fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Rekomendasi Aplikasi Tanam Saham Terbaik dan Aman untuk Pemula

Dhian rama

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang menawarkan potensi keuntungan yang besar, namun juga memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham, Kamu perlu mempelajari dasar-dasar pasar modal, analisis saham, dan strategi trading. Namun, Kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak aplikasi tanam saham yang dapat membantu Kamu memulai investasi saham dengan mudah, aman, dan terpercaya. Aplikasi tanam saham adalah aplikasi yang memungkinkan Kamu untuk membeli dan menjual saham secara online melalui smartphone Kamu.

Aplikasi tanam saham biasanya juga menyediakan fitur-fitur lain yang berguna untuk investor pemula, seperti edukasi saham, simulasi trading, analisis saham, diskusi dengan sesama investor, dan lain-lain. Dengan menggunakan aplikasi tanam saham, Kamu dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga dalam berinvestasi saham.

Rekomendasi Aplikasi Tanam Saham Terbaik dan Aman untuk Pemula

Namun, tidak semua aplikasi tanam saham memiliki kualitas yang baik dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, Kamu perlu berhati-hati dalam memilih aplikasi tanam saham yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko Kamu.

Untuk membantu Kamu menentukan pilihan, berikut kami rekomendasikan aplikasi tanam saham terbaik dan aman untuk pemula yang sudah terdaftar di OJK.

1.Ajaib

Ajaib adalah aplikasi tanam saham yang menawarkan layanan trading saham dan investasi reksa dana dengan biaya rendah dan mudah digunakan. Ajaib memiliki komitmen untuk memberikan cara berinvestasi aman dan terjangkau yang bisa dilakukan secara online oleh berbagai lapisan masyarakat.

Keunggulan Ajaib adalah Kamu dapat memulai investasi saham dengan modal minimum Rp0. Ya, Kamu tidak salah baca. Ajaib tidak mengharuskan Kamu untuk melakukan setoran awal saat membuka akun. Kamu hanya perlu melakukan deposit saat Kamu akan melakukan transaksi.

Selain itu, Ajaib juga memberikan fasilitas gratis biaya administrasi bulanan dan gratis biaya transaksi beli reksa dana. Hebatnya lagi, Ajaib juga menyediakan fitur robo advisor yang dapat memberikan rekomendasi portofolio investasi yang sesuai dengan profil risiko Kamu.

Ia juga memiliki fitur edukasi saham yang dapat membantu Kamu belajar tentang pasar modal, reksa dana, ETF, obligasi, dan instrumen investasi lainnya. Dan dilengkapi juga dengan komunitas investor yang aktif dan ramah yang dapat Kamu ajak berdiskusi dan bertukar informasi.

Ajaib sudah terdaftar di OJK sebagai perusahaan efek dan manajer investasi. Ajaib juga sudah mendapatkan izin dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai penyedia layanan Single Investor Identification (SID) secara online. Kamu dapat mengunduh aplikasi Ajaib di Google Play Store atau App Store

2.Stockbit

Stockbit adalah aplikasi tanam saham yang menyediakan fasilitas jual beli saham dan analisis saham dalam satu aplikasi mobile. Stockbit bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas sebagai perusahaan efek penyedia layanan trading online.

Keunggulan Stockbit adalah Kamu dapat memantau pergerakan harga saham secara realtime dengan tampilan yang mudah dipahami. Stockbit juga menyediakan fitur analisis saham yang dapat membantu Kamu menentukan strategi trading yang tepat.

Selain itu, Stockbit juga memiliki fitur social trading yang memungkinkan Kamu untuk berdiskusi dengan sesama investor, berkonsultasi dengan ahli saham, serta melihat portofolio dan aktivitas trading orang lain.

Stockbit juga memiliki fitur virtual trading yang dapat membantu Kamu belajar investasi saham dengan simulasi jual beli saham secara online tanpa menggunakan uang sungguhan. Serta memiliki fitur edukasi saham yang dapat membantu Kamu memahami istilah-istilah dan konsep-konsep pasar modal.

