fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Rekomendasi Aplikasi SketchUp Android Terbaik 2023

Dhian rama

Aplikasi SketchUp Android – SketchUp adalah salah satu aplikasi desain 3D yang populer dan banyak digunakan oleh para profesional maupun pemula. Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk membuat berbagai macam desain 3D, mulai dari arsitektur, interior, eksterior, hingga produk dan furnitur. SketchUp juga memiliki fitur-fitur canggih yang dapat membantu Kamu mengoptimalkan desain Kamu, seperti rendering, animasi, simulasi, dan lain-lain.

Namun, tidak semua orang memiliki akses ke perangkat PC atau laptop yang dapat menjalankan SketchUp dengan lancar. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari alternatif aplikasi SketchUp Android yang dapat mereka gunakan di smartphone atau tablet mereka. Aplikasi SketchUp Android ini dapat memberikan Kamu kemudahan dan kepraktisan dalam membuat desain 3D di mana saja dan kapan saja.

Tapi, apa saja aplikasi SketchUp Android yang terbaik dan rekomended untuk Kamu coba? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami telah merangkum rekomendasi aplikasi SketchUp Android terbaik 2023 yang dapat Kamu download dan instal di perangkat Android Kamu. Berikut daftar lengkapnya dari Dewabiz:

Rekomendasi Aplikasi SketchUp Android Terbaik 2023

1. SketchUp Viewer

[SketchUp Viewer] adalah aplikasi resmi dari SketchUp yang dapat Kamu gunakan untuk melihat dan mengeksplorasi model 3D yang dibuat dengan SketchUp di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki keunggulan yaitu mampu terintegrasi dengan versi aplikasi yang Kamu gunakan di perangkat PC atau laptop. Berkat SketchUp Viewer, Kamu menjadi lebih mudah untuk melihat hasil SketchUp yang dibuat langsung di smartphone.

Aplikasi ini juga memiliki fitur augmented reality (AR) yang memungkinkan Kamu untuk menggabungkan model 3D Kamu dengan dunia nyata di sekitar Kamu. Fitur ini sangat berguna untuk melihat bagaimana desain Kamu akan terlihat di lokasi nyata. Selain itu, Kamu juga dapat mengukur dimensi, mengontrol visibilitas, mengubah gaya tampilan, dan memindahkan bidang potong pada model 3D Kamu.

SketchUp Viewer adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store¹. Namun, untuk menggunakan fitur AR, Kamu harus berlangganan SketchUp Shop, SketchUp Pro, atau SketchUp Studio. Atau, Kamu juga dapat membeli fitur AR secara terpisah dengan harga $9.99 USD/tahun.

2. Floor Plan Creator

[Floor Plan Creator] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat denah lantai rumah atau bangunan dengan mudah dan cepat di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan Kamu dalam mendesain denah lantai, seperti menambahkan dinding, pintu, jendela, tangga, furnitur, simbol, teks, ukuran, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga mendukung mode 3D yang dapat menampilkan denah lantai Kamu dalam bentuk tiga dimensi. Dengan mode ini, Kamu dapat melihat denah lantai Kamu dari berbagai sudut pandang dan mengubah warna atau tekstur dinding dan lantai. Selain itu, Kamu juga dapat mengekspor denah lantai Kamu dalam format gambar (PNG atau JPEG), PDF, atau DXF.

Floor Plan Creator adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga $6.99 USD sekali bayar. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online, mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

3. Home Design 3D

[Home Design 3D] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat desain rumah impian Kamu dalam bentuk 3D di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang mudah digunakan dan intuitif, seperti menggambar dinding, menyesuaikan tinggi atau ketebalan dinding, menambahkan pintu atau jendela, memilih gaya arsitektur, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga memiliki katalog furnitur dan dekorasi yang lengkap dan bervariasi, yang dapat Kamu gunakan untuk menghias interior atau eksterior rumah Kamu. Kamu dapat memilih dari ribuan item yang tersedia, mulai dari sofa, meja, kursi, lampu, tanaman, hingga kolam renang. Kamu juga dapat mengubah warna, ukuran, atau orientasi furnitur dan dekorasi sesuai dengan keinginan Kamu.

