fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

10 Aplikasi Fintech Di Indonesia yang Paling Diminati 2023

Dhian rama

Tahukah Kamu Aplikasi Fintech Di Indonesia apa saja yang banyak digunakan? Mungkin Kamu sudah memiliki salah satunya di ponsel Kamu. Jika kamu masih penasaran tentang apa saja Aplikasi Fintech Di Indonesia yang paling digemari, simak artikel ini sampai selesai ya!

Dengan adanya perusahaan fintech, masyarakat bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Misalnya, manfaat untuk belajar tentang keuangan, mendapatkan akses ke produk keuangan, dan memudahkan dalam melakukan transaksi keuangan.

Teknologi saat ini sudah semakin berkembang, begitu pula dengan perusahaan-perusahaan fintech di Indonesia. Untuk menarik minat masyarakat menggunakan produk mereka, aplikasi-aplikasi fintech ini hadir dengan semua benefit yang bisa kamu dapatkan jika menginstall dan menggunakan aplikasinya.

Berbagai Jenis Fintech yang Diterapkan di Indonesia

Tanpa kita sadiri, ternyata terdapat beberapa jenis system keuangan digital yang di sematkan Aplikasi Fintech Di Indonesia. Berikut Dewabiz sudah merangkumnya melalui ulasan di bawah ini:

1. Fintech payment

Fintech payment adalah jenis teknologi yang memudahkan pembayaran dalam berbagai hal, sesuai dengan namanya. Mulai dari berbelanja online, membayar transaksi secara langsung, membayar listrik dan air, serta masih banyak lagi.

Dan yang menarik lagi, fintech yang di definisikan sebagai pembayaran digital secara online ini ternyata memiliki fitur uniknya tersendiri. Yakni fitur dengan kemampuan untuk dapat melakukan pembayaran atau payment secara offline.

Salah satu contoh transaksi offline yang bisa dilakukan pengguna adalah dengan menggunakan aplikasi pembayaran fintech untuk membayar belanjaan di toko. Jadi Kamu tidak perlu khawatir membawa uang tunai atau dan kebingungan karena kembaliannya kurang.

2. Crowdfunding

Crowdfunding adalah jenis Fintech berikutnya. Fintech ini memungkinkan orang yang membutuhkan uang untuk bisa menarik uang melalui konsep iuran dari beberapa pengguna fintech. Di sisi lain, mereka yang memberikan uang akan mendapatkan keuntungan. Sehingga dari anggota yang memberi dan di beri uang akan sama sama mendapatkan keuantungan.

Crowdfunding tidak hanya digunakan untuk mendapatkan donasi saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mencari investor untuk sebuah bisnis. Jadi konsep dari fintech ini biasanya sering digunakan untuk pembisnis startup dalam mengumpulkan modal.

3. Aplikasi Fintech Di Indonesia – market aggregator

Market aggregator adalah jenis produk keuangan yang berfungsi sebagai pengepul yang menawarkan peluang dengan kumpulan data atau informasi keuangan. Tujuan dikumpulkannya data ini dimaksudkan untuk bisa digunakan oleh bisnis sebagai alat perbandinagan produk keuangan seperti kartu kredit dan asuransi.

4. Investasi Fintech

Investasi fintech adalah sebuah produk fintech yang memungkinkan Kamu untuk bisa berinvestasi pada berbagai produk investasi seperti reksadana, valuta asing, saham, emas, mata uang kripto, dan sebagainya.

10 Aplikasi Fintech Di Indonesia yang Paling Banyak Digunakan 2023

Jika kamu sudah memahami tentang apa saja jenis fintech yang ada di Indonesia. Jadi, sekarang kita akan memabahas apa saja Aplikasi Fintech Di Indonesia yang paling populer? Berikut adalah 10 Aplikasi Fintech Di Indonesia yang populer dan memiliki kinerja yang baik di bidang keuangan.

1.     Aplikasi Fintech Di Indonesia – Finansialku

Aplikasi Fintech Di Indonesia yang pertama adalah Finansialku. Finansialku adalah sebuah website yang membantu individu dan keluarga untuk merencanakan keuangan mereka dengan cara terbaik. Dengan demikian, Kamu dapat mencapai tujuan-tujuan keuangan Kamu. Finansialku juga dinobatkan sebagai salah satu perusahaan fintech di Indonesia dengan pertumbuhan tercepat.

Ada banyak artikel bermanfaat mengenai keuangan di Finansialku. Finansialku juga memiliki aplikasi yang dapat Kamu gunakan untuk bisa melacak keuangan Kamu, berdiskusi dengan para ahli keuangan, dan mengikuti seminar-seminar mengenai perencanaan keuangan.

Pengguna Finansialku juga akan belajar bagaimana cara berinvestasi, menabung untuk masa pensiun, dan memiliki asuransi.

Finansialku juga memiliki kursus online untuk Kamu yang baru memulai di bidang keuangan. Finansialku juga bekerja sama dengan banyak mitra yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. jadi,  Kamu akan mendapatkan pelayanan yang terbaik dengan menginstall Aplikasi Fintech ini.

2.     Bareksa

Aplikasi Fintech Di Indonesia yang selanjutnya adalah Bareksa. Bareksa adalah aplikasi yang di bangun oleh Karaniya Dharmasaputra. Sejak Februari 2013, aplikasi ini telah berjalan dan memiliki perkembangan yang pesat. Meskipun aplikasi Bareksa ini masih tergolong aplikasi fintech baru, tetapi kamu sudah melakukan berinvestasi di banyak produk reksa dana melalui aplikasi ini.