Stockbit sudah terdaftar di OJK sebagai perusahaan efek dan anggota Bursa Efek Indonesia (BEI). Dan juga sudah mendapatkan izin dari KSEI sebagai penyedia layanan SID secara online. Kamu dapat mengunduh aplikasi Stockbit di Google Play Store atau App Store.

3.Bibit

Bibit adalah aplikasi tanam saham yang menawarkan layanan investasi reksa dana secara online dengan mudah dan terjangkau. Bibit memiliki misi untuk membuat investasi reksa dana menjadi lebih mudah, murah, dan menyenangkan bagi semua orang.

Keunggulan Bibit adalah Kamu dapat memulai investasi reksa dana dengan modal minimum Rp10 ribu. Ya, Kamu tidak salah baca. Bibit memungkinkan Kamu untuk berinvestasi reksa dana dengan uang sekecil itu. Bibit juga tidak mengenakan biaya transaksi beli dan jual reksa dana.

Selain itu, Bibit juga memiliki fitur robo advisor yang dapat memberikan rekomendasi portofolio reksa dana yang sesuai dengan profil risiko, tujuan, dan jangka waktu investasi Kamu. Aplikasi inijuga menyediakan berbagai pilihan reksa dana mulai dari saham, obligasi, pasar uang, hingga syariah.

Bibit juga memiliki fitur edukasi reksa dana yang dapat membantu Kamu belajar tentang jenis-jenis, manfaat, risiko, dan cara berinvestasi reksa dana. Bibit juga memiliki komunitas investor yang dapat Kamu ajak berdiskusi dan bertukar pengalaman.

AplikasinBibit sudah terdaftar di OJK sebagai penjual reksa dana. Bibit juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 20 manajer investasi terpercaya di Indonesia. Kamu dapat mengunduh aplikasi Bibit di Google Play Store atau App Store.

4.Bareksa

Bareksa adalah aplikasi tanam saham yang menawarkan layanan investasi reksadana dan Surat Berharga Negara (SBN) secara online dengan aman dan nyaman. Bareksa adalah platform investasi online pertama di Indonesia yang mendapatkan izin resmi dari OJK.

Keunggulan Bareksa adalah Kamu dapat memilih lebih dari 150 produk reksadana dan SBN yang tersedia di platform ini. Bareksa juga menyediakan fitur perbandingan produk yang dapat membantu Kamu menentukan produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Selain itu, Bareksa juga memiliki fitur analisis produk yang dapat membantu Kamu mengetahui kinerja, risiko, biaya, dan rating produk investasi yang Kamu pilih. Bareksa juga menyediakan fitur simulasi investasi yang dapat membantu Kamu menghitung potensi keuntungan investasi Kamu.

Serta memiliki fitur edukasi investasi yang dapat membantu Kamu belajar tentang reksadana, SBN, dan instrumen investasi lainnya. Kerennya lagi, Bareksa juga memiliki fitur berita dan artikel yang dapat membantu Kamu mengikuti perkembangan pasar modal.

Bareksa sudah terdaftar di OJK sebagai agen penjual reksadana dan SBN. Bareksa juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 30 manajer investasi terpercaya di Indonesia. Kamu dapat mengunduh aplikasi Bareksa di Google Play Store atau App Store.

5.Motion Trade

Aplikasi yang ke lima ini merupakan aplikasi dari MNC Sekuritas yang memiliki keunggulan berupa kemudahan dalam melakukan akses di berbagai smartphone. Selain itu, terdapat fitur voice command dan juga advanced charting di mana kamu bisa melakukan analisis teknikal secara komprehensif. Untuk melakukan setoran awal kamu hanya perlu membayar 100rb saja.

Manfaat Tanam Saham

Tanam saham adalah salah satu untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli sebagian kepemilikan perusahaan yang terdaftar di bursa efek. Tanam saham memiliki beberapa manfaat, antara lain:

– Potensi keuntungan yang besar. Tanam saham dapat memberikan keuntungan berupa capital gain, yaitu selisih antara harga jual dan harga beli saham. Capital gain dapat mencapai puluhan hingga ratusan persen jika saham yang dibeli mengalami kenaikan harga yang signifikan. Selain itu, tanam saham juga dapat memberikan keuntungan berupa dividen, yaitu pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham.