Home Design 3D adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga mulai dari $0.99 USD hingga $11.99 USD. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online, mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

4. Planner 5D

[Planner 5D] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat desain rumah atau interior dalam bentuk 2D atau 3D di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang sederhana dan praktis, seperti menggambar denah lantai, menambahkan dinding, pintu, jendela, tangga, atap, lantai, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga memiliki katalog furnitur dan dekorasi yang luas dan menarik, yang dapat Kamu gunakan untuk menghias ruangan Kamu dengan gaya yang Kamu suka. Kamu dapat memilih dari berbagai kategori yang tersedia, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang kerja, ruang makan, taman, dan lain-lain. Kamu juga dapat mengubah warna, tekstur, atau bahan furnitur dan dekorasi sesuai dengan selera Kamu.

Planner 5D adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga mulai dari $0.99 USD hingga $19.99 USD. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online, mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

5. Room Planner

[Room Planner] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat desain ruangan dalam bentuk 2D atau 3D di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang mudah digunakan dan fleksibel, seperti menggambar denah lantai, menambahkan dinding, pintu, jendela, tangga, lantai, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga memiliki katalog furnitur dan dekorasi yang berkualitas dan realistis,

yang dapat Kamu gunakan untuk menghias ruangan Kamu dengan gaya yang modern dan elegan.

Kamu dapat memilih dari berbagai merek terkenal yang bekerja sama dengan aplikasi ini, seperti IKEA, Target, Ashley, West Elm, dan lain-lain. Kamu juga dapat mengubah warna, ukuran, atau rotasi furnitur dan dekorasi sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Room Planner adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga mulai dari $4.99 USD hingga $99.99 USD. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online, mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

6. Shapr3D

[Shapr3D] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat desain 3D profesional di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang canggih dan powerful, seperti menggambar sketsa, membuat bentuk padat, menambahkan detail, mengubah ukuran, memotong, menggabungkan, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga mendukung penggunaan stylus atau pena digital yang dapat meningkatkan akurasi dan kenyamanan Kamu dalam mendesain. Kamu juga dapat menggunakan fitur AR untuk melihat desain Kamu dalam skala nyata di lingkungan sekitar Kamu. Selain itu, Kamu juga dapat mengekspor desain Kamu dalam format STL, OBJ, STEP, IGES, atau SHAPR.

Shapr3D adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga mulai dari $19 USD/bulan hingga $299 USD/tahun. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online, mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

7. Sketch 3D

[Sketch 3D] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat sketsa 3D dengan mudah dan menyenangkan di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang simpel dan interaktif, seperti menggambar garis, kurva, lingkaran, poligon, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga memiliki fitur animasi yang dapat membuat sketsa 3D Kamu bergerak dan hidup. Kamu dapat menambahkan gerakan pada sketsa 3D Kamu dengan menggunakan tombol play, pause, stop, rewind, fast forward, dan lain-lain. Kamu juga dapat merekam animasi Kamu dalam format video (MP4) atau GIF.

Sketch 3D adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga $2.99 USD sekali bayar. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online, mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

8. uMake

[uMake] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat desain 3D kreatif di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang inovatif dan intuitif, seperti menggambar sketsa 2D, mengubah sketsa 2D menjadi 3D, menambahkan warna, bayangan, refleksi, dan lain-lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur AR yang dapat memungkinkan Kamu untuk melihat desain 3D Kamu dalam skala nyata di lingkungan sekitar Kamu. Kamu juga dapat mengekspor desain Kamu dalam format OBJ, IGES, STL, SVG, atau PDF.

uMake adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga mulai dari $9.99 USD/bulan hingga $99.99 USD/tahun. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online, mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

