fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Bosan dengan Tik Tok Berikut Alternatif  Aplikasi Sejenis TikTok

Dhian rama

Dewabiz Aplikasi Sejenis TikTok sekarang bermunculan di karenakan Popularitas TikTok meningkat dari hari ke hari. Sebagian besar merek memikirkan bagaimana TikTok membentuk peristiwa, budaya, dan percakapan yang relevan.  Seperti yang kita ketahui bersama, TikTok merupakan platform media sosial dengan video sebagai media utamanya.

TikTok diluncurkan pada tahun 2018 dan sejak itu telah digunakan secara luas di lebih dari 150 negara. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat video pendek yang diputar berulang kali. Pengguna dapat menambahkan filter, efek, musik, dan teks untuk membumbui video.

Di TikTok terdapat fitur tantangan yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam trending topik dan kontes. Namun Platform media sosial yang menawarkan video pendek seperti TikTok banyak diminati.

Rekomendasi Aplikasi Sejenis TikTok

Hampir semua pengguna jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook mengunduh ulang video TikTok yang viral. Hasilnya, Kamu dapat dengan mudah menemukan konten TikTok bahkan tanpa menggunakan aplikasi. Jika Kamu bosan dengan konten TikTok dan ingin menjelajahi aplikasi serupa, berikut kami menyarankan alternatif TikTok terbaik yang dapat Kamu gunakan.

1. Triller

Aplikasi Sejenis TikTok  pertama yaitu Triller yang bisa menggatikan tiktok. Aplikasi ini dapat mengeksplorasi kreativitas Kamu untuk membuat video profesional yang dapat dibagikan kepada orang lain. Ini memiliki banyak fitur yang sudah disediakan seperti membuat video musik, mengikuti tren, menggunakan filter, emoji, gambar, berkolaborasi dengan teman atau pengguna lain.

Triller juga memungkinkan Kamu mengakses trek yang sedang tren seperti aplikasi lainnya. Platform video sosial ini sangat populer di kalangan selebriti seperti Justin Bieber, Rita Ora, Kevin Hart dan lainnya.

Jadi bisa dipastikan banyak selebritis penggemar yang menggunakan aplikasi Triller. Berkat beberapa fitur tambahannya, aplikasi ini bisa menjadi alternatif lain bagi Kamu yang tidak menggunakan aplikasi TikTok.

2. Dubsmash

Aplikasi Sejenis TikTok  selanjutnya bernama Dubsmash adalah platform media sosial untuk berbagi video. Banyak koleksi meme musik dan audio yang sedang tren di aplikasi ini. Aplikasi ini akan selalu menambahkan lebih banyak musik menarik untuk dicoba oleh pengguna.

Meskipun Dubsmash tidak memiliki banyak efek dan filter seperti TikTok, aplikasi ini tetap memungkinkan Kamu menggunakan efek dan filter yang sederhana dan andal untuk mempercantik video Kamu.

Video di Dubsmash juga sedikit lebih baik dan tajam dibandingkan video di TikTok. Aplikasi ini terhung dengan jejaring sosial lain seperti Snapchat,Isntagram, dan Whatsapp itu kamu bisa mudah berbagi video.

3. Funimate

Funimate bisa menjadi alternatif pengganti Tiktok. Aplikasinya agak mirip TikTok, hampir tidak bisa dibedakan. Beberapa efek dan filter terus ditambahkan ke aplikasi ini untuk membantu proses pengeditan.

Sesuai dengan kebutuhan sebagian besar pengguna, Kamu dapat memotong video, menghapus beberapa klip, menambahkan gambar, dan menambahkan efek menarik untuk membuat video lebih menarik.

Jika Kamu baru pertama kali mengetahui cara menggunakan aplikasi ini, jangan khawatir karena Funimate menyediakan tutorial untuk membantu Kamu meningkatkan keterampilan membuat video. Seperti TikTok, aplikasi ini dapat menemukan video menarik yang direkomendasikan.

4.MuStar

Aplikasi Sejenis TikTok  selanjutnya yaitu Mustar, dengan ini dapat membuat video untuk kompetisi sinkronisasi bibir menggunakan aplikasi MuStar. Kontes yang dimaksud menggandeng pengguna lain agar masyarakat bisa menilainya. Pengguna bisa langsung menggunakan koleksi lagu yang disediakan MuStar. Fitur yang dimiliki aplikasi ini sendiri hampir sama dengan Tiktok.