Setiap produk juga memiliki profil lengkap, yang membantu calon investor menemukan produk terbaik. Jadi inilah mengapa Aplikasi Fintech ini ramai di install Di Indonesia.

3.     Aplikasi Fintech Di Indonesia – Amartha

Perusahaan fintech Amartha ini memiliki produk bernama Tanggung Renteng yang memungkinkan orang bisa meminjamkan uang satu sama lain. Amartha telah berjalan sejak tahun 2010, dan memiliki sudah memiliki banyak pengguna, baik yang pengguna yang ingin berinvestasi maupun yang ingin meminjam uang.

Kebanyakan orang yang mengajukan pinjaman ke Amartha adalah para ibu yang ingin memulai usaha kecil tapi tidak memiliki cukup uang untuk melakukannya. Jadi bagi kamu yang lagi butuh uang, kamu bisa menggunakan aplikasi ini.

4.     Doku

Sejak tahun 2007, banyak orang di Indonesia yang telah menggunakan Doku. Aplikasi ini memiliki banyak pengguna karena system fitur yang sangat menguntungkan penggunanya. Seperti Doku My Shopping Card, Doku Enterprise, Doku Wallet.

Produk pertama adalah Doku My Shopping Card, yang digunakan oleh usaha kecil dan menengah. Produk kedua adalah Doku Enterprise, yang digunakan untuk pembayaran dalam jumlah besar. Doku Wallet adalah pilihan terakhir, dan dapat digunakan untuk menyimpan uang digital.

5.     Uang Teman

Uang Teman merupakan salah satu aplikasi Fintech yang paling populer. Terutama bagi orang-orang yang ingin mendapatkan uang dengan cepat. Di sini, Kamu bisa meminjam antara 1 hingga 3 juta rupiah tanpa jaminan. Namun, Kamu tidak bisa meminjam lebih dari 30 hari.

Jadi, Uang Teman hanya untuk orang yang membutuhkan uang tunai kurang dari 3 juta dan yakin dapat membayarnya kembali dalam waktu 30 hari. Jika tidak, akan ada konsekuensi sesuai dengan perjanjian.

6.     Aplikasi Fintech Di Indonesia – Modalku

Modalku adalah Aplikasi Fintech Di Indonesia yang akan menghubungkan investor dengan pemilik usaha yang ingin meminjam uang untuk perusahaannya. Biasanya, bisnis kecil dan menengah adalah pengguna yang paling sering meminjam uang. Jadi, investor bisa menggunakan Modalku untuk mencari informasi tentang peminjam dan memberikan pinjaman kepada mereka.

7.     Midtrans

Midtrans pertama kali dimulai dengan nama Veritrans. Saat ini, perusahaan ini membantu orang untuk membuat payment gateway, yang akan memudahkan orang untuk membayar.

Perusahaan ini juga telah membuat kesepakatan dengan sejumlah bank ternama di Indonesia, yang telah membantunya berkembang dengan sangat cepat.

8.     Cek Aja

Orang-orang membandingkan harga paket TV nirkabel atau paket langganan internet dengan aplikasi fintech ini. Aplikasi fintech Cek Aja juga memberikan informasi tentang produk kredit, investasi, dan asuransi.

Jika Kamu ingin membandingkan satu produk dengan produk lainnya, Kamu perlu mengunduh aplikasi ini.  Setiap aplikasi fintech di atas memiliki manfaat yang berbeda, tergantung dari kegunaannya.

Untuk itu, Kamu perlu mengetahui apa saja manfaatnya agar bisa memutuskan aplikasi fintech mana yang Kamu butuhkan.

9.     Aplikasi Fintech Di Indonesia – KitaBisa.com

Kitabisa.com adalah aplikasi fintech yang mengusung konsep crowdfunding. Dengan KitaBisa.com, Kamu bisa menggalang dana untuk tujuan tertentu dan memberikannya kepada orang-orang yang membutuhkan.

10.  Dana

Aplikasi Dana adalah contoh lain dari aplikasi fintech yang memungkinkan Kamu agar bisa membayar tanpa uang fisik alias Cashless. Dengan aplikasi ini, Kamu akan lebih mudah membayar berbagai macam hal. Misalnya, membeli pulsa atau paket internet, membayar listrik atau langganan, kamu juga bisa melakukan pembayaran BPJS setiap bulannya dengan aplikasi praktis ini.

11.  Akseleran

Akseleran adalah aplikasi crowdsourcing yang membantu sektor UMKM untuk bisa dengan mudah mendapatkan dana. Suku bunganya yang terbilah rendah sangat menarik karena memperhitungkan seberapa besar risiko pinjaman. Melalui platform ini, Kamu bisa memilih pendanaan yang Kamu inginkan dengan melihat langsung informasi seperti jangka waktu, bunga, dan lainnya.

Di sini, Kamu bisa memberikan pinjaman kepada usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk membantu mereka berkembang. Akseleran juga memiliki jaminan asuransi sebesar 99%, sehingga para pendana tidak perlu lagi khawatir untuk memberikan pinjaman kepada UMKM.

Itulah beberapa 11 Aplikasi Fintech Di Indonesia terpopuler yang digunakan orang setiap harinya. Secara sederhana, tujuan dari adanya berbagai aplikasi berbasis Fintech adalah untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan uang, baik itu uang fisik maupun uang digital. Semoga bermanfaat.

Baca Juga