fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

10 Aplikasi FTP Server di Windows 10 (Terbaik 2022)

Yanti puspita

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang aplikasi FTP Server terbaik yang bisa Anda gunakan. Sebelum membahas tentang aplikasi FTP clien terbaik, Saat ini, aplikasi FileZilla Server hanya tersedia di sistem operasi Windows. Kami akan mengajak Anda untuk membahas apa itu FTP server. FTP server adalah singkatan dari File Transfer Protocol.

Sedangkan FTP adalah protokol internet yang bisa berjalan pada satu lapisan aplikasi yang bertindak sebagai media pertukaran data antara server dan klien di jaringan. FTP dapat dikonfigurasi agar layanan dapat digunakan oleh semua orang. Dengan begitu, semua orang dapat mengakses data secara bersamaan.

Lalu bagaimana dengan tingkat keamanannya? FTP memiliki tingkat keamanan yang terjamin dan hanya klien terdaftar yang memiliki izin untuk mengaksesnya. Mari kita simak ulasannya dibawah ini!

10 Aplikasi FTP Server di Windows 10

Server FTP biasanya digunakan untuk pekerja dari jarak jauh untuk mengunggah atau mengunduh file dari server. Ini juga digunakan oleh administrator jaringan dan sistem untuk mencadangkan konfigurasi jaringan dan menjalankan pembaruan.

Berikut adalah 10 aplikasi FTP Server yang dapat Anda gunakan di Windows 10 secara gratis dan aman. Langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

1. FileZilla Server

FileZilla Server adalah aplikasi saudara dari FileZilla Client. Aplikasi FileZilla Server adalah aplikasi yang didukung oleh proyek yang sama dan mendukung FTP melalui fitur SSL/TLS. Pada saat ini, aplikasi FileZilla Server hanya tersedia di sistem operasi Windows.

Aplikasi FileZilla Server gratis dan merupakan Server FTP open source. Kode sumber FileZilla Server ada di SourceForge.net. Beberapa fitur dalam aplikasi ini adalah:

  • Kompresi dengan DEFLATE (MODE Z)
  • Enkripsi dengan SSL/TLS (untuk FTPS)
  • Izin pengguna pada sistem file
  • Alat konfigurasi GUI
  • Batas kecepatan
  • Microsoft IIS

2. Microsoft IIS

Microsoft IIS atau biasa disebut IIS ditambahkan pada Januari 2010 oleh PierreG dan pada Mei 2019 aplikasi ini mengalami pembaruan. Layanan Informasi Internet atau disingkat IIS untuk server Windows adalah cara yang aman, fleksibel, dan mudah untuk mengonfigurasi server web untuk menghosting apa pun di web. Dari media streaming hingga hosting aplikasi web, Microsoft IIS hingga tugas.

3. Server Syncplify.me!

Server Syncplify.me! adalah aplikasi FTP, FTPS, dan SFTP gratis yang bekerja pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini di buat oleh Syncplify, Inc. Anda tidak perlu khawatir dengan aplikasi ini karena di jamin aman, kuat, dan sangat mudah di siapkan.

Beberapa fitur utama dari aplikasi ini adalah dukungan untuk FTP biasa, FTPS eksplisit (TLS), FTPS implisit (SSL / TLS), dan protokol transfer file SFTP, shell aman dasar (SSH-2) dan dukungan untuk file sebesar. (> 4GB). Aplikasi ini gratis, termasuk pembaruan dan peningkatan seumur hidup, hanya untuk penggunaan pribadi.

4. ProFTPD

ProFTPD adalah aplikasi yang berkinerja tinggi, aman, dan mudah di konfigurasi, dan yang paling penting, Anda memiliki konfigurasi mirip Apache dengan kinerja yang luar biasa. Aplikasi ProFTPD bukan aplikasi peretasan berbasis server lain tetapi sekarang di hentikan dari bawah ke atas.

Banyak situs terkenal dan lalu lintas tinggi menggunakan aplikasi ProFTPD. Aplikasi ini tidak hanya bisa berjalan di Windows, tapi juga bisa berjalan di MacOS, Linux, dll.

5. Titan FTP Server

Titan FTP Server adalah aplikasi SFTP berfitur lengkap. Dengan pengaturan konfigurasi yang mendetail, administrasi yang mudah, dan logging yang mendetail, aplikasi Titan FTP Server menawarkan kontrol penuh kepada administrator.

