fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Beriklan di Google Ads Agar Jualan Kamu Makin Laris

Dhian rama

Dewabiz – Cara efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online adalah beriklan di Google. Oleh karena itu, kamu harus mempelajari cara beriklan di Google Ads untuk menarik lebih banyak pelanggan. Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, 98% pengguna internet Indonesia menggunakan Google untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan di internet.

Jangkauan pasar Google yang luas menjadikan raksasa teknologi ini salah satu media periklanan paling efektif untuk bisnis. Dengan platform periklanan Google Ads, kamu  dapat membuat iklan yang akan muncul di hasil pencarian Google. Keren kan?

Kali ini Saya akan menjelaskan cara beriklan di Google Ads yang mudah diikuti. Semoga ini dapat membantu Kamu  mengembangkan bisnis Kamu . Simak informasinya dalam artikel berikut ini!

Apakah Kamu Tahu Cara Beriklan di Google Ads?

Berikut langkahnya:

1.    Buat akun Google Ads

Sebelum mulai membuat iklan di Google Ads, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Jika kamu tidak memiliki akun Google Ads, buka situs web Google Ads di browser. Kemudian ikuti proses pembuatan akun untuk Google Ads. kamu juga dapat masuk ke akun Google yang sudah kamu  miliki.

Kamu kemudian akan di alihkan ke halaman untuk memilih tujuan iklan. Jika kamu baru pertama kali membuat iklan di Google Ads, Google akan langsung meminta kamu  untuk membuat iklan Smart Campaign, di mana Google akan mengotomatiskan iklan tersebut menggunakan machine learning.

Namun, jika kamu ingin kontrol penuh atas iklan yang akan di jalankan, kamu  harus beralih ke mode ahli dengan mengklik “Beralih ke mode ahli” seperti gambar di bawah ini.

2. TentukanTujuan Iklan

Langkah kedua cara beriklan di Google Ads adalah menentukan tujuan atau sasaran pengiklan. Iklan kamu kemudian akan diatur dengan cara yang membantu Kamu  mencapai tujuan yang Kamu  pilih. Ada beberapa opsi penargetan di Google Ads, antara lain:

3. Pilih Jenis Tampilan Iklan

Tipe campaign adalah bentuk tampilan ads yang akan dibuat. Untuk setiap goal campaign. Saat memasang iklan di Google, kamu dapat memilih dari beberapa tipe campaign, yakni:

·         Search campaign

Jenis iklan yang muncul ketika user melakukan pencarian di search engine dengan keyword tertentu. Dikenal juga dengan iklan teks. Berisi judul yang mengarah ke website tujuan, deskripsi singkat mengenai bisnis, juga info kontak, seperti gambar di bawah ini.

·         Display Campaign

Iklan yang dapat berupa teks maupun gambar yang muncul di website partner Google. Iklan gambar akan mengarahkan user ke website tujuan. Ukuran iklan display berbeda-beda tergantung di mana iklan terpasang. Contohnya seperti gambar berikut.

·         Shopping Campaign

Iklan yang menampilkan informasi produk dalam bentuk katalog. Berisi info produk, gambar, harga dan link yang bisa diklik menuju halaman web tujuan agar pelanggan bisa langsung berbelanja dari situs tersebut.

·         Video Campaign

Iklan berupa video yang biasa muncul di website partner Google atau ketika mengakses video di Youtube. Durasi video singkat, biasanya hanya 8-15 detik atau 5-8 detik saja.

·         App Campaign

Jenis iklan untuk mempromosikan aplikasi. Iklan ini bisa berupa teks atau gambar dengan button yang langsung mengarahkan user ke App Store atau Play Store.

·         Smart Campaign

Jenis campaign dikelola Google dengan bantuan machine learning. Jenis ini membantu pengguna baru untuk membuat dan mengelola ads dengan lebih mudah. Berikan informasi mengenai nama bisnis, buat iklan, kemudian Google akan menemukan penargetan terbaik untuk ads-mu secara maksimal.

·         Local Campaign

Dirancang untuk membantu mempromosikan toko fisik. Ad akan tampil di penelusuran, Maps, YouTube, dan website partner Google.

