fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Begini Cara Menarik Email yang Sudah Terkirim di Outlook Paling Mudah

Wiliam

Berikut ini adalah cara menarik email yang sudah terkirim di outlook untuk Bizzie terapkan dengan mudah. Email saat ini merupakan salah satu hal yang begitu penting dan digunakan oleh banyak instansi. Kendati demikian, sering kali terjadi pengiriman email yang terdapat kesalahan. Namun email tersebut sudah terlanjur terkirim ke alamat email tujuan. Hal ini tentu mengkhawatirkan mengingat kesalahan di dalam email bisa terbaca oleh penerima.

Biasanya jika ada kesalahan seperti itu, pengirim akan meminta maaf lalu mengirim ulang email yang sudah dikoreksi isinya. Ternyata kini Bizzie tak perlu melakukan hal itu lagi jika ada kesalahan dalam email yang sudah terkirim. Namun agar bisa melakukan hal tersebut, Bizzie perlu mengubah beberapa pengaturan supaya fitur seperti ini dapat dipakai secara maksimal. Fitur tersebut ada di beberapa layanan penyedia email seperti Outlook dan Gmail.

Bagaimana Cara Menarik Email yang Sudah Terkirim di Outlook?

Proses cara menarik email yang sudah terkirim di outlook bisa juga disebut sebagai recall. Adapun recall bisa diartikan memanggil kembali. Dalam hal kirim email, recall artinya menarik lagi email yang telah dikirimkan. Dengan melakukan recall terhadap email, maka email yang dikirimkan bisa terhapus dalam akun penerima, dengan catatan email yang sudah kirimkan itu belum dibaca oleh penerimanya.

Selain itu, cara satu ini dapat dilakukan selama penerima email juga memakai email yang berasal dari layanan perusahaan Microsoft. Jika email tujuan tidak memakai layanan Microsoft, otomatis email yang di recall tak dihapus. Penerima nantinya mendapat pesan baru dengan tambahan subject bertuliskan recall. Karena itulah, cara satu ini dianggap efektif dan menjadi solusi jika ada kesalahan dalam pengiriman email.

1. Menarik Email yang Terkirim di Outlook

Lantas bagaimana cara menarik email yang sudah terkirim di outlook dengan baik dan benar? Untuk informasi selengkapnya, Bizzie  bisa simak tutorial berikut ini:

·         Pertama-tama silahkan buka aplikasi outlook yang Bizzie gunakan dan tekan pada folder bertuliskan sent item

·         Setelah itu, tekan dua kali di email yang hendak di recall.

·         Nantinya Bizzie diarahkan ke jendela baru yang di dalamnya menampilkan isi email pilihan pengguna.

·         Sesudah jendela baru email muncul, Bizzie bisa tekan action

·         Lanjutkan dengan tekan opsi recall this message

·         Lalu muncul pilihan recall yang hendak dilakukan pada jendela emailnya.

Sebagai informasi, ada dua pilihan recall yang bisa dilakukan, yakni Delete Unread Copies of This Message. Sementara itu, opsi lainnya adalah Delete Unread Copies and Replace With a New Message. Dalam cara menarik email yang sudah terkirim di outlook satu ini, berikut perbedaan kedua opsi tersebut yang penting untuk Bizzie  ketahui:

–          Opsi delete unread copies this message bisa digunakan jika Bizzie hendak menarik lagi email tanpa melakukan perubahan terhadap isi email yang akan dikirimkan.

–          Opsi delete unread copies and replace message bisa dipakai jika Bizzie hendak menarik lagi email serta melakukan perubahan terhadap isi pesan email yang dikirimkan. Kalau Bizzie memilih opsi tersebut, maka nantinya diarahkan ke fitur edit pesan. Dengan begitu, Bizzie  bisa mengubah pesan email yang dikirimkan tersebut.

·         Jika sudah memilih kedua opsi di atas, Bizzie juga perlu checklist di bagian “Tell me if recall success…. “. Dengan begitu, Bizzie akan mendapat informasi tentang proses recall yang sudah dilakukan apakah berhasil ataupun tidak.

·         Kini, Bizzie  sudah bisa memanggil atau menarik kembali pesan email yang dikirimkan tersebut dari penerima.

2. Langkah Menarik Email yang Sudah Terkirim di Web Browser Outlook

Tak hanya dengan cara menarik email yang sudah terkirim di outlook sebelumnya, ada juga opsi lain yang dapat Bizzie terapkan. Kali ini terdapat cara menarik pesan email yang telah terkirim di Outlook versi web browser dan bukan aplikasi unduhan di ponsel. Di bawah ini adalah cara yang dapat Bizzie lakukan untuk menarik pesan email yang telah terkirim melalui web browser outlook:

·         Pertama-tama silahkan Bizzie kunjungi laman resmi outlook

·         Di halaman outlook, tekan ikon Setting

·         Lanjutkan dengan klik opsi See all Setting

·         Kemudian di tab Mail, Bizzie bisa cari Compose and Reply dan tekan Undo Send

·         Setelah itu, ubah durasi pesan menjadi 10 detik dan tekan Save

·         Apabila Bizzie ingin membatalkan pesan yang telah terkirim, maka tekan pilihan Undo di layar yang otomatis muncul sesudah Bizzie mengirimkan pesan dengan segera sebelum batas waktu 10 detik berakhir

·         Kini secara otomatis, pesan email yang terkirim itu akan dibatalkan

3. Menarik Email yang Telah Terlanjur Terkirim di Gmail

Selain cara menarik email yang sudah terkirim di outlook, ada juga alternatif lain untuk menarik pesan email yang sudah terlanjur terkirim. Kali ini, Bizzie bisa menggunakan fitur Gmail untuk menarik kembali pesan tersebut. Untuk cara selengkapnya, silahkan Bizzie simak berikut ini:

·         Di halaman Gmail, tekan ikon Setting kemudian ketuk See all setting

·         Pada menu General, cari opsi Undo Send dan ubah durasi pengiriman menjadi 30 detik. Jangan lupa untuk klik Save Changes

·         Sesudah mengatur durasi undo, jika Bizzie hendak membatalkan pesan yang telah terkirim silahkan tekan pilihan Undo yang ada di layar. Biasanya opsi tersebut akan muncul otomatis usai Bizzie mengirim pesan dengan segera sebelum batas waktu 30 detik habis.

Itulah beberapa cara menarik email yang sudah terkirim di outlook untuk Bizzie terapkan sekarang juga. Walaupun bisa ditarik kembali, Bizzie perlu memeriksa ulang pesan yang dikirimkan agar tidak terjadi kesalahan.

Baca Juga