fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Artikel Sulit dan Tidak Terindex di Google? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Yodik Prastya

Artikel yang tidak muncul di halaman pencarian Google menjadi kasus yang merugikan karena tidak akan mendapatkan trafik. Sedangkan tujuan utama mengunggah artikel diantaranya adalah untuk memperoleh trafik yang baik. Karenanya anda perlu memahami penyebab dan cara mengatasi prmasalahan ini.

Artikel yang akan ditampilkan oleh Google adalah artikel yang sudah masuk dalam Google index atau database Google. Google akan memproses dan menganalisis konten untuk kemudian mengambil informasi yang akan dimasukkan dalam Google index.

Penyebab Artikel Tidak Terindex di Google

Ada daftar penyebab umum yang membuat suatu artikel tidak bisa terindex dalam Goolge. Karena proses indexing Google dipengaruhi oleh metadata dan konten dalam setiap website. Maka berikut tiga penyebab yang umum terjadi:

1. Artikel terdeteksi plagiat

Segala bentuk plagiasi sangat ditentang oleh sistem Google dan imbasnya adalah kualitas konten yang rendah. Google tidak akan mengindex suatu artikel yang memiliki unsur plagiasi.

Maka cara terbaik untuk membuat artikel terindex oleh Google adalah membuat konten yang orisinil dan berkualitas. Dengan demikian, halaman website anda akan memiliki performa yang maksimal dalam search engine.

2. Artikel tidak menggunakan SEO on page

Untuk meningkatkan kualitas konten. SEO on page merupakan salah satu cara yang efektif. Menerapkan cara ini akan membuat calon pembaca mudah memahami artikel yang tersaji dalam website.

Artikel yang ditulis tanpa menggunakan SEO in page akan membuat proses crawling dan indexing terhambat. Dari sinilah anda harus mulai mempertimbangkan penggunaan SEO in page agar artikel mudah terindex oleh Google.

3. Backlink artikel tidak berkualitas

Backlink yang tidak berkualitas juga akan mempengaruhi sistem kerja Google saat melakukan indexing. Backlink dikatakan tidak berkualitas apabila diperoleh dari website dengan otoritas rendah. Bisa juga berupa backlink yang diperoleh dari aktivitas spam.

Pada dasarnya, backlink yang tidak berkualitas sama sekali tidak memberikan manfaat bagi website. Maka sebaiknya meggunakan backlink berkualias agar artikel mudah terindex oleh Google.

Cara Mengatasi Artikel Tidak Terindex di Google

Sebenarnya, cara membuat suatu artikel terindex oleh Google adalah hal yang tidak bisa dikatakan mudah. Terlebih apabila suatu artikel sudah tidak memenuhi syarat seperti sebab yang telah dijelaskan diatas. Namun jangan khawatir karena berikut ada beberapa tips untuk mengatasinya :

1. Mengoptimalkan Google search console

Cara terbaik yang bisa anda terapkan adalah memanfaatkan Google search console dengan maksimal. Cara ini membuat anda bisa melakukan request lewt inspeksi URL. Selain itu anda juga bisa melihat jika terjadi gangguan saat proses crawling dan indexing.

2. Membuat robot.txt

Robot.txt merupakan suatu file yang mana fungsi utamanya adalah menginformasikan pada Google. Informasi yang ditampilkan adalah terkait boleh atau tidaknya suatu wbsite dkikunjungi. Maka anda bisa memanfaatkan file ini untuk memberikan perintah sesuai kebutuhan artikel.

3. Menambahkan sitemap

Sitemap juga merupakan suatu file yang berisi daftar URL secara keseluruhan. Fungsi file ini adalah untuk membuat Google mudah menganalisis struktur suatu situs. Anda bisa mulai membuat sitemap agar artikel terindex oleh Google dengan lebih cepat.

Penutup

Demikian tiga alasan mengapa artikel sulit terindex di Google dan bagaimana mengatasinya. Sebagai pengelola website, anda penting untuk memperhatikan hal ini karena berkaitan dengan seberapa efektif suatu website bekerja. Jika website memiliki performa yang baik, maka artikel yang anda sampaikan juga akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembaca.

Baca Juga