4. Lengkapi Pengaturan Dasar Iklan

Pada bagian ini, kamu perlu melengkapi pengaturan dasar campaign yang akan dibuat.  Kamu harus melengkapi pengaturan dasar iklan seperti jenis iklan, nama iklan, dan pilihan jaringan untuk menampilkan iklan.

5. Tentukan Durasi Iklan

Setelah memilih jenis iklan dan melengkapi pengaturan dasarnya, langkah selanjutnya untuk membuat iklan di Google adalah menentukan durasi iklan.  Buka pengaturan dengan klik ‘Show more settings’ terlebih dahulu.

  • menentukan durasi iklan google ads.
  • Setelah itu akan muncul pilihan seperti berikut.
  • cara buat iklan di google ads – tentukan durasi.
  • Di bagian ini kamu dapat menentukan berapa lama iklan yang kamu buat akan ditayangkan oleh Google. Tentukan dengan memasukkan tanggal mulai dan tanggal selesai iklan.

Selain itu kamu juga bisa mengatur URL Campaign, Dynamic search Ads dan jadwal penayangan iklan pada kolom yang telah tersedia seperti.

6. Pilih Jangkauan Lokasi dan Bahasa

Langkah selanjutnya dalam cara buat iklan di Google Ads adalah memilih jangkauan lokasi dan bahasa untuk penayangan iklan. Kamu bisa mempersempit jangkauan hingga ke provinsi atau kota yang ingin dijangkau agar lebih spesifik.

Setelah selesai memilih lokasi, tentukan bahasa yang di gunakan oleh audience-mu. Google akan menyeleksi untuk menampilkan ads pada orang-orang dengan pengaturan bahasa tersebut. Misal kamu memilih bahasa Indonesia dan Inggris, maka iklan yang kamu buat akan di tampilkan kepada audience yang berbahasa Indonesia atau Inggris.

7. Tentukan Target Audience

Di bagian ini, kamu bisa menentukan sendiri audiens yang sesuai dengan target pasarmu agar iklan dapat di tampilkan lebih spesifik kepada orang-orang tersebut. Tentukan audiens misalnya dari detail demografi, usia, interest dan lain sebagainya.

8. Atur Anggaran Harian untuk Iklan

Untuk setiap campaign, kamu dapat menentukan berapa banyak uang yang dapat dihabiskan Google untuk penempatan iklan tersebut setiap hari. Untuk dapat pasang iklan di Google dengan efektif, kamu sebaiknya mengatur budget yang akan di gunakan untuk iklan tersebut.

Google memiliki fitur batas budget yang akan secara otomatis menghentikan iklan setelah batasan biaya tercapai. Jadi misalnya kamu memasukkan Rp100.000/hari untuk campaign A dan Rp80.000/hari untuk campaign B. Maka, Google tidak akan menghabiskan uang tersebut melebihi jumlah ini.

Kamu dapat menetapkan budget terendah dahulu ketika baru memulai membuat ads. Kemudian secara perlahan kamu bisa mulai mengukur kesuksesan ads dan coba untuk mengoptimalkannya.

9. Tentukan Bidding untuk Iklan

Bidding adalah biaya yang akan kamu keluarkan untuk setiap tujuan iklan atau harga sekali klik iklan (bila kamu memilih fokusnya pada clicks). Untuk bidding, kamu bisa mengaturnya pada konversi, klik atau impression. Setelah selesai, klik ‘Save and Continue’.

10. Atur Keyword untuk Iklan di Ad Groups

Selanjutnya, lakukan pengaturan keyword di ad groups. Satu campaign dapat berisi beberapa ad groups. Kamu dapat membuat satu atau lebih ad group di tiap campaign yang kamu bentuk.

Jika kamu membuat lebih dari satu ad grup, namai tiap ad grup pada kolom yang tersedia. Ini akan memudahkan kamu untuk mengetahui ad mana yang perform lebih baik.

Demikian itulah mengenai cara beriklan di Google Ads yang dapat kamu pelajari, kamu juga dapat mengaksesnya dengan simple dan mudah. Terima kasih!

Baca Juga