Aplikasi ini direkomendasikan karena menawarkan lebih banyak koleksi lagu populer untuk Kamu pilih. Aplikasi Sejins Tiktok ini tersedia tutorial banyak tersedia di Mustar untuk Mendapatkan kamu membaut video mengikuti trend terkini.

MuStar memiliki antarmuka yang cukup intuitif, memungkinkan Kamu menelusuri video dengan nyaman. Bagi Kamu yang mencari alternatif TikTok, MuStar patut dicoba.

5. Lomotif

Aplikasi Sejenis TikTok  yang bisa digunakan adalah Lomotif. Di aplikasi ini Kamu dapat memotong klip, merekam video dan juga mendapatkan koleksi musik yang cukup banyak. Apalagi aplikasi ini selalu menambahkan musik baru setiap hari yang membuat video semakin menarik. Fitur lain dari aplikasi Lomotif adalah stiker animasi, kumpulan filter dan efek yang dapat digunakan untuk mempercantik video yang sudah dibuat. 

Aplikasi Sejenis TikTok Lomotif ini bisa kamu download di playstrore secara gratis lho, nah tunggu apalagi yuk kita coba Aplikasi Lomotif ini, siapa tau bisa menghilang kejenuhan kamu dengan aplikasi tik tok.

6. Byte

Aplikasi ini seharusnya baru di dunia aplikasi mirip TikTok. Byte diciptakan oleh Dom Hofmann, yang juga mengembangkan Vine. Aplikasi video ini hanya bisa digunakan untuk merekam video berdurasi 6 detik, berbeda dengan Tiktok yang berdurasi 15-60 detik.

Byte juga tidak memiliki kemampuan untuk me-remix musik, filter augmented reality, atau transisi seperti di Tiktok. Bytes mungkin bukan alternatif Tiktok yang kaya fitur saat ini. Namun aplikasi ini memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan aplikasi sejenis dengan kualitas gambar yang lebih tajam.

7. Instagram Reels

Aplikasi Sejenis TikTok  selanjutnya yaitu aplikasi Instagram yang telah memiliki fitur baru seperti TikTok. Saat ini Instagram Reels sedang diuji di Brasil, Jerman, dan Prancis. Instagram Reels adalah platform yang paling mirip dengan Tiktok dalam hal jangkauan pengguna. Memang video di TikTok kerap diunggah ulang melalui Instagram.

Fitur mirip Tiktok kini tersedia di Instagram Reels. Keunggulannya dibandingkan aplikasi lain adalah Kamu tidak perlu mendownload aplikasinya lagi karena sebagian besar orang sudah memiliki akun Instagram.

Berdurasi 15 detik, Kamu dapat menggunakan efek, musik, dan filter yang disediakan oleh Instagram. Video yang dibuat di Instagram Stories juga dapat dipublikasikan melalui Instastory.

8. Kembang Api

Kembang api dapat digunakan sebagai aplikasi terbaik untuk video pendek. Banyak video yang mencakup perjalanan, kecantikan, resep, kebugaran, komedi, dan topik lainnya tersedia secara luas. Seperti TikTok, aplikasi ini menawarkan penyesuaian penuh untuk menonton jenis video menarik berdasarkan minat Kamu.

Menariknya, Kamu bisa membuat koleksi semua video yang Kamu suka dan membagikannya kepada orang lain.

9.Mitron

Aplikasi ini khusus untuk Android. Mitron dinilai sangat cocok untuk pengguna TikTok yang tidak bisa meningkatkan popularitasnya karena harus bersaing dengan selebriti atau pembuat konten lainnya. Untuk ini,

Kamu dapat membuat akun di Mitron dan mendapatkan akses ke basis pengguna tanpa kewalahan oleh pembuat terkenal. Aplikasi ini dikemas dengan fitur dan merupakan platform hebat untuk membangun kembali audiens.

10. YouTube Short

Aplikasi Sejenis TikTok  selanjutnya YouTube Short, Aplikasi  ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga pengguna. Seperti aplikasi lainnya, YouTube Short memungkinkan Kamu membuat video pendek dengan musik berkat akses ke perpustakaan lagu YouTube.

Fitur ini pertama kali tersedia di YouTube untuk Android dan akan diluncurkan ke iOS. Sejauh ini opsi yang bisa digunakan pada fitur tersebut adalah perekaman video dengan musik, pengatur kecepatan, dan hitung mundur.