Aplikasi ini juga mendukung otomatisasi transfer, mencegat peretas dan menginformasikan kepada administrator server tentang aktivitas dan aktivitas apa saja yang ada di server. Dengan lebih dari 22.000 lisensi server terpasang di seluruh dunia, aplikasi Titan benar-benar merupakan server FTP pilihan bagi para profesional TI.

6. Cerebus FTP Server

Cerebus FTP server adalah aplikasi server FTP yang mendukung beberapa protokol transfer file seperti FTP, SFTP, FTPS, HTTP/S, dan SCP. Aplikasi Cerebus FTP Server adalah produk komersial yang tersedia dalam empat versi berbeda yaitu, pribadi, standar, profesional dan perusahaan. Beberapa fitur yang termasuk dalam aplikasi ini adalah fitur keamanan yang di tingkatkan seperti autentikasi 2 faktor.

Pengaturan kebijakan kata sandi, integrasi direktori aktif penuh, dukungan API, pemberitahuan acara, klien transfer web, penyimpanan file, dan alat kepatuhan.  Aplikasi Cerebus juga menyertakan opsi bagus untuk melaporkan dan mengaudit data dan aktivitas pengguna. Ini juga mencakup pemeriksaan integritas file yang kuat menggunakan checksum yang kuat.

7. Quick ‘n Easy Server

Quick ‘n Easy adalah aplikasi multi-threaded untuk sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 10. Aplikasi ini sangat mudah di atur dan di gunakan untuk pengguna, bahkan jika Anda adalah pengguna baru atau pemilik yang tidak berpengalaman.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah karena Anda akan mendapatkan panduan langkah demi langkah atau tutorial di setiap prosesnya.Aplikasi ini menangani semua perintah FTP dasar dan perintah khusus FTP seperti MDTM, NLST, FEAT, PSWD, XCRC dan banyak lagi.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang cukup sederhana, intuitif, dan tampak keren.  Dan aplikasi ini memiliki dukungan untuk sistem yang merupakan bagian dari firewall atau router.

8. Baby FTP Server

Baby FTP Server adalah aplikasi server FTP yang bekerja pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang paling di butuhkan dan juga cukup kuat untuk menjadi basis server yang lebih kompleks.

Beberapa fitur pada aplikasi Baby FTP Server, antara lain aplikasi ini mendukung sebagian besar perintah RFC959 FTP, mendukung mode PASV dan non-PASV, hanya mengizinkan koneksi anonim, multi thread, log server real-time, dan memberikan izin untuk mengunduh, mengunggah, mengganti nama. hapus, dan buat direktori.

9. Xlight FTP server

Xlight FTP Server adalah aplikasi server FTP yang kuat dan berkinerja tinggi. Aplikasi ini sangat mudah di gunakan pada sistem operasi Windows. Aplikasi Xlight sudah di rancang untuk menangani ribuan klien FTP secara bersama. Meski begitu, aplikasi ini hanya menggunakan sedikit CPU dan memori di PC atau laptop Anda.

Aplikasi Xlight memiliki banyak fitur yang berguna dan selalu bebas di gunakan untuk penggunaan pribadi. Aplikasi ini bisa di gunakan di berbagai versi Windows, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 2000, Windows 7, hingga Windows 10.

10.  Serv-U FTP Server

Serv-U FTP Server adalah aplikasi yang dapat mentransfer file dengan cepat, mudah dan akurat. Anda dapat bertukar file dengan orang lain menggunakan FTPS aman (FTP melalui SSL/TLS) melalui jaringan IPv4 dan IPv6. Pengguna dapat melihat, mengunggah, dan mengunduh file dari web atau dari perangkat seluler.

Aplikasi Serv-U cocok untuk bisnis kecil, karena transfer file menggunakan aplikasi ini sangat terjangkau dan aman yang dapat membantu Anda memenuhi semua kebutuhan transfer file Anda, baik internal maupun eksternal. Aplikasi ini juga dapat di gunakan untuk mentransfer file berukuran besar.

Penutup

Di atas merupakan artikel yang membahas tentang  aplikasi FTP server terbaik yang bisa di gunakan di Windows 10. Semoga artikel di atas ini berguna untu dan bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa juga ya simak artikel selanjutnya.

Baca Juga