fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

 Begini Cara Menjadikan Co Host di Zoom Paling Mudah

Wiliam

Zoom adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Karena itu, di dalam aplikasi tersebut tersedia fitur co host yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna saat Zoom Meeting berlangsung. Bisa dibilang, co host ini adalah asisten dari host yang ada dalam Zoom Meeting. Menariknya, Bizzie bisa menerapkan cara menjadikan co host di Zoom di HP atau PC baik sebelum maupun saat meeting berlangsung.

Sebagai informasi, co host merupakan peran yang dapat diberikan kepada satu orang ataupun lebih di dalam aplikasi Zoom Meeting. Keberadaan co host dalam pertemuan maupun rapat Zoom dapat membantu jalannya acara. Dengan begitu, acara atau meeting yang berlangsung di dalam aplikasi Zoom bisa menjadi lebih baik sekaligus lebih teratur. Kendati demikian, fitur co host ini hanya dapat dipakai pada zoom premium atau berbayar.

Mengetahui Cara Menjadikan Co Host di Zoom

Bagaimana cara menjadikan co host di Zoom? Sebelum itu, penting untuk Bizzie memahami peranan dari co host tersebut. Sebab ternyata peranan co host dibutuhkan dalam sebuah Zoom Meeting yang di dalamnya melibatkan banyak peserta, apalagi kalau jumlah pesertanya mencapai ratusan orang. Nantinya co host memudahkan host menjalankan sekaligus mengelola jalannya acara.

Beberapa fungsi dari co host dalam sesi Zoom Meeting antara lain mengelola interaksi antar peserta, mengaktifkan fitur berbagi layar, serta melakukan konfirmasi sekaligus mendata para peserta yang masuk dalam aplikasi Zoom Meeting. Bisa dibilang co host bersifat pelengkap dan pembantu Zoom Meeting. Kendati demikian, keberadaan co host tak begitu diperlukan apabila peserta rapat tak terlalu banyak.

Tutorial Menjadikan Co Host di Aplikasi Zoom HP

Fitur co host dalam aplikasi Zoom Meeting perlu diaktifkan dahulu baru dapat dipakai. Memang aplikasi Zoom Premium memberikan fasilitas co host dalam jumlah lebih dari satu. Di bawah ini ada cara menjadikan co host di Zoom yang meliputi mengaktifkan fitur co host, memilih peserta co host, serta menghapus co host dalam Zoom Meeting.

1. Mengaktifkan Co Host di Aplikasi Zoom Meeting

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bizzie perlu mengaktifkan fitur co host terlebih dahulu sebelum menerapkan cara menjadikan co host di Zoom. Cara mengaktifkannya yaitu dengan mengakses opsi Account Settings. Di menu tersebut, Bizzie dapat menemukan fitur mengaktifkan fitur co host dengan mudah. Berikut ada cara untuk mengaktifkan fitur co host di aplikasi Zoom Meeting dengan mudah:

·         Pertama-tama Bizzie perlu membuka aplikasi Zoom

·         Setelah itu, masuk dengan memakai akun Zoom Bizzie

·         Lanjutkan dengan tekan opsi Settings yang berada di bawah Personal tepatnya panel kiri

·         Nantinya layar pengaturan Meeting di sebelah kanan langsung terbuka

·         Tekan Setting

·         Di tab Meeting, scroll ke bawah hingga pilihan co host di bagian bawah In Meeting terbuka

·         Geser agar bisa mengaktifkan layanan

·         Kemudian Bizzie perlu mempersiapkan Room Meeting di Zoom

·         Langkah terakhir, Bizzie juga perlu menyediakan serta memberikan meeting ID ke pihak panitia Zoom Meeting

2. Memilih Co Host dari Panel Participants

Seluruh persiapan sudah selesai, kini Bizzie bisa menerapkan cara menjadikan co host di Zoom dari salah satu ataupun beberapa panitia. Adapun orang yang menjadi co host di dalam Zoom Meeting adalah siapa saja yang menjadi panitia serta sudah tergabung di sana. Untuk jumlah co host tergolong bebas, namun ada baiknya tidak terlalu banyak. Dibawah ini ada cara untuk menjadikan co host di aplikasi Zoom dari panitia yang sudah ada.

·         Silahkan tekan opsi Participants

·         Di sana seluruh panitia bisa langsung terlihat

·         Klik salah satu di antara panitia tersebut

·         Nantinya muncul sejumlah opsi yang bisa dipilih

·         Lalu tekan pilihan Make Co Host

·         Kemudian notifikasi untuk konfirmasi langsung muncul, Bizzie bisa tekan Yes

·         Untuk menambah panitia yang menjadi co host, Bizzie bisa ulangi langkah di atas

3. Menjadikan Co Host Melalui Feed video

Cara menjadikan co host di Zoom Meeting tak hanya dapat dilakukan lewat panel Participants. Sebab co host dapat ditunjuk serta dipilih dari opsi Feed Video. Bizzie bisa memilih cara tersebut untuk menunjuk co host dari para peserta yang muncul saat rapat tengah berlangsung dan tidak mempunyai waktu lebih banyak untuk persiapan. Bizzie bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar bisa menjadikan co host via Feed Video Zoom Meeting

·         Pertama-tama Bizzie bisa pindah ke opsi Gallery View saat meeting tengah berlangsung dengan tekan pilihan View

·         Kalau banyak peserta, scroll ke kiri ataupun kanan untuk melihat opsi Feed Video

·         Dari Gallery View, silahkan tekan tiga titik di pojok kanan atas peserta yang nantinya dijadikan sebagai co host

·         Lanjutkan cara di atas dengan memilih pilihan Make Co Host

4. Menghapus Co Host

Tak hanya cara menjadikan co host di Zoom, Bizzie juga bisa menghapus co host yang ada di Zoom Meeting. Cara menghapusnya antara lain:

·         Pertama-tama tekan ikon Participants yang berada di bawah Zoom Meeting

·         Nantinya muncul Panel Participants dan daftar peserta dalam Zoom Meeting

·         Pilih salah satu nama co host yang hendak dihapus, lalu klik More

·         Setelah itu, tekan pilihan Withdraw Co Host Permission

·         Jika sudah, hak istimewa peserta sebagai co host langsung dihapus

Itulah informasi tentang cara menjadikan co host di Zoom yang bisa Bizzie terapkan di HP maupun komputer. Harap manfaatkan fitur co host sebaik mungkin agar meeting di Zoom dengan jumlah banyak bisa tertata sebaik mungkin. 

Baca Juga