fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanWebsite

Begini 5 Cara Membuat Website PHP dengan Dreamweaver 

Wiliam

Di era digital sekarang ini, website menjadi salah satu kebutuhan dalam menunjang jalannya kehidupan. Rasanya kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas tanpa adanya website yang kini hampir semua kegiatan serba beralih menjadi online. Dilansir dari WEBAPP, Adobe telah mengeluarkan versi terbaru Adobe Dreamweaver versi 21.0 untuk membantu para developer dalam pembuatan website responsif. Maka tak heran bila saat ini banyak orang yang mencari cara membuat website php dengan dreamweaver.

Adapun Adobe Dreamweaver merupakan aplikasi pengembangan dan desain web dengan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang memiliki fitur-fitur bawaan seperti code introspection, syntax highlighting, code completion, dan lainnya. Adobe Dreamweaver 21.0 memiliki beberapa fitur terbaru seperti seamless live view editing yang memungkinkan pengguna untuk mengedit teks dan gambar secara langsung. Untuk informasi selengkapnya silahkan disimak cara membuat website php dengan dreamweaver berikut, ya!

Cara Membuat Website PHP dengan Dreamweaver 

1. Download dan Instal Adobe Dreamweaver

Sebelum tahu cara membuat website php dengan dreamweaver, Bizzie perlu melakukan instalasi Adobe Dreamweaver di perangkat Bizzie. Adobe Dreamweaver 21.0 merupakan versi terbaru Adobe Dreamweaver yang dapat dipasang langsung melalui https://www.adobe.com/products/dreamweaver.html#.2.Membuat Situs Baru

Setelah memasang Adobe Dreamweaver, cara membuat website php dengan dreamweaver berikutnya, Bizzie bisa langsung membuka menu Site pada Adobe Dreamweaver, kemudian klik New Site pada Dashboard. Langkah selanjutnya Bizzie menamai website sesuai keinginan Bizzie, kemudian simpan. Pastikan nama dan lokasi file tempat Bizzie menyimpan situs Bizzie. Berikutnya, buat folder gambar lalu simpan di dalam folder website yang Bizzie buat. Silakan klik Advanced Settings lalu pilih opsi Local Info dan tekan Save.

2. Membuat Homepage File

Setelah cara membuat website php dengan dreamweaver selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah Bizzie harus membuat Homepage. Caranya dengan langsung membuka menu File, kemudian klik New lalu pilih New Document. Biarkan tipe dokumen berbentuk HTML dan Bizzie beri nama dokumen dengan  ‘index.html’ lalu klik menu Create.

Setelah itu, Bizzie akan mendapati lembar kerja Bizzie berwarna putih dengan beberapa baris kode HTML. Baris kode HTML tersebut merupakan beberapa dasar HTML yang telah dibuat oleh Dreamweaver secara otomatis, sementara lembar kerja berwarna putih ini adalah tampilan situs Bizzie.

3. Membuat Header

Header merupakan bagian paling atas halaman website yang berisi informasi singkat dari suatu website seperti logo, slogan, dan nama. Untuk membuat Header dengan cara membuat website php dengan dreamweaver, Bizzie dapat klik halaman putih atau bagian yang akan Bizzie tambahkan header dengan elemen <body> pada code editor. Selanjutnya klik Insert, maka akan tampil daftar elemen-elemen website yang dapat ditambahkan ke laman Bizzie.

Berikutnya klik pada opsi Header kemudian drag and drop ke laman Bizzie. Ubah header menjadi heading dengan menggunakan tag <H1>…</H1>. Hal ini penting dilakukan dengan tujuan optimalisasi SEO juga agar website Bizzie mudah ditemukan oleh search engine. Bizzie bisa memberi judul yang lebih mendeskripsikan situs Bizzie. Mudah sekali bukan cara membuat website php dengan dreamweaver?

4. Membuat CSS File

cara membuat website php dengan dreamweaver selanjutnya adalah membuat CSS File. CSS (Cascading Style Sheet) merupakan bagian yang umumnya digunakan untuk mengatur tampilan elemen pada HTML, dan berfungsi untuk memisahkan konten dari tampilan visualnya di situs. Untuk Bizzie membuat CSS File, hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah memberi ID pada Header. Lalu, arahkan kursor Bizzie ke bagian kanan bawah dari panel Dreamweaver ini, kemudian pilih panel DOM.

Berikutnya, klik Header dan Bizzie akan melihat header section yang berwarna biru, lalu klik tanda ‘+’. Setelah itu, ketik format #header kemudian tekan Return atau Enter. Pada menu selanjutnya, Bizzie pilih: Create a New CSS File. Pada jendela baru yang tampil, pilih Browse dan lanjutkan dengan mencari folder situs Bizzie. Ketik style.css, dan tekan Save lalu OK.

Dengan CSS File yang sudah dibuat ini, Bizzie akan memperoleh style.css yang baru di atas live view, serta elemen link baru pada code editor. Hal ini memungkinkan Bizzie untuk mengubah teks pada Header meski tanpa mengubah Header secara keseluruhan. Lalu, arahkan pada DOM Editor yang terletak di pojok kanan bawah, dan pilih tag H1 yang sudah Bizzie buat, kemudian pilih CSS Designer. Lanjutkan dengan klik pada Selectors dan secara otomatis akan muncul ‘#header h1’ lalu tekan Enter.

5. Menambahkan Ragam Konten Pada Website

Berikut adalah beberapa langkah-langkah menambahkan dan mengubah style elemen teks pada homepage terkait cara membuat website php dengan dreamweaver. Menambahkan teks pada website php dapat dilakukan dengan klik Insert, lalu pilih Paragraph Bizzie pun juga dapat menambahkan batas antar paragraf. Apabila Bizzie ingin menambahkan poin-poin, Bizzie dapat klik pada opsi Unordered List, selanju klik pada <ul> </u> tag pada code section. Berikutnya pilih List Item section dan Bizzie tempatkan di antara 2 tag.

Menambahkan heading pada bagian atas halaman dan bagian kanan bawah header tersebut bisa dilakukan dengan menemukan section code yang berakhiran </header>, kemudian tekan enter dan klik Create a Space. Setelah itu, pilih Heading dan H2. Bizzie juga bisa menambahkan gambar sendiri. Salah satu keunggulan menggunakan Adobe Dreamweaver dalam membuat website php adalah stok foto yang bisa diperoleh dari CC Libraries.

Bizzie juga dapat menggunakan gambar Bizzie sendiri dengan menguploadnya. Pastikan Bizzie sudah menyimpannya pada folder gambar yang telah Bizzie buat. Tekan Insert dan klik Image. Setelah menemukan gambar-gambar Bizzie lanjutkan klik Open. Pastikan cara membuat website php dengan dreamweaver yang paling mendasar di atas sudah terpenuhi dengan baik.

Demikianlah langkah-langkah atau cara membuat website php dengan dreamweaver. Kunjungi terus situs kami dan Bizzie dapatkan informasi terbaru mengenai pengembangan aplikasi dan website setiap harinya secara lengkap seperti cara membuat website php dengan dreamweaver ini!

Baca Juga