fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Rekomendasi Aplikasi Kitab Kuning dan Cara Belajar yang Mudah

Dhian rama

Bagi umat islam, apalagi yang santri, pastinya tidak akan asing lagi dengan istilah kitab kuning. Ya, kita yang sering dijadikan rujukan untuk memecahkan berbagai permasalah tentang agama ini, juga sudah dijadikan pedoman sehari-hari setelah Al-Qur’an dan Sunnah. Kamu mungkin berfikir jika kitab kuning hanya lembaran kertas dengan tulisan arab tanpa harkat. Tapi, apakah kamu juga pernah berfikir tentang aplikasi kitab kuning?

Jika kamu berfikir bahwa kitab kuning tidak bisa dijadikan aplikasi, maka hal itu ada kesalah besar. Karena seiring berkembangnya teknologi, kitab kuning juga masuk dunia digitalisasai. Dan pada artikel kali ini, kita akan memberikan kamu penjelasan tentang apa itu aplikasi kitab kuning. Namun sebelum itu, perhatikan pengertian kitab kuning di bawah ini.

Pengertian Kitab Kuning

Kitab kuning adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kitab-kitab klasik yang berisi ilmu-ilmu agama Islam, seperti tafsir, hadits, fiqh, tasawuf, dan lain-lain. Kitab-kitab ini ditulis dalam bahasa Arab dan dicetak di atas kertas berwarna kuning atau gundul (tanpa harakat). Kitab kuning merupakan sumber utama pembelajaran di pondok pesantren, khususnya yang menganut tradisi salaf.

Kitab kuning berasal dari naskah-naskah ulama pasca Khulafaa al-Rasyidin yang ditulis tanpa harakat. Hal ini karena harakat hanya diperlukan bagi orang-orang non Arab atau untuk menyeragamkan bacaan Al-Qur’an.

Orang-orang yang menguasai tata bahasa Arab dapat membaca naskah tanpa harakat dengan mudah. Oleh karena itu, untuk mempelajari kitab kuning, diperlukan kemahiran dalam ilmu nahwu dan shorof.

Kitab kuning memiliki ciri-ciri khusus, antara lain:

  1. Menggunakan bahasa Arab fusha (bahasa Arab baku) yang tinggi dan sulit.
  2. Menggunakan istilah-istilah teknis yang khas dan bervariasi sesuai bidang ilmu.
  3. Menggunakan metode penulisan yang ringkas, padat, dan berirama.
  4. Menggunakan sistem rujukan yang kompleks dan berlapis-lapis.
  5. Menggunakan simbol-simbol khusus untuk menunjukkan hal-hal tertentu.

Kitab kuning dapat dibagi menjadi beberapa jenis sesuai bidang ilmu yang dibahas, antara lain:

  1. Kitab tafsir: kitab yang menjelaskan makna dan penafsiran Al-Qur’an, seperti Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir, dan lain-lain.
  2. Kitab hadits: kitab yang mengumpulkan dan mengkaji hadits-hadits Nabi Muhammad SAW, seperti Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, dan lain-lain.
  3. Kitab fiqh: kitab yang membahas hukum-hukum syariat Islam, seperti Fathul Qorib, Al-Muhadzdzab, Bidayatul Mujtahid, dan lain-lain.
  4. Kitab tasawuf: kitab yang membahas ilmu batin dan akhlak Islam, seperti Ihya Ulumuddin, Al-Hikam, Futuhul Ghaib, dan lain-lain.
  5. Kitab nahwu dan shorof: kitab yang membahas tata bahasa Arab, seperti Al-Jurumiyah, Alfiyah Ibnu Malik, Amtsilatu Tashrifiyah, dan lain-lain.

Demikianlah pengertian tentang kitab kuning beserta sejarah, ciri-ciri, dan jenis-jenisnya. Selanjutnya, kita akan memberikan kamu ulasan tentan keuntungan belajar kitab kuning.

Keuntungan Belajar Kitab Kuning                         

Belajar kitab kuning memiliki banyak keuntungan, baik dari segi ilmu, bahasa, maupun akhlak. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang keuntungan belajar kitab kuning:

1. Keuntungan dari Segi Ilmu

Kitab kuning adalah kitab-kitab klasik yang berisi ilmu-ilmu agama Islam, seperti tafsir, hadits, fiqh, tasawuf, dan lain-lain. Kitab-kitab ini membahas setiap pokok ajaran Islam secara sangat komprehensif dan sistematis.

