fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Rekomendasi Aplikasi VTuber yang Wajib Kamu Coba

Dhian rama

Dewabiz.com VTuber atau Virtual YouTuber adalah pembuat konten online yang menggunakan avatar digital untuk menampilkan diri mereka di depan audiens. Aplikasi VTuber biasanya menghasilkan konten yang berkaitan dengan pop kultur Jepang, seperti anime, manga, atau game. VTuber juga sering melakukan live streaming, berinteraksi dengan penggemar, berkolaborasi dengan aplikasi VTuber lain, dan bahkan membuat lagu atau komik sendiri.

Oleh karena itu, kami telah merangkum  rekomendasi aplikasi VTuber atau perangkat lunak yang wajib Kamu coba jika Kamu ingin menjadi seorang VTuber. Aplikasi-aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu. Berikut adalah daftar rekomendasi aplikasi VTuber atau perangkat lunak yang kami maksud:

Rekomendasi Aplikasi VTuber yang Wajib Kamu Coba

1. FaceRig

FaceRig adalah salah satu perangkat lunak atau aplikasi VTuber terbaik untuk streaming seperti karakter anime. Aplikasi FaceRig ini merupakan sebuah program yang membuat penggunanya bisa menggunakan karakter digital secara langsung. Pengguna bisa membuat karakter, latar belakang, atau aset mereka sendiri dan menambahkannya ke dalam FaceRig. Dan juga menyediakan beberapa karakter digital gratis yang bisa dipakai oleh pengguna.

Device ini menggunakan teknologi motion capture dan face tracking untuk mengubah gerakan dan ekspresi wajah pengguna menjadi animasi. Dan juga mendukung voice recognition, sehingga suara pengguna dapat disesuaikan dengan karakter yang dipilih. FaceRig dapat digunakan untuk live streaming di berbagai platform, seperti YouTube, Twitch, Facebook, atau Discord. FaceRig juga dapat merekam video dan menyimpannya dalam format MP4.

Kelebihan FaceRig adalah memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan. FaceRig juga memiliki kualitas grafis yang bagus dan stabil. Kekurangan FaceRig adalah membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi untuk menjalankannya. FaceRig juga bersifat berbayar, sehingga pengguna harus membayar sekitar Rp 150 ribu untuk mendapatkan lisensi resmi.

2. PrprLive

PrprLive adalah perangkat lunak VTuber gratis yang bisa mencapai frame rate tinggi, penggunaan multi-ekspresi, serta berbagai macam fitur canggih lainnya yang membuat siaran langsung kamu bakal menghasilkan performa yang lebih baik. Aplikasi PrprLive adalah software yang cocok untuk pengguna yang sudah memiliki avatar Live2D sendiri. Live2D adalah teknologi yang membuat karakter 2D dapat bergerak secara realistis.

Device ini menggunakan teknologi face tracking untuk mengubah ekspresi wajah pengguna menjadi animasi. Dan juga mendukung motion capture, sehingga gerakan tubuh pengguna dapat ditransfer ke avatar digital mereka. PrprLive dapat digunakan untuk live streaming di berbagai platform, seperti YouTube, Twitch, Facebook, atau Discord. PrprLive juga dapat merekam video dan menyimpannya dalam format MP4.

Kelebihan PrprLive adalah gratis dan mudah digunakan. PrprLive juga memiliki kualitas grafis yang baik dan stabil. Kekurangan PrprLive adalah tidak menyediakan karakter digital gratis untuk pengguna. PrprLive juga membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi untuk menjalankannya.

3. VRoid Studio

VRoid Studio adalah aplikasi untuk membuat model 3D dari avatar humanoid. Model yang dibuat menggunakan VRoid Studio bisa digunakan pada berbagai konten VR atau AR sebagai avatar, baik untuk digunakan secara komersial maupun non-komersial. VRoid Studio adalah aplikasi yang cocok untuk pengguna yang ingin membuat avatar VTuber sendiri dengan mudah.

Device ini memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat karakter 3D dengan cara yang intuitif, seperti menggambar rambut, wajah, atau pakaian. Dan juga memiliki fitur untuk menyesuaikan warna, tekstur, atau bentuk dari karakter 3D. VRoid Studio dapat menghasilkan model 3D dalam format VRM, yang merupakan format standar untuk avatar VTuber.

