fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

10 Rekomendasi Aplikasi Permainan Anak yang Mendidik dan Menyenangkan

Dhian rama

Dewabiz.com – Anak-anak adalah masa depan bangsa. Mereka memiliki potensi yang besar untuk berkembang dan belajar hal-hal baru. Namun, di era digital seperti sekarang ini, anak-anak juga rentan terpapar oleh pengaruh negatif dari gadget dan internet. Oleh karena itu, orang tua perlu memilihkan aplikasi permainan anak yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik dan mengasah kreativitas anak-anak.

Aplikasi permainan anak adalah jenis aplikasi yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan tujuan memberikan hiburan sekaligus edukasi. Platform ini memiliki grafis yang menarik, suara yang lucu, dan gameplay yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Aplikasi permainan anak juga dapat membantu anak-anak mengembangkan berbagai keterampilan, seperti logika, imajinasi, konsentrasi, koordinasi mata-tangan, dan lain-lain.

10 Rekomendasi Aplikasi Permainan Anak

Namun, tidak semua aplikasi permainan anak yang tersedia di Google Play Store atau App Store memiliki kualitas yang baik. Beberapa aplikasi permainan anak mungkin mengandung iklan yang mengganggu, konten yang tidak sesuai, atau bahkan virus yang berbahaya. Oleh karena itu, orang tua perlu selektif dalam memilih aplikasi permainan anak yang aman dan bermanfaat untuk buah hati mereka.

Untuk membantu Kamu menemukan aplikasi permainan anak yang terbaik, kami telah merangkum 10 rekomendasi aplikasi permainan anak yang mendidik dan menyenangkan berikut ini. Aplikasi permainan anak ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store atau App Store dan cocok untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Baby Phone

Baby Phone adalah aplikasi permainan anak yang cocok untuk bayi atau balita yang baru belajar mengenal suara dan gambar. Aplikasi ini menampilkan papan tombol layaknya ponsel yang berisi gambar binatang kartun.

Jika tombol ditekan, akan menimbulkan lagu-lagu dalam bahasa Inggris yang disertai animasi gambar-gambar yang menarik. Aplikasi ini dapat membantu anak-anak belajar mengenal nama-nama binatang, warna-warna, angka-angka, dan huruf-huruf sambil bernyanyi bersama.

2. Paket Belajar Lengkap TK dan PAUD

Paket Belajar Lengkap TK dan PAUD adalah aplikasi permainan anak yang terdiri dari modul belajar membaca, berhitung, menulis, mengaji, menggambar, mewarnai, bahasa Inggris, serta game mendidik dan lagu anak-anak lainnya. Aplikasi ini sangat tepat untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas yang sedang duduk di TK atau PAUD. Aplikasi ini dapat membantu anak-anak mengembangkan kecerdasan mereka dari usia dini dengan cara yang menyenangkan.

3. Learn The Animals

Learn The Animals adalah aplikasi permainan anak yang memberikan pembelajaran seputar hewan-hewan yang ada di berbagai belahan bumi, dari yang sering dijumpai hingga hewan langka yang pantas untuk dipelajari. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak usia 3 sampai 8 tahun.

Anak-anak akan belajar mengenali hewan dari warnanya, suaranya, bentuknya, dan menyusun kata dari nama-nama hewan tersebut. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan puzzle dan quiz untuk menguji pengetahuan anak-anak tentang hewan.

4. Belajar Hijaiyah + Suara

Belajar Hijaiyah + Suara adalah aplikasi permainan anak yang mengajarkan anak-anak cara membaca dan menulis huruf hijaiyah dengan mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas yang ingin belajar mengaji sejak dini.

Selain itu, Aplikasi ini menampilkan huruf hijaiyah beserta suaranya, cara menulisnya, dan contoh-contoh kata yang menggunakan huruf tersebut. Aplikasi ini juga memiliki fitur game yang menantang anak-anak untuk mengingat huruf hijaiyah dengan cepat.