Dengan belajar kitab kuning, kita dapat memahami sumber-sumber utama Islam, yaitu Al-Quran dan As-Sunnah, dari sumbernya yang asli beserta penjelasan para ulama ahli tafsir dan ahli hadits.

Kita juga dapat mengenal berbagai pendapat dan mazhab dalam Islam, serta hikmah dan faedah yang terkandung di dalamnya. Belajar kitab kuning juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sintetis kita dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam.

2. Keuntungan dari Segi Bahasa

Kitab kuning ditulis dalam bahasa Arab fusha (bahasa Arab baku) yang tinggi dan sulit. Bahasa Arab fusha adalah bahasa yang digunakan dalam Al-Quran, As-Sunnah, dan karya-karya sastra Arab. Dengan belajar kitab kuning, kita dapat menguasai bahasa Arab fusha dengan baik dan benar.

Kita juga dapat mempelajari ilmu-ilmu bahasa Arab, seperti nahwu (gramatikal), shorof (morfologi), bayan (penjelasan), balaghah (retorika), mantiq (logika), arudh (prosodi), dan lain-lain. Bahasa Arab fusha adalah bahasa yang kaya, indah, dan mulia. Dengan menguasai bahasa Arab fusha, kita dapat menikmati keindahan Al-Quran dan As-Sunnah, serta karya-karya sastra Arab lainnya.

3. Keuntungan dari Segi Akhlak

Kemudian, kitab kuning tidak hanya membahas ilmu-ilmu teoritis, tetapi juga ilmu-ilmu praktis yang berkaitan dengan akhlak dan batin. Kitab-kitab tasawuf, misalnya, membahas tentang cara-cara menyucikan jiwa, mendekatkan diri kepada Allah, mengendalikan hawa nafsu, meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW, dan lain-lain.

Selain itu, kitab-kitab fiqh juga membahas tentang hukum-hukum syariat yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia, dan alam. Dengan belajar kitab kuning, kita dapat meningkatkan kualitas akhlak dan batin kita sesuai dengan tuntunan Islam. Kita juga dapat meneladani para ulama yang menulis kitab-kitab tersebut, yang memiliki akhlak yang mulia, ilmu yang luas, dan ketakwaan yang tinggi.

Rekomendasi Aplikasi Kitab Kuning Terbaik        

Ada banyak aplikasi kitab kuning yang tersedia di internet, baik untuk perangkat Android maupun iOS. Berikut adalah beberapa aplikasi kitab kuning terbaik yang dapat Kamu coba:

1. Shamela Books Library

Aplikasi ini adalah versi mobile dari perpustakaan digital Maktabah Syamilah, yang merupakan salah satu sumber kitab kuning terlengkap dan terpercaya, yang menyediakan lebih dari 10 ribu kitab dalam berbagai bidang keilmuan, seperti tafsir, hadits, fiqh, ushul, nahwu, shorof, balaghah, dan lain-lain.

Kemudian, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian, bookmark, zoom, copy-paste, dan lain-lain. Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh di Google Play Store atau App Store.

2. Kitab Kuning Arab dan Artinya

 Kedua, ada aplikasi kitab kuning dan artinya, yang menyajikan kitab-kitab kuning dalam bahasa Arab beserta terjemahan dan penjelasannya dalam bahasa Indonesia. Jadi, Aplikasi ini cocok bagi Kamu yang ingin memahami makna dan pesan dari kitab-kitab kuning secara mudah dan praktis.

Dalam aplikasi ini berisi kitab-kitab populer seperti Al-Hikam, Alfiyah Ibnu Malik, Fathul Qorib, Riyadhus Sholihin, Safinatun Najah, Ta’lim Muta’alim, dan lain-lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur zoom, bookmark, dan share. Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh di Google Play Store.

3. Kitab Kuning Lengkap

Ketiga, ada aplikasi kitab kuning digital terlengkap yang disajikan dalam bahasa Arab, terjemahan Indonesia, beserta penjelasannya, serta berisi kumpulan kitab kuning yang biasa dikaji dan dipelajari di berbagai pondok pesantren (madrasah).

Dalam Aplikasi ini memiliki koleksi puluhan kitab kuning seperti Al-Jurumiyah, Bulughul Maram, Futuhul Ghaib, Tafsir Jalalain, Uqudulujain, dan lain-lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur zoom halaman, block-copy-paste, dan font Arab khusus. Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh di App Store.

4. Kitab Kuning Arab dan Terjemah

Kemudian, ada aplikasi kitab kuning arab dan terjemah dengan menawarkan kitab-kitab kuning dalam bahasa Arab dan terjemahan Indonesia, serta penjelasan singkat tentang isi dan pengarangnya. Aplikasi ini berisi kitab-kitab seperti Ihya Ulumuddin, Minhajul Abidin, Al-Adzkar, Al-Muhadzdzab, dan lain-lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur bookmark, zoom, dan share.