Kelebihan VRoid Studio adalah gratis dan mudah digunakan. VRoid Studio juga memiliki kualitas grafis yang bagus dan realistis. Kekurangan VRoid Studio adalah tidak dapat digunakan untuk live streaming secara langsung. Pengguna harus menggunakan aplikasi atau perangkat lunak lain yang mendukung format VRM untuk live streaming.

4. V-Katsu

V-Katsu adalah perangkat lunak yang membuatmu bisa membuat avatar original dengan sangat mudah. Aplikasi V-Katsu adalah perangkat lunak yang mirip dengan VRoid Studio, tetapi memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih detail. Dan juga memiliki fitur untuk membuat latar belakang, aksesoris, atau efek khusus untuk avatar digital.

Device ini menggunakan teknologi motion capture dan face tracking untuk mengubah gerakan dan ekspresi wajah pengguna menjadi animasi. Dan juga mendukung voice recognition, sehingga suara pengguna dapat disesuaikan dengan karakter yang dipilih. V-Katsu dapat digunakan untuk live streaming di berbagai platform, seperti YouTube, Twitch, Facebook, atau Discord. V-Katsu juga dapat merekam video dan menyimpannya dalam format MP4.

Kelebihan V-Katsu adalah memiliki fitur yang lengkap dan detail. V-Katsu juga memiliki kualitas grafis yang bagus dan realistis. Kekurangan V-Katsu adalah membutuhkan spesifikasi komputer yang sangat tinggi untuk menjalankannya. V-Katsu juga bersifat berbayar, sehingga pengguna harus membayar sekitar Rp 200 ribu untuk mendapatkan lisensi resmi.

5. Luppet

Luppet adalah perangkat lunak VTuber yang dapat digunakan untuk live streaming dengan avatar 3D atau Live2D. Aplikasi Luppet adalah perangkat lunak yang cocok untuk pengguna yang sudah memiliki avatar digital sendiri atau ingin menggunakan avatar digital gratis yang disediakan oleh Luppet. Dan memiliki fitur untuk menyesuaikan pencahayaan, sudut kamera, atau pose dari avatar digital.

Device ini menggunakan teknologi motion capture dan face tracking untuk mengubah gerakan dan ekspresi wajah pengguna menjadi animasi. Dan juga mendukung voice recognition, sehingga suara pengguna dapat disesuaikan dengan karakter yang dipilih. Platform ini dapat digunakan untuk live streaming di berbagai platform, seperti YouTube, Twitch, Facebook, atau Discord. Luppet juga dapat merekam video dan menyimpannya dalam format MP4.

Kelebihan Luppet adalah memiliki fitur yang mudah digunakan dan fleksibel. Luppet juga memiliki kualitas grafis yang baik dan stabil. Kekurangan Luppet adalah membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi untuk menjalankannya. Luppet juga bersifat berbayar, sehingga pengguna harus membayar sekitar Rp 300 ribu untuk mendapatkan lisensi resmi.

6. Wakaru

Wakaru adalah perangkat lunak VTuber gratis yang dapat digunakan untuk live streaming dengan avatar 3D atau Live2D. Aplikasi Wakaru adalah perangkat lunak yang mirip dengan Luppet, tetapi memiliki fitur yang lebih sederhana dan minimalis. Namun, tidak menyediakan avatar digital gratis untuk pengguna, sehingga pengguna harus menggunakan avatar digital mereka sendiri atau mengunduhnya dari internet.

Device ini menggunakan teknologi motion capture dan face tracking untuk mengubah gerakan dan ekspresi wajah pengguna menjadi animasi. Dan juga mendukung voice recognition, sehingga suara pengguna dapat disesuaikan dengan karakter yang dipilih. Wakaru dapat digunakan untuk live streaming di berbagai platform, seperti YouTube, Twitch, Facebook, atau Discord. Wakaru juga dapat merekam video dan menyimpannya dalam format MP4.

Kelebihan Wakaru adalah gratis dan mudah digunakan. Wakaru juga memiliki kualitas grafis yang cukup baik dan stabil. Kekurangan Wakaru adalah tidak memiliki fitur yang banyak dan detail. Wakaru juga membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi untuk menjalankannya.

Itulah rekomendasi aplikasi VTuber atau perangkat lunak yang wajib Kamu coba jika Kamu ingin menjadi seorang VTuber. Semua aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu. Kami harap artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Terima kasih.

Baca Juga