fbpx

Cara Bersaing Dengan Situs Kompetitor Lain  yang Serupa

Setiap pastilah memiliki . Terlebih lagi jika bisnis yang dijalankan dituangkan dalam sebuah situs atau . Dewasa ini, dapat dikatakan semua jenis topik pada website pasti memiliki kompetitornya masing-masing, baik itu toko online, situs download, situs entertainment, dll. 

Hal ini dapat disebabkan karena semua orang pasti mencari bahan yang memang menjadi minat masyarakat saat ini, sehingga untuk mendapatkan topik yang benar-benar unik sudah hampir mustahil. Sehingga hal yang perlu diperhatikan oleh para pemilik website adalah bagaimana cara agar situs yang dibuat mampu bersaing dengan para kompetitornya. 

Agar mampu bersaing dengan para kompetitor yang memiliki situs atau website dengan topik yang serupa, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Tentukan Tujuan Anda Membuat Website

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami mengapa Anda membuat website tersebut. Apakah Anda ingin meningkatkan , ingin meningkatkan viewer, atau alasan lainnya. Sebab, sebelum Anda melihat pesaing Anda Anda perlu mengenali diri Anda  terlebih dahulu. 

Bisa saja topik yang akan bahas dengan para pesaing sama, namun tujuan yang ingin Anda capai berbeda. Dengan mengetahui tujuan yang ingin dicapai, Anda akan lebih mudah melakukan langkah untuk mencapai tujuan tersebut yang nantinya tentu akan berimbas pada kemampuan Anda bersaing dengan para kompetitor. 

2. Melakukan Observasi Pada Situs Kompetitor

Setelah tamat mengenali tujuan Anda membangun website, selanjutnya Anda perlu mengenali para kompetitor Anda. Anda perlu tahu dahulu siapa yang menjadi kompetitor utama Anda. Caranya, Anda perlu melakukan observasi kepada website yang menawarkan hal serupa dengan website yang Anda miliki. 

Baca Juga :  Domain .go.id Berarti Apa di Situs Pemerintah?

Buatlah daftar website mana saja yang memiliki target pasar yang sama dengan Anda, bagaimana yang dijalankan untuk menarik para pengunjung, bagaimana cara mereka melakukan promosi, konten-konten seperti apa yang sering mereka rilis, dan lain-lain. Semakin Anda menggali lebih banyak informasi, semakin kompleks pula hasil analisis yang akan Anda peroleh. 

Setelah memperoleh hasil analisis berdasarkan observasi yang dilakukan, Anda bisa mengetahui gambaran konten seperti apa yang kira-kira diminati oleh para audiens. Anda bisa melakukan inovasi dan modifikasi konten agar mampu bersaing.

3. Meningkatkan Layanan Yang Dapat Dirasakan Langsung Oleh Audiens

Jika pada dunia nyata pelayanan suatu atau perusahaan selalu menjadi perhatian untuk membuat para pelanggan tidak mencari brand lain, hal ini juga berlaku pada sebuah website di dunia maya. Istilah pelanggan adalah raja juga perlu diterapkan pada setiap website agar para audiens betah dan mencari informasi melalui website Anda. 

Anda dapat memulainya dengan melakukan komunikasi kepada para audiens, dimana terdapat fitur atau ruang pada website Anda untuk menulis komentar dan menanggapi konten yang Anda buat, selain itu, Anda perlu aktif menanggapi komentar-komentar tersebut. Hal ini dapat membuat para audiens merasa nyaman dan menjadi pengunjung tetap Anda. 

Jika website yang Anda miliki menawarkan sebuah produk atau toko online, maka Anda perlu aktif secara berkala dan menanggapi pertanyaan-pertanyaan para calon pembeli. Komunikasi yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. 

4. Menggunakan Keyword Yang Tepat (SEO)

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan agar dapat bersaing dengan situs kompetitor serupa adalah menerapkan strategi . Strategi ini dilakukan dengan pemilihan kata kunci atau yang tepat pada yang Anda buat dalam website Anda. Hal ini dimaksudkan agar website Anda bisa berada pada peringkat atas mesin pencarian

Jika Anda melakukan browsing tentang suatu hal pada mesin pencarian google, pasti akan muncul berbagai artikel terkait hal tersebut. Artikel-artikel yang muncul pertama kali pada mesin pencarian tersebut pasti akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan viewer yang lebih banyak daripada artikel lainnya. Inilah yang menjadi tujuan utama strategi SEO

Baca Juga :  6 Tools Untuk Melihat Peringkat Website di Google

5. Memperbaiki Tampilan Website

Tak dapat dipungkiri, tampilan sesuatu dapat mempengaruhi respon orang lain terhadapnya. Sama seperti toko yang sering ditemui di dunia nyata, Anda tentu akan menilai toko tersebut ketika melihat tampilan awalnya. Apakah toko tersebut bersih, tata letaknya bagaimana, pelayanan nya seperti apa dan lainnya. Hal itu juga berlaku pada website. 

Jika pemilihan warna, tema dan tata letak Anda tidak tepat, bukan malah menarik para audiens untuk mengunjungi situs Anda, malah akan membuat website Anda tidak berkembang dan tidak dikenal khalayak yang lebih luas. Anda perlu menyesuaikan tema dengan topik yang Anda bahas, tata letak pun jangan sampai mengganggu audiens saat mengakses situs Anda. 

6. Konsisten Membuat Konten

Konsisten dalam membuat konten harus Anda lakukan. Semakin sering dan konsisten Anda mengunggah konten, makin besar pula kesempatan Anda untuk dikenali khalayak umum. Konten yang Anda buat pun harus relevan dengan hal yang sedang trending saat ini agar rasa penasaran pembaca dapat terjawab melalui konten yang Anda miliki. 

Tak hanya itu, Jangan lupa pula untuk menggunakan caption menarik dan hastag yang relevan dengan konten Anda. Buat jadwal konsisten untuk memposting konten, baik secara harian maupun mingguan. 

7. Melakukan Promosi 

Selanjutnya agar mampu bersaing dengan para kompetitor, Anda juga perlu melakukan promosi. Baik itu melakukan promosi secara pribadi yang tak perlu mengeluarkan biaya maupun promosi yang mengeluarkan biaya dengan meng endorse influencer tertentu. 

Itulah beberapa cara bersaing dengan situs kompetitor lain  yang serupa dengan yang Anda miliki. Anda bisa menerapkan cara-cara tersebut untuk meningkatkan audiens dan viewer pada website Anda.