fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Aplikasi Piano – Seberapa Efektif Belajar Piano? Intip 3 Kelebihan dan 3 Kekurangannya di sini

Dhian rama

Dewabiz.com Belajar piano menggunakan aplikasi piano bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan bermain piano, terutama bagi pemula. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar belajar piano dengan aplikasi piano bisa memberikan hasil yang optimal.

Bagi kamu yang ingin tahu kira-kira seberapa efektif belajar piano melalui aplikasi tersebut, beserta tips untuk belajar, berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

Kelebihan Belajar Piano dengan Aplikasi Piano

Belajar piano dengan aplikasi piano memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Fleksibel

aplikasi piano

Kamu bisa belajar piano kapan saja dan di mana saja dengan aplikasi piano, asalkan kamu memiliki perangkat digital yang mendukung, seperti smartphone, tablet, laptop, atau keyboard MIDI. Kamu tidak perlu terikat dengan jadwal atau tempat les piano yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

2.  Praktis

Kemudian, kamu bisa belajar piano dengan mudah dan cepat, karena aplikasi piano biasanya menyediakan berbagai fitur yang membantu proses belajar, seperti tutorial, feedback, lagu-lagu populer, notasi musik, chord, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengatur tingkat kesulitan dan kecepatan sesuai dengan kemampuanmu.

3. Menyenangkan

Lalu, kamu bisa belajar piano dengan cara yang menyenangkan, karena aplikasi piano biasanya memiliki tampilan yang menarik, suara yang berkualitas, dan variasi lagu yang banyak. Kamu juga bisa bermain piano bersama teman-temanmu secara online atau berkompetisi dengan pengguna lainnya untuk meningkatkan motivasimu.

Kekurangan Belajar Piano dengan Aplikasi Piano

Belajar piano dengan aplikasi piano juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Kurangnya bimbingan

Kamu mungkin tidak mendapatkan bimbingan yang cukup dari aplikasi piano, karena aplikasi piano tidak bisa menggantikan peran guru piano yang profesional. Dan Kamu mungkin tidak bisa mendapatkan koreksi, saran, atau masukan yang tepat jika kamu melakukan kesalahan atau mengalami kesulitan dalam bermain piano.

2. Keterbatasan fitur

Lalu, kamu mungkin tidak bisa memanfaatkan semua fitur yang ada di aplikasi piano, karena fitur-fitur tersebut mungkin membutuhkan koneksi internet yang stabil, perangkat digital yang canggih, atau biaya langganan yang mahal. Kamu juga mungkin tidak bisa menyesuaikan fitur-fitur tersebut dengan kebutuhanmu yang spesifik.

3. Kemungkinan kebosanan

Terakhir, Kamu mungkin merasa bosan jika kamu hanya belajar piano dengan aplikasi piano, karena aplikasi piano mungkin tidak bisa memberikan variasi, tantangan, atau pengalaman yang cukup untuk mengembangkan kreativitas dan ekspresimu dalam bermain piano.

Tips Belajar Piano dengan Aplikasi Piano

Agar belajar piano dengan aplikasi piano bisa memberikan hasil yang maksimal, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1. Pilih aplikasi piano yang sesuai dengan tujuan dan preferensimu

Pertama, Kamu bisa memilih aplikasi piano yang memiliki fitur, genre, dan tingkat kesulitan yang sesuai dengan tujuan dan preferensimu dalam belajar piano. Kamu bisa mencoba beberapa aplikasi piano yang berbeda untuk menemukan yang paling cocok untukmu.

2. Gunakan perangkat digital yang mendukung

Lalu, kamu bisa menggunakan perangkat digital yang mendukung untuk belajar piano dengan aplikasi piano, seperti smartphone, tablet, laptop, atau keyboard MIDI. Kamu bisa memastikan bahwa perangkat digital yang kamu gunakan memiliki kualitas suara, tampilan, dan koneksi yang baik.

Dan Kamu juga bisa menempatkan perangkat digital yang kamu gunakan di posisi yang nyaman dan mudah dilihat saat bermain piano.

3. Gabungkan dengan metode belajar lainnya

Dan Kamu bisa menggabungkan belajar piano dengan aplikasi piano dengan metode belajar lainnya, seperti membaca buku, menonton video, mendengarkan musik, atau mengikuti les piano.