– Investasi yang fleksibel. Perlu diketahui bahwa kamu bisa melakukan tanam saham dengan berbagai jumlah modal, mulai dari ratusan ribu hingga miliaran rupiah. Serta juga dapat dilakukan dengan berbagai jangka waktu, mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Kamu juga dapat melakukan investasi pada aplikasi yang kamu pilih dengan berbagai strategi, mulai dari trading, spekulasi, hingga investasi jangka panjang.

– Pajak yang rendah. Tanam saham memiliki persentase pajak yang relatif kecil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Pajak atas capital gain saham adalah 0,1% dari nilai transaksi, sedangkan pajak atas dividen saham adalah 10% dari nilai dividen.

– Transparansi dalam investasi. Tanam saham dapat dilakukan dengan mudah dan aman melalui aplikasi online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi online tersebut menyediakan informasi dan analisis mengenai pergerakan harga saham, kinerja perusahaan, kondisi pasar modal, dan lain-lain. Tanam saham juga dapat dilakukan dengan mengikuti rekomendasi dari ahli atau robo advisor yang tersedia di aplikasi online tersebut.

Kelebihan dan kekurangan Tanam Saham

Tanam saham memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Kamu ketahui sebelum memutuskan untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan tanam saham:

Kelebihan tanam saham:

Manfaat berinvestasi saham terkadang diperdebatkan. Pasalnya, ada yang mengatakan bahwa keuntungan dari investasi ini sangat besar. Namun, mereka yang merugi atau belum pernah terjun ke dunia saham akan merasa tidak banyak untung. Jika ya, apa keuntungan berinvestasi saham?

1. Modal kecil, untung besar

Keuntungan pertama adalah keuntungan yang menjanjikan, meski modal awal yang dikeluarkan kecil. Jumlah awal yang harus dikeluarkan untuk membeli saham minimal Rp 100.000. Bahkan ada metode pembayaran yang tersedia saat ini. Selain itu, margin keuntungan yang diperoleh bisa mencapai 100%.

2. Fleksibel

Investasi saham bisa dijadikan bisnis sampingan karena tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Misalnya, Kamu bisa memantau pergerakan transaksi saham melalui smartphone dengan koneksi internet. Dengan cara ini Kamu dapat melakukan pekerjaan utama dengan bebas.

3. Margin keuntungan meningkat secara signifikan

Keuntungan berinvestasi pada saham yang harus ditawarkan untuk dijual adalah peningkatan margin keuntungan yang relatif besar. Semakin tinggi nilai saham yang Kamu investasikan, semakin besar tingkat pengembaliannya. Kamu tidak dapat mewujudkan capital gain. Artinya, perusahaan pemilik saham tersebut akan menghadiahkan uang tunai atau memberikan saham gratis.

4. Pajak atas investasi saham cenderung lebih rendah

Keuntungan berinvestasi saham ini akan berpengaruh pada pendapatan yang Kamu peroleh. Secara umum pajak atas investasi saham lebih rendah yaitu 0,1% dari total return. Misalnya, bandingkan dengan pajak properti yang lebih tinggi.

5. Keamanan dan transparansi

Perdagangan atau jual beli saham dilakukan di bawah naungan bursa, memastikan keamanan dan transparansi. Mengapa ini termasuk keuntungan berinvestasi saham? Investor tidak perlu takut penipuan sampai investasinya hancur. 

Kekurangan tanam saham:

– Risiko yang tinggi. Tanam saham memiliki risiko yang tergolong tinggi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kinerja keuangan, manajemen, produk, dan kompetitor perusahaan. Faktor eksternal meliputi kondisi ekonomi, politik, sosial, hukum, dan lingkungan di dalam dan luar negeri. Risiko tanam saham dapat berupa fluktuasi harga saham, kebangkrutan perusahaan, manipulasi pasar, dan lain-lain.