9. 3DC.io

[3DC.io] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat desain 3D sederhana dan menyenangkan di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang mudah digunakan dan menyenangkan, seperti membuat bentuk dasar, mengubah warna, tekstur, atau transparansi, menambahkan stiker, teks, atau gambar, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga memiliki fitur VR yang dapat memungkinkan Kamu untuk melihat desain 3D Kamu dalam mode virtual reality dengan menggunakan kacamata VR. Kamu juga dapat mengekspor desain Kamu dalam format STL atau OBJ untuk dicetak dengan printer 3D atau dibagikan dengan orang lain.

3DC.io adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga mulai dari $0.99 USD hingga $4.99 USD. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online, mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

10. Onshape

[Onshape] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat desain 3D profesional dan kolaboratif di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang canggih dan modern, seperti membuat sketsa 2D, membuat bentuk padat atau permukaan, menambahkan fitur parametrik, mengubah ukuran atau orientasi, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga mendukung kerja sama tim yang dapat memungkinkan Kamu untuk berbagi dan mengedit desain 3D bersama orang lain secara real-time. Kamu juga dapat melihat riwayat perubahan, memberikan komentar atau umpan balik, dan mengontrol hak akses pada proyek Kamu. Selain itu, Kamu juga dapat mengekspor desain Kamu dalam format STL, STEP, IGES, Parasolid, or DXF.

Onshape adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga mulai dari $125 USD/bulan hingga $200 USD/bulan. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, Seperti menyimpan proyek secara online, Mengimpor atau mengekspor proyek, Menghapus iklan, Dan lain-lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur integrasi dengan aplikasi lain yang dapat memungkinkan Kamu untuk menggunakan alat atau layanan tambahan, seperti simulasi, rendering, analisis, atau manufaktur.

11. AutoCAD

[AutoCAD] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat desain 2D atau 3D profesional dan akurat di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang lengkap dan handal, seperti menggambar garis, poligon, lingkaran, busur, spline, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga mendukung penggunaan file DWG yang dapat memungkinkan Kamu untuk membuka, mengedit, atau menyimpan proyek yang dibuat dengan AutoCAD di perangkat PC atau laptop. Kamu juga dapat berbagi atau berkolaborasi dengan orang lain melalui cloud atau email. Selain itu, Kamu juga dapat mengekspor proyek Kamu dalam format PDF atau DWF.

AutoCAD adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga mulai dari $4.99 USD/bulan hingga $49.99 USD/tahun. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online. Mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

12. SketchBook

[SketchBook] adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu membuat sketsa 2D atau 3D artistik dan ekspresif di perangkat Android Kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang kaya dan profesional, seperti menggunakan berbagai jenis kuas, pensil, spidol, atau alat gambar lainnya. Menggunakan lapisan yang dapat diatur transparansi atau modusnya, menggunakan alat seleksi atau transformasi, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga memiliki fitur prediktif stroke yang dapat memungkinkan Kamu untuk membuat garis atau kurva yang halus dan rapi. Kamu juga dapat menggunakan fitur simetri yang dapat memungkinkan Kamu untuk membuat gambar yang simetris secara horizontal, vertikal, atau radial. Selain itu, Kamu juga dapat mengekspor sketsa Kamu dalam format PNG, JPG, BMP, TIFF, or PSD.

SketchBook adalah aplikasi gratis yang dapat Kamu download dari Google Play Store. Namun, aplikasi ini juga memiliki versi berbayar yang dapat Kamu beli dengan harga $29.99 USD/tahun. Dengan versi berbayar, Kamu dapat menikmati fitur-fitur tambahan, seperti menyimpan proyek secara online, mengimpor atau mengekspor proyek, menghapus iklan, dan lain-lain.

Itulah rekomendasi aplikasi SketchUp Android terbaik 2023 yang dapat Kamu coba untuk membuat desain 3D dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Kamu dalam menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Kamu. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai.

Baca Juga