5. Kitab Kuning Pesantren

Kitab kuning pesantren menyediakan kitab-kitab kuning yang sering dipelajari di pondok pesantren, seperti Nahwu Shorof, Fiqih, Tasawuf, Akhlak, Tauhid, dan lain-lain. Aplikasi ini juga menyertakan terjemahan dan penjelasan dalam bahasa Indonesia. Aplikasi ini memiliki fitur pencarian, bookmark, zoom, dan copy-paste.

6. Kitab Kuning Digital

Terakhir, ada aplikasi kitab kuning digital yang sangat lengkap dan mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki koleksi lebih dari 500 kitab dalam berbagai bidang keilmuan Islam, seperti Tafsir, Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, Nahwu Shorof, Balaghah, Mantiq, Tasawuf, Tarikh, dan lain-lain. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian kata atau frase dalam kitab, bookmark, zoom, copy-paste, dan share.

Selanjutnya, ada beberapa kitab kuning yang cocok untuk dipeajari oleh anak muda. Kira-kira apa saja? perhatikan ulasannya di bawah ini:

Rekomendasi Kitab Kuning yang Mudah Dipelajari

Kitab kuning biasanya diajarkan di pondok pesantren, tetapi juga bisa dipelajari secara mandiri oleh siapa saja yang ingin mendalami agama Islam. Ada banyak kitab kuning yang tersedia, tetapi tidak semua kitab kuning mudah untuk dipelajari, terutama bagi pemula. Berikut adalah beberapa rekomendasi kitab kuning yang mudah untuk dipelajari:

1. Ala La Tanalul Ilma

Pertama, ada kitab Ala La Tanalul Ilma ini menjelaskan tentang fadhilah dan adab dalam menuntut ilmu. Penjelasannya ini berisi syair nadhom yang diambil dari beberapa hadis, perkataan ulama, dan para nabi. Kitab ini cocok untuk membangkitkan semangat dan motivasi dalam belajar ilmu agama.

2. Al-Mawaidzul Ushfuriyah

Kedua, kitab Al Mawaidzul Ushfuriyah yang merupakan kitab yang mengulas tentang 40 hadis yang sudah dikumpulkan secara khusus berdasarkan bab-bab yang berurutan. Kitab ini juga dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan singkat dan kisah-kisah inspiratif yang bisa memberikan pelajaran dan hikmah.

3. Hidayatul Mustafid

Kemudian, ada kitab Hidayatul Mustafid yang mempelajari ilmu tajwid, yaitu ilmu tentang kaidah dan cara membaca Al-Quran dengan sebaik-baiknya. Kitab ini membahas tentang hukum-hukum nun mati, tanwin, dan mim mati serta pembagiannya.

4. Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah

Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah merupakan kitab yang mempelajari tentang keutamaan bacaan Al-Quran, shalat Jumat, shalat tarawih, penetapan bulan Ramadhan, dan lain-lain. Kitab ini juga berisi dalil-dalil dari Al-Quran dan hadis yang mendukung ajaran Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

5. Minhatul Mughits

Minhatul Mughits menjelaskan dasar-dasar dalam ilmu hadis Dariyah atau Ilmu Musthalah Hadis. Kitab ini membahas tentang definisi hadis, macam-macam hadis, syarat-syarat hadis sahih, cara mengetahui hadis dhaif, dan lain-lain.

6. Amtsilah Tashrifiyah

Amtsilah Tashrifiyah merupakan kitab dasar dalam belajar ilmu shorof, yaitu ilmu tentang perubahan bentuk kata dalam bahasa Arab. Kitab ini berisi materi-materi seperti isim, fiil, harf, i’rab, bina’, wazan, dan lain-lain.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Belajar Kitab Kuning

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan saat belajar kitab kuning:

– Memperhatikan konteks dan latar belakang kitab kuning yang Kamu pelajari.

Setiap kitab kuning memiliki konteks dan latar belakang yang berbeda-beda, tergantung pada siapa penulisnya, kapan ditulis, untuk siapa ditujukan, dan apa tujuannya. Kamu harus memperhatikan hal-hal ini agar dapat memahami maksud dan tujuan dari kitab kuning tersebut. Kamu juga dapat mencari informasi tentang biografi penulis, sejarah penulisan, dan ulasan-ulasan tentang kitab kuning tersebut dari sumber-sumber yang terpercaya.

