fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Bagaimana Cara Menghidupkan Javascript di Google Chrome dengan Mudah? Cek Selengkapnya

Wiliam

Javascript merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dipakai untuk menjadikan tampilan dari suatu website menjadi lebih dinamis sekaligus interaktif, dengan menampilkan berbagai jenis elemen maupun efek. Javascript juga termasuk bahasa script yang berarti kita tidak membutuhkan compiler untuk menjalankannya cukup dengan interpreter saja. Contoh penggunaan Javascript yakni efek saat Bizzie menggulir ke bawah sebuah situs, popup boxes, dan lain sebagainya.

Dengan adanya Javascript ini, website yang Bizzie kunjungi tentu menjadi lebih menarik. Contoh website keren yang memanfaatkan Javascript adalah Cavalier Challenge dan Boy Coy. Tentu akan sangat disayangkan jika Bizzie melewati tampilan menarik yang dibuat dengan Javascript pada website yang Bizzie kunjungi. Oleh karena itu, Bizzie harus tahu cara menghidupkan Javascript di Google Chrome atau browser lain yang Bizzie gunakan. Bisa jadi, Javascript di browser Bizzie non aktif atau tidak sengaja Bizzie matikan.

Jika hal itu terjadi maka pada sebuah situs mungkin akan memunculkan notifikasi “You have a problem with your Javascript” atau Bizzie tidak bisa menggunakan beberapa fitur dari Javascript yang ada pada situs tersebut. Namun tak perlu khawatir! Bizzie masih dapat menghidupkan kembali Javascript Bizzie. Cara menghidupkan javascript di google chrome sangatlah mudah dan sederhana. Untuk informasi lebih jelasnya, silahkan Bizzie simak penjelasan berikut ini.

Cara Menghidupkan Javascript di Chrome

Bagi Bizzie yang cukup aktif dalam menggunakan perangkat digital ataupun perangkat elektronik untuk berselancar di internet, tentu sudah tidak asing dengan istilah Javascript. Istilah ini biasanya digunakan untuk bahasa pemrograman yang ada dalam sebuah web. Secara lebih lengkap, penjelasan terkait definisi Javascript dipaparkan dalam buku berjudul Menguasai React JS untuk Pemula: Panduan Belajar JavaScript dari Dasar Hingga Membuat Aplikasi Web Modern yang ditulis oleh Rohi Abdulloh (2020: 7).

Nah, agar bisa memaksimalkan fungsi dari Javascript, Bizzie tentu perlu mengetahui bagaimana cara menghidupkan Javascript di Chrome. Untuk melihat iklan Google di situs yang Bizzie kunjungi, Bizzie dapat menghidupkan JavaScript di browser yang Bizzie gunakan, dalam hal ini adalah Google Chrome. Bagi Bizzie yang menggunakan Chrome, berikut ini adalah cara menghidupkan JavaScript di Google Chrome:

  • Buka Chrome di komputer atau laptop Bizzie.
  • Klik “Lainnya” kemudian pilih opsi “Setelan.”
  • Berikutnya, pilih menu “Keamanan” dan “Privasi.”
  • Setelah itu, Bizzie klik “Setelan Situs” dan pilih menu “JavaScript.”
  • Selanjutnya, Bizzie pilih menu “Situs dapat menggunakan JavaScript.”

Cara Menghidupkan JavaScript di Google Chrome pada Windows 10

Bagi Bizzie pengguna Windows 10 yang ingin melakukan cara menghidupkan JavaScript di Chrome, dapat mempraktekkannya dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Buka browser Google Chrome di PC/Laptop Windows 10 milik Bizzie.
  • Klik ikon menu (tiga titik vertikal) yang ada di sudut kanan atas antarmuka/interface browser Bizzie.
  • Pilih “Pengaturan” dari pilihan yang ada – biasanya merupakan opsi ketiga dari bawah.
  • Klik “Lanjutan” – terletak di bagian bawah halaman.
  • Di bawah “Privasi dan Keamanan,” temukan bagian berlabel “Pengaturan Situs” dan kemudian klik di atasnya.
  • Gulir hingga ke bawah halaman sampai Bizzie menemukan bagian “JavaScript” dan kemudian klik di atasnya.
  • Klik saklar untuk mengaktifkan “Diizinkan (disarankan)”. Ini akan berubah menjadi biru saat diaktifkan.
  • JavaScript sekarang telah dihidupkan.

Catatan: apabila ada situs yang tidak Bizzie inginkan untuk menjalankan JavaScript, Bizzie dapat menambahkannya ke daftar “Blokir” browser Bizzie.

Selain cara menghidupkan JavaScript di Google Chrome, bagi Bizzie yang menggunakan browser Mozilla Firefox, tentu bisa juga mengaktifkan javascript seperti cara di atas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka browser Mozilla Firefox.
  • Masukkan about:config di bar alamat URL.
  • Ketik javascript.enable pada kolom pencarian untuk menyaring dan mempercepat daftar yang ada.
  • Klik kanan baris javascript.enable dan pilih “Toggle” untuk mengubah nilainya menjadi “False.” Bizzie juga dapat klik dua kali baris tersebut.

Dengan sudah mengikuti cara menghidupkan Javascript di Google Chrome dan Mozilla Firefox tersebut, kini seharusnya Bizzie dapat menggunakan situs langganan sebagaimana seharusnya dan pesan “You have a problem with your Javascript” yang muncul sebelumnya sudah diperbaiki. Jadi, Bizzie sekarang bisa menggunakan semua fitur yang ditawarkan oleh situs tersebut.

Di samping itu, pastikan juga Bizzie menghapus atau menonaktifkan plugin yang mematikan script berjalan seperti NoScript atau NJS. Plugin jenis ini akan menghentikan berbagai jenis script sehingga kebanyakan pengguna harus mengizinkan situs tersebut secara manual. Terdapat beberapa alasan mengapa plugin ini memang sesekali harus mematikan Javascript atau menggunakan NoScript. Berikut uraiannya:

  • Menghindari berbagai jenis serangan virus yang memanfaatkan Javascript.
  • Menghentikan atau menghilangkan jebakan pop-up klik yang aktif di sebuah website.
  • Menghentikan jenis iklan yang berbahaya dan mengganggu.
  • Menghemat kuota dari adanya iklan berjalan.
  • Mempercepat pemuatan (loading) halaman sebuah website.

Bisa dilihat bahwa dari 5 alasan di atas, menonaktifkan Javascript lebih kepada masalah keamanan karena ada banyak sekali situs yang memanfaatkan Javascript untuk menyerang pengguna internet. Selain itu, ada juga beberapa efek tambahan yang juga menjadi daya tarik seperti kecepatan untuk memuat sebuah halaman dan banyak sekali menampilkan konten dengan Javascript.

Kendati begitu, hal yang yang paling penting tetaplah menjadi pengguna internet yang pintar, jangan sembarangan menjelajahi dan masuk ke sembarang situs, khususnya yang menampilkan banyak sekali iklan. Bila merasa situs tersebut aneh dan berbahaya, sebaiknya Bizzie langsung keluar tanpa memaksa klik link atau tautan yang ada di dalam situs tersebut.

Demikian informasi tentang cara menghidupkan Javascript di Google Chrome. Sekarang Bizzie sudah mengetahui cara menghidupkan Javascript di Google Chrome maupun browser Mozilla Firefox dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam mengunjungi situs yang mencurigakan.

Baca Juga