodie, yang hadir dengan puluhan filter dan fitur panduan cerdas.

9.      Mengatur Urutan Postingan

Untuk mendapatkan urutan postingan yang rapi, kamu bisa mengatur tata letak sebelum memposting di Instagram, kamu bisa melakukannya dengan aplikasi salah satunya adalah preview. Dengan bantuan aplikasi preview, kamu dapat mengatur urutan postinganmu. Dan melihat seperti apa tampilan feed Instagram sebelum kamu mempostingnya.

10. Buat Rencana Konten

Cara buat feed instagram menarik terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat rencana pada setiap konten yang akan di unggah. Pastikan kontennya sesuai dengan yang apa yang kamu tentukan sebelumnya.

Agar perencanaan konten lebih fokus, tidak ada salahnya untuk mencatat apa yang sedang kamu lakukan. Seperti membuat catatan tentang apa yang akan di tulis atau font apa yang akan di gunakan.

Penutup

Itulah penjelasan 10 cara buat feed instagram menarik yang bisa kami sampaikan. Jika kamu mengikuti cara-cara ini, kemungkinan besar Instagrammu akan terlihat menarik dan otomatis menambah jumlah follower dan like.

Baca Juga