11. Tangi

Bukan, Tangi di sini bukan bahasa Jawa yang artinya bangun. Namun aplikasi mirip TikTok ini bernama Tangi dan merupakan singkatan dari Teach and Give. Aplikasi besutan Google ini memiliki format video vertikal yang sejalan dengan tren smartphone saat ini dan mampu merekam video dengan durasi terbatas satu menit.  

Tak hanya itu, ada juga fitur utama bernama Try It yang bertujuan untuk mendorong pengguna memposting gambar karyanya agar bisa berinteraksi dengan pengguna lain. Sayangnya, aplikasi Google Tangi ini hanya untuk pengguna iOS dan hanya bisa diunduh dari AppStore.  Bagi pengguna Android sepertinya masih harus bersabar. 

12. Laso Facebook

Berhentilah mengembangkan jejaring sosial yang terkesan ingin menghibur dengan segala jenis jejaring sosial. Facebook Lasso dikembangkan untuk mengunduh konten video mirip TikTok, sehingga tak heran disebut sebagai aplikasi mirip TikTok. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS namun belum dapat digunakan di Indonesia.

Facebook sendiri menyatakan masih mengembangkan aplikasinya dengan mengundang para kreator untuk membuat kontennya di Lasso. Jika tersedia di Indonesia, Kamu bisa masuk atau login dengan akun Facebook atau Instagram Kamu. Apakah Kamu tertarik atau bosan dengan Facebook?

13. Vine

Aplikasi mirip TikTok berikutnya bernama Byte. Aplikasi ini dikembangkan oleh salah satu mantan pengembang Vine, yang sebelumnya merupakan aplikasi video mirip TikTok. Namun sayang, Vine ditutup oleh Twitter.

Berbeda dengan Tangi, aplikasi Byte tersedia di smartphone Android dan iOS. Apalagi Kamu juga bisa mengaksesnya melalui desktop. Perbedaan lainnya adalah durasi video yang diunggah Byte, hanya 6 detik! Wah, apa yang didapat dalam 5 detik?

Jika penasaran, Kamu bisa langsung mendownload aplikasinya untuk melihat betapa kreatifnya pengguna Byte dalam memanfaatkan video berdurasi 6 detik tersebut. Aplikasi ini sangat populer di Amerika lho.  

Setelah kamu mengetahui berbagai macam Aplikasi Sejenis TikTok selanjutnya kamu harus tahu beberapa  Informasi tambahan yang masih membahas dengan Tema umum yang yaitu Tik Tok, simak penjelasan dibawah ini

Informasi Tambahan

Perbedaan Aplikasi TikTok dan TikTok Lite

Dengan hadirnya TikTok Lite akan menambah variasi aplikasi platform ini. Seperti namanya, TikTok Lite memberikan akses yang lebih mudah ke aplikasi. Tapi ngomong-ngomong, apa bedanya TikTok dan TikTok Lite? Berikut penjelasan detailnya.

1. Pertama. Penyimpanan Dan Penggunaan Baterai

Perbedaan paling menonjol antara TikTok dan TikTok Lite terletak pada kapasitas penyimpanan dan penggunaan baterai. Biasanya, versi aplikasi apa pun yang diperkecil akan memiliki ukuran file yang lebih kecil dan beberapa fungsi akan dikurangi.

Peluncuran versi aplikasi yang disederhanakan ditujukan untuk orang-orang yang masih menggunakan jaringan data 3G atau 2G yang lebih lambat. TikTok memerlukan setidaknya 182 MB ruang penyimpanan untuk menginstal.

Tentu saja, penggunaan akan dipenuhi dengan data aplikasi dan cache, tergantung penggunaan Kamu. Ukuran TikTok Lite ini lebih kecil yaitu 30MB, jika ditambah data aplikasi dan cache maka space pemakaiannya hanya beberapa ratus MB saja, jumlahnya tidak akan dalam satuan gigabyte seperti pada aplikasi Tik Tok.

Oleh karena itu, versi lite akan cocok jika Kamu memiliki ponsel dengan memori internal terbatas. Dari segi penggunaan baterai, karena kedua versi mendukung pemutaran video, konsumsi baterainya hampir sama.

2. Antarmuka Dan Waktu Pemuatan

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite berikutnya adalah antarmuka dan waktu pemuatan. Sekilas tampilan antarmuka kedua aplikasi ini terlihat mirip.