5. Bubbu – Peliharaan Virtualku

Bubbu – Peliharaan Virtualku adalah aplikasi permainan anak yang mengajak anak-anak untuk merawat seekor kucing lucu bernama Bubbu. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak usia 4 tahun ke atas yang suka dengan binatang peliharaan. Anak-anak dapat memberi makan, mandi, bermain, dan tidur bersama Bubbu.

Anak-anak juga dapat mengajak Bubbu berpetualang ke berbagai tempat, seperti pantai, taman, gunung, dan lain-lain. Aplikasi ini dapat membantu anak-anak belajar tanggung jawab dan kasih sayang terhadap binatang.

6. Spongebob Moves In

Spongebob Moves In adalah aplikasi permainan anak yang berdasarkan serial kartun Spongebob Squarepants yang populer di televisi. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak usia 5 tahun ke atas yang suka dengan karakter-karakter lucu dari Bikini Bottom.

Anak-anak dapat membangun kota bawah laut mereka sendiri dengan bantuan Spongebob dan teman-temannya. Anak-anak juga dapat menyelesaikan berbagai misi, mengumpulkan resep makanan, dan berinteraksi dengan warga Bikini Bottom.

7. Rube’s Lab – Physics Puzzle

Rube’s Lab – Physics Puzzle adalah aplikasi permainan anak yang menguji logika dan kreativitas anak-anak dalam menyelesaikan teka-teki fisika. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas yang suka dengan tantangan dan eksperimen.

Anak-anak harus membantu Rube, seorang ilmuwan gila, untuk menyelamatkan labnya dari serangan Dr. Evil. Anak-anak harus memanfaatkan berbagai benda, seperti magnet, balon, roket, dan lain-lain, untuk menciptakan reaksi berantai yang dapat memecahkan masalah.

8. Lego DC Mighty Micros

Lego DC Mighty Micros adalah aplikasi permainan anak yang menggabungkan Lego dan DC Comics dalam sebuah game balapan yang seru dan kocak. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak usia 7 tahun ke atas yang suka dengan superhero dan supervillain dari DC Comics.

Anak-anak dapat memilih karakter favorit mereka, seperti Batman, Superman, Wonder Woman, Joker, Harley Quinn, dan lain-lain, untuk bertarung di jalanan kota dengan mobil-mobil Lego yang unik. Anak-anak juga dapat mengumpulkan koin, bintang, dan power-up untuk meningkatkan kemampuan karakter mereka.

9. Brain Out – Can you pass it?

Brain Out – Can you pass it? adalah aplikasi permainan anak yang menantang otak anak-anak dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak biasa dan membutuhkan pemikiran di luar kotak. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak usia 8 tahun ke atas yang suka dengan teka-teki dan humor.

Anak-anak harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat mudah tetapi sebenarnya penuh dengan jebakan dan trik. Anak-anak harus menggunakan imajinasi, intuisi, dan pengetahuan umum mereka untuk menyelesaikan setiap level.

10. Duolingo: Belajar Bahasa Gratis

Duolingo: Belajar Bahasa Gratis adalah aplikasi permainan anak yang membantu anak-anak belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak usia 9 tahun ke atas yang ingin memperluas wawasan mereka dengan menguasai bahasa lain.

Platform ini menawarkan berbagai pilihan bahasa, seperti Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, dan lain-lain. Anak-anak dapat belajar bahasa dengan cara yang menyenangkan, seperti bermain game, menonton video, mendengarkan podcast, dan membaca cerita. Aplikasi ini juga dapat melacak kemajuan belajar anak-anak dan memberikan sertifikat jika mereka berhasil menyelesaikan kursus.

Itulah 10 rekomendasi aplikasi permainan anak yang mendidik dan menyenangkan yang dapat Kamu coba untuk buah hati Kamu. Aplikasi permainan anak ini dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengisi waktu luang anak-anak dengan kegiatan yang bermanfaat dan menghibur. Semoga artikel ini dapat membantu Kamu menemukan aplikasi permainan anak yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak-anak Kamu. Selamat mencoba!

Baca Juga