– Membutuhkan pengetahuan dan pengalaman. Tanam saham membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk dapat memilih saham yang tepat, menentukan waktu beli dan jual yang optimal, serta mengelola portofolio investasi secara efektif. Tanpa pengetahuan dan pengalaman yang memadai, tanam saham dapat menimbulkan kerugian bahkan kehilangan modal.

– Membutuhkan waktu dan perhatian. Tanam saham membutuhkan waktu dan perhatian yang cukup untuk dapat mengikuti perkembangan pasar modal secara rutin. Kamu harus rajin membaca berita, laporan keuangan, analisis saham, serta mengamati grafik harga saham untuk dapat membuat keputusan investasi yang tepat. Jika Kamu tidak memiliki waktu dan perhatian yang cukup untuk tanam saham, Kamu dapat melewatkan peluang atau menghadapi risiko yang tidak terduga.

Cara Tanam Saham

Kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai tanam saham. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Kamu ikuti untuk tanam saham:

1. Pahami dasar-dasar pasar saham

Sebelum memulai investasi di pasar saham, penting untuk memahami dasar-dasar pasar saham, seperti apa itu saham, bagaimana cara kerja pasar saham, apa saja jenis-jenis saham, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham, dan lain-lain. Kamu dapat belajar dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, video, podcast, atau kursus online tentang pasar saham.

2. Tentukan tujuan investasi kamu

Menentukan tujuan investasi merupan hal yang wajib di lakukan sebelum berinvestasi. Apakah tujuan kamu adalah ingin mendapatkan keuntungan dengan waktu yang singkat atau waktu yang cukup panjang? Lalu, apakah Kamu ingin mendapatkan pendapatan pasif atau aktif? Apakah Kamu ingin mengambil risiko tinggi atau rendah? Tujuan investasi Kamu akan menentukan strategi, produk, dan portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko Kamu.

3. Pilih perusahaan sekuritas

Perusahaan sekuritas adalah perantara yang membantu Kamu untuk melakukan transaksi jual beli saham di pasar saham. Kamu perlu memilih perusahaan sekuritas yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan anggota Bursa Efek Indonesia (BEI). Kamu juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti reputasi, layanan, fasilitas, biaya, dan kemudahan dalam memilih perusahaan sekuritas.

4. Buka rekening efek

Rekening efek adalah rekening khusus yang digunakan untuk menyimpan dan bertransaksi saham di pasar saham. Untuk membuka rekening efek, Kamu perlu mengisi formulir pendaftaran, melampirkan dokumen-dokumen seperti KTP, NPWP, buku tabungan, dan lain-lain, serta menyetor saldo awal sesuai dengan ketentuan perusahaan sekuritas.

5. Lakukan analisis saham

Analisis saham adalah proses untuk mengevaluasi kinerja dan prospek suatu perusahaan yang menerbitkan saham. Perlu kamu tahu ada dua jenis analisis saham, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental berfokus pada aspek-aspek keuangan, bisnis, dan industri perusahaan. Analisis teknikal berfokus pada aspek-aspek harga, volume, dan pola grafik saham. Kamu dapat menggunakan berbagai alat dan sumber informasi untuk melakukan analisis saham, seperti laporan keuangan, rasio-rasio keuangan, berita-berita terkini, indikator-indikator teknikal, dan lain-lain.

6. Lakukan diversifikasi investasi

Diversifikasi investasi adalah strategi untuk mengurangi risiko investasi dengan menyebarkan dana investasi ke berbagai produk atau instrumen investasi yang berbeda. Dengan diversifikasi investasi, Kamu dapat mengurangi dampak negatif dari penurunan harga atau kegagalan suatu produk atau instrumen investasi tertentu terhadap portofolio investasi Kamu secara keseluruhan. Kamu dapat melakukan diversifikasi investasi dengan memilih produk atau instrumen investasi yang memiliki karakteristik dan korelasi yang berbeda-beda.

Demikianlah artikel tentang rekomendasi aplikasi tanam saham terbaik dan aman untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu yang ingin memulai investasi saham dengan mudah dan aman. Jika ada pertanyaan, kritik atau saran silahkan tulis di kolom komentar. Selamat berinvestasi dan semoga berhasil. Terima kasih

Baca Juga