– Membandingkan dan mengkaji berbagai pendapat dan penafsiran yang ada dalam kitab kuning.

 Kitab kuning tidak selalu memiliki satu makna atau pendapat yang pasti. Terkadang, ada perbedaan atau perselisihan antara ulama-ulama dalam memahami atau menafsirkan ayat, hadis, atau masalah keislaman tertentu.

Kamu harus bersikap kritis dan objektif dalam membandingkan dan mengkaji berbagai pendapat dan penafsiran yang ada dalam kitab kuning. Kamu juga harus menghormati perbedaan dan tidak mudah menghakimi atau menyalahkan orang lain yang berbeda dengan Kamu.

– Mencari hikmah dan faedah dari kitab kuning yang Kamu pelajari.

Kitab kuning bukan hanya sekedar teks yang harus dibaca dan dihafal saja. Kitab kuning juga mengandung hikmah dan faedah yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan Kamu. Kamu harus mencari hikmah dan faedah dari kitab kuning yang Kamu pelajari, baik secara lahir maupun batin. Kamu juga harus berusaha untuk mengamalkan hikmah dan faedah tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Belajar Kitab Kuning dengan Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kitab kuning adalah sebutan untuk kitab-kitab klasik yang ditulis oleh ulama-ulama Islam dalam bahasa Arab. Kitab-kitab ini berisi berbagai ilmu keislaman, seperti tafsir, hadis, fikih, akidah, tasawuf, dan lain-lain. Kitab kuning menjadi sumber rujukan utama bagi para santri dan pengajar di pesantren.

Belajar kitab kuning memang membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan keikhlasan. Namun, ada beberapa tips dan langkah yang dapat memudahkan Kamu dalam membaca dan memahami kitab kuning, antara lain:

1. Meluruskan Niat

Meluruskan niat dan mengumpulkan semangat, ketekunan, serta antusiasme untuk membaca dan memahami. Niatkan belajar kitab kuning sebagai ibadah dan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Mengatur Waktu

Mengatur waktu untuk digunakan dalam membaca pelajaran dan mengulang-ulang materi yang telah diberikan. Usahakan untuk membaca kitab kuning setiap hari secara rutin dan konsisten. Jika perlu, buatlah jadwal belajar yang teratur dan disiplin.

3. Memiliki Pengetahuan Dasar Seperti Kitab Kuning

Memiliki pengetahuan dasar ilmu nahwu, ilmu shorof, dan cara mencari kosa kata baru di kamus Arab-Indonesia. Ilmu nahwu dan shorof adalah ilmu tata bahasa Arab yang sangat penting untuk mengetahui struktur kalimat dan i’rab dalam kitab kuning. Kamus Arab-Indonesia adalah alat bantu yang berguna untuk mencari arti kata-kata yang tidak Kamu ketahui.

4. Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab

Menghafal kosa kata bahasa Arab sebanyak mungkin. Kosa kata adalah unsur utama dalam bahasa Arab. Semakin banyak Kamu menghafal kosa kata, semakin mudah Kamu memahami makna kalimat dalam kitab kuning. Kamu dapat menggunakan kartu flash, aplikasi, atau metode lain yang sesuai dengan gaya belajar Kamu.

5. Memilih kitab kuning yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat Kamu

Memilih kitab kuning yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat Kamu. Ada banyak sekali kitab kuning yang tersedia, mulai dari yang mudah hingga yang sulit, dari yang ringkas hingga yang tebal, dari yang umum hingga yang khusus. Pilihlah kitab kuning yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat Kamu, agar Kamu tidak merasa bosan atau kebingungan saat belajar.

6. Mencari guru atau teman yang dapat membimbing

Mencari guru atau teman yang dapat membimbing dan mendampingi Kamu dalam belajar kitab kuning. Guru atau teman yang lebih berpengalaman dapat memberikan penjelasan, koreksi, saran, dan motivasi kepada Kamu saat belajar kitab kuning. Kamu juga dapat bertanya, berdiskusi, dan berbagi ilmu dengan mereka.

7. Menerapkan ilmu yang telah dipelajari

Menerapkan ilmu yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Belajar kitab kuning tidak cukup hanya dengan membaca dan menghafal saja. Kamu juga harus menerapkan ilmu yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam ibadah maupun muamalah. Dengan demikian, Kamu akan merasakan manfaat dan keberkahan dari belajar kitab kuning.

Itulah beberapa penjelasan tentang aplikasi kitab kuning beserta cara belajarnya. Apakah kamu tertarik untuk mempelajari kitab kuning?

Baca Juga