Kamu bisa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang lebih luas dan mendalam jika kamu belajar piano dengan berbagai sumber dan cara. Kemudian, Kamu juga bisa mendapatkan bimbingan, inspirasi, atau motivasi dari guru, teman, atau idola yang bermain piano.

Rekomendasi Aplikasi Piano Terbaik untuk Belajar

Jika Kamu ingin belajar bermain piano, Kamu tidak perlu memiliki piano asli. Kamu bisa menggunakan aplikasi piano yang tersedia untuk perangkat Android, iPhone, PC, atau laptop. Aplikasi piano ini bisa membantu Kamu mempelajari dasar-dasar piano, seperti not, kunci, skala, dan ritme.

Beberapa aplikasi ini juga menyediakan lagu-lagu populer yang bisa Kamu ikuti dan mainkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasinya yang terbaik untuk belajar:

1. Simply Piano

Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar piano secara otodidak. Simply Piano menyediakan pilihan lagu yang banyak dan variatif, mulai dari lagu pop, rock, klasik, hingga jazz. Kamu juga bisa belajar materi dasar piano, seperti baca partitur, main dengan 10 jari, dan teknik-teknik lainnya.

Dan aplikasi ini membutuhkan piano akustik, keyboard, atau MIDI yang terhubung dengan perangkat Kamu. Simply Piano sudah mendapatkan banyak penghargaan, seperti World Summit Awards, EMI’s Innovation Challenge, dan Best Tablet Games.

2. Flowkey

Flowkey merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk belajar, yang menawarkan kursus piano yang disesuaikan dengan level Kamu, baik pemula, menengah, atau mahir. Kamu bisa memilih genre musik yang Kamu sukai, seperti pop, film, klasik, atau R&B.

Dan Kamu juga bisa belajar teori musik, seperti not, interval, akor, dan skala. Flowkey bisa digunakan dengan piano akustik, keyboard, atau MIDI yang terhubung dengan perangkat Kamu. Selain itu, Flowkey juga memiliki fitur yang bisa mendeteksi kesalahan Kamu saat bermain dan memberikan umpan balik.

3. Perfect Piano

Aplikasi ini adalah aplikasi yang multifungsi. Kamu bisa memilih mode piano, keyboard, gitar, drum, atau bass. Dalam aplikasi ini kamu juga bisa memilih suara piano yang berbeda-beda, seperti grand piano, bright piano, atau electric piano.

Kamu bisa belajar bermain piano dengan mengikuti lagu-lagu yang tersedia, atau membuat lagu Kamu sendiri dengan fitur rekam. Dan Kamu juga bisa bermain piano bersama dengan teman-teman Kamu secara online dengan fitur multiplayer. Perfect Piano juga memiliki fitur yang bisa menyesuaikan ukuran kunci piano sesuai dengan ukuran layar Kamu.

4. Piano Booster

Piano Booster adalah aplikasi yang bisa membantu Kamu meningkatkan kemampuan bermain piano Kamu. Aplikasi ini bisa membimbing Kamu untuk memainkan not-not yang benar dengan cara menampilkan partitur musik pada layar.

Kamu bisa memilih tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan Kamu. Kamu juga bisa memilih tempo yang Kamu inginkan. Dan Aplikasi ini membutuhkan keyboard atau MIDI yang terhubung dengan perangkat Kamu. Lalu, Aplikasi ini juga mendukung berbagai format file musik, seperti MIDI, MusicXML, atau Karaoke.

5. Piano Maestro

Terakhir, Aplikasi ini adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk iPhone dan iPad. Aplikasi ini bisa membantu Kamu belajar piano dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Kamu bisa memilih lagu-lagu yang Kamu sukai, dari lagu anak-anak, pop, klasik, hingga film.

Kamu juga bisa belajar teknik-teknik piano, seperti sight-reading, ritme, dan bermain dengan dua tangan. Lalu, aplikasi ini bisa digunakan dengan piano akustik, keyboard, atau MIDI yang terhubung dengan perangkat Kamu. Dan aplikasi ini juga memiliki fitur yang bisa melacak kemajuan Kamu dan memberikan lencana sebagai penghargaan.

Itulah penjelasan tentang aplikasi piano. Bagaimana menurutmu, efektif atau tidak untuk belajar melalui aplikasi? Ada yang sudah memiliki pengalaman?

Baca Juga