Di kedua versi platform, Kamu dapat mengakses video melalui tombol beranda. Selain itu, ada empat opsi lainnya: pencarian, unduh, notifikasi, dan profil. Di TikTok Lite, Kamu masih dapat menelusuri video dengan menggeser ke atas dan mengakses unduhan dengan menggeser ke kiri. Sayangnya, saat menelusuri video, pemuatannya memerlukan waktu cukup lama.

Perbedaan kecil lainnya adalah logonya. Tiktok memiliki ikon lingkaran dengan latar belakang hitam, sedangkan versi singkatnya menampilkan ikon persegi dengan latar belakang putih.

3. Opsi Pengunduhan

Secara umum, versi aplikasi yang disederhanakan sering kali menyederhanakan tampilan dan nuansa aplikasi dengan hanya menyediakan fungsi dasar. Bahkan di TikTok Lite ada fitur yang hilang. Inilah perbedaan TikTok dengan TikTok Lite yang akan datang. Aplikasi TikTok menawarkan rangkaian suara, efek visual, dan transisi yang mengesankan.

Jika Kamu menyukai video tertentu, Kamu dapat membuat versi Kamu sendiri dengan mengetuk “Album Foto” lalu mengetuk “Simpan”. TikTok Lite memungkinkan Kamu melihat siapa yang membuat ulang lagu atau video tertentu. Namun bila ingin menabung, tidak ada pilihan seperti itu.

4. Konfigurasi dan Pengaturan

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite selanjutnya adalah pada profil dan pengaturannya. Dengan TikTok, Kamu dapat mengatur TikCode Kamu sendiri. TikCode berfungsi mirip dengan tag nama di platform Instagram.

TikCode menghilangkan proses manual untuk memasukkan dan menemukan pengguna. Sebagai gantinya, Kamu cukup memindai kode dan mengikutinya. Selain TikCode, ada beberapa opsi privasi untuk memilih siapa yang dapat mengunduh dan menonton video Kamu.

Hal ini untuk mencegah orang lain mengambil keuntungan yang tidak adil dari video publik Kamu. Di TikTok, Kamu dapat mengatur pengaturan lain, seperti Daftar Blokir, Kesejahteraan Digital, LivePhoto, Dompet, dan lainnya. Sayangnya, sebagian besar pengaturan ini dihapus di TikTok Lite. 

Sekarang setelah Kamu mengetahui perbedaan TikTok dan TikTok Lite, mari kita lihat keunggulan masing-masing versi. Berikut manfaat menggunakan TikTok.

1. Ikuti Tren Terkini

TikTok banyak digunakan oleh Gen Z yang fasih dalam penggunaan hashtag, tantangan, dan tren. Jika Kamu dapat mengikuti perubahan tren, Kamu akan memulai dengan baik dalam menentukan strategi pemasaran Kamu.

2. Meningkatkan Keterlibatan Audiens

Aplikasi ini menyediakan cara sederhana untuk berinteraksi dengan pelanggan. Keterlibatan dapat dicapai dengan menciptakan tantangan baru, fitur duo, atau menanggapi komentar dengan masukan video.

3. Mengembangkan Kesadaran Merek

TikTok adalah platform hebat untuk menampilkan kepribadian merek bisnis Kamu. Kamu dapat menampilkan merek Kamu secara kreatif sambil menjelajahi aplikasi. Bekerja dengan influencer juga dapat meningkatkan posisi pasar Kamu dengan audiens yang lebih muda.

4. Mempromosikan produk atau jasa

Platform ini menawarkan TikTok for Business untuk membawa gairah merek Kamu ke tingkat berikutnya. Pertimbangkan pengambilalihan merek melalui alat Bisnis.

5. Dapatkan Wawasan Konten Dan Kinerja Pelanggan

Jika Kamu memiliki akun bisnis, Kamu dapat menggunakan fitur analitik di TikTok. Ini dapat membantu Kamu menjangkau lebih banyak orang dan mengembangkan akun Kamu secara eksponensial.

Demikianlah ulasan  tentang Aplikasi Sejenis TikTok, dengan ulasan diatas kami sebagai penulis ingin berbagi kepada kamu yang bosan dengan aplikasi tik tok, namun masih mirip, semoga ulasan diatas bisa membantu dalam kebosanan kamu. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga