fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Begini Cara Install FTP Server di Virtualbox dengan Mudah

Wiliam

Kemajuan dan perkembangan atas dunia teknologi dari distribusi data sudah semakin cepat. Lantaran, dunia kerja sudah menuntut para karyawannya atau siapapun itu untuk bisa bekerja lebih cepat. Sehingga, diperlukan juga penataan dari perangkat maupun infrastruktur yang mampu menunjang ke segala arah. Terutama arah yang efektif serta efisien.

Dengan ketersediaan dari koneksi internet yang semakin baik. Otomatis, harus terdapat layanan yang bisa mengakomodir pengiriman serta penerimaan data yang telah termanajemen dengan sebaik mungkin. Nah solusinya adalah harus tahu seperti apa cara install FTP server di Virtualbox. 

Cara Install FTP Server di Virtualbox Sesuai Pengertiannya

Sebelum tahu seperti apa cara install FTP server di Virtualbox. Ada baiknya untuk bizzie bisa mengetahui apa yang dimaksud dengan FTP.

Jadi, FTP ini adalah File Transfer Protocol. Yang mana memiliki fungsi untuk bisa mentransfer file maupun data menggunakan jaringan. Nantinya, FTP bisa berjalan pada port 21 dan bekerja di protokol TCP/IP. Nah dalam FTP server, bizzie bisa membuatnya supaya langsung terproteksi dengan menggunakan password. Tujuannya supaya sembarang client dan juga anonymous bisa login serta mengambil aksesnya secara penuh.

Cara Install FTP Server di Virtualbox Sesuai Cara Kerjanya

FTP atau File Transfer Protocol sudah bekerja menggunakan salah satu protokol yang dapat diandalkan dalam masalah komunikasi data. Terutama sekali data bagi pihak client dan server seperti protokol TCP Port 21. Nah nantinya, port 21 ini bisa digunakan dalam mengirimkan command atau perintah.

Maka dari itu, port 21 juga sudah dikenal dengan nama lain sebagai Command Port. Maksudnya adalah, bantuan protokol tentu saja bisa dengan mudah dalam membuat pihak client dan server menjalankan komunikasinya. Terutama sekali disaat pengiriman data sedang dijalankan. 

Sebelum masuk ke dalam cara install FTP server di Virtualbox, ada baiknya melihat beberapa persyaratan untuk bisa menggunakan FTP : 

  1. Pengguna, sudah semestinya melakukan install pada FTP Client. Contoh : install FileZilla.
  2. Pengguna, harus bisa memiliki informasi yang cukup mengenai FTP server, yang nantinya ingin terhubung dengan komputer / PC. Nah, informasi ini telah terdiri atas : alamat FTP Server dengan Username maupun Passwordnya.

8 Langkah Cara Install FTP Server di Virtualbox

FTP menjadi protokol internet yang mana berjalan pada satu lapisan aplikasi. Fungsinya tentu saja agar mampu menukar data di antara pihak client dengan server dalam satu jaringan. Sebelum melakukan pengiriman data, nantinya akan dibuatkan sebuah sesi komunikasi terlebih dahulu oleh FTP dari protokol TCP.

FTP server memiliki peran utama sebagai komputer yang mampu menerima request tukar menukar data dari pihak client. Sedangkan FTP Client, memiliki peran sebagai komputer untuk bisa melakukan request kepada FTP Server dalam menukar data-data. 

Secara default, FTP bisa digunakan melalui kode ASCII untuk melakukan transfer data. Jadi sebenarnya, FTP tidak bisa dikatakan aman untuk melakukan transfer data. Ini semua dikarenakan, FTP akan melakukan transfer data tanpa melalui enkripsi lagi, melainkan dari clear text.

Langkah-langkah dalam melakukan install FTP server di virtualbox. Mulai dari : 

  1. Pertama-tama, bizzie bisa menggunakan remote server melalui terminal dengan SSH. Nantinya, bisa masuk sebagai superuser.
  2. Kedua, bizzie bisa mengetikan kata perintah seperti : ‘ apt-get isntall proftpd ‘.
  3. Ketiga, setelahnya akan muncul pilihan di layar. Seperti : from inetd dan juga standalone. Dari sini, bizzie tinggal pilih mode yang standalone saja dan klik enter.
  4. Keempat, bizzie bisa mulai untuk melakukan konfigurasi ProfFTPD dengan memasukan perintah tulisan ‘ nano /etc/proftpd/proftpd.conf ‘.
  5. Kelima, bizzie bisa langsung scroll ke bagian bawah dan tambahkan saja pada barisan paling akhir : “ <Anonymous /home/kendal/>User aryUserAlias anonymous ary</Anonymous> “
  6. Keenam, bisa tambahkan user baru seperti : ary dengan bantuan perintah “adduser ary “. Contoh : root@ary:~# adduser ary.
  7. Ketujuh, selanjutnya bisa mulai untuk restart konfigurasi dari perintah “ /etc/init.d/proftpd restart “. Contoh : root@ary:~# /etc/init.d/proftpd restart.
  8. Kedelapan, bizzie bisa langsung masuk ke bagian FTP melalui browser. Ketik saja pada kolom url ‘ ftp://ipserver “. Nantinya, bizzie akan diminta memasukan username serta password demi bisa melakukan autentikasi. Nah nantinya, untuk bisa mengelola FTP dari software bisa menggunakan bantuan FileZilla.

Mengenal Sistem Keamanan FTP Server

Satu-satunya metode yang bisa digunakan oleh FTP atau File Transfer Protocol adalah metode autentikasi standar. Dimana autentikasi ini memerlukan penggunaan username dan juga password demi bisa mengakses data-data yang ada pada FTP servernya. Pengguna yang telah terdaftar, pasti memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori maupun filenya. Sehingga, para pengguna pada akhirnya bisa untuk membuat, menyalin, memindahkan atau bahkan menghapus sebagian dari direktorinya.

Mengenai cara kerja, umumnya terlebih dahulu FTP client yang meminta koneksi kepada pihak FTP Server. Nantinya, apabila sudah terhubung dengan FTP Server. Maka FTP Client bisa melakukan berbagai pertukaran data seperti halnya upload maupun download data.

FTP sendiri bisa bekerja dalam dua mode, yakni mode aktif dan mode pasif. Dimana mode tersebut yang nantinya bisa menentukan seperti apa koneksi data yang telah terbentuk. Nah pada kedua mode ( aktif dan pasif ), client nantinya akan langsung membuat sebuah kontrol TCP. Dimana kontrol ini berasal dari N, lalu menuju ke FTP Server Port 21.

Kurang lebih, itulah penjelasan yang bisa bizzie ketahui seputar cara install FTP Server di virtualbox dan lainnya. Semoga apa yang tertulis disini, bisa berguna dan bermanfaat untuk bizzie.

Baca Juga