fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Rekomendasi Aplikasi Editing Video Android Cocok untuk Ngonten!

Dhian rama

Saat ini sudah tersedia beragam aplikasi edit video, salah satunya adalah aplikasi editing video android, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pengguna. Setiap tools edit video memiliki fitur-fitur uniknya sendiri, seperti menambahkan teks, audio, sampai video background.

Jika kamu ingin mengedit video, sebaiknya kamu mengetahui aplikasi apa yang sesuai untuk kamu pakai. Karena, setiap aplikasi editing punya keunggulan dan spesifikasi sendiri-sendiri.

Fungsi Aplikasi Editing Video Android

Aplikasi editing video android adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video di ponsel android. Aplikasi ini punya banyak fungsi, seperti:

  • Memotong dan memangkas video: Aplikasi ini bisa memotong bagian video yang tidak perlu, atau memangkas durasi video sesuai keinginan.
  • Menambahkan efek, musik, teks, dan transisi: Aplikasi ini bisa menambahkan berbagai efek visual, musik latar, teks, dan transisi untuk membuat video lebih menarik dan profesional.
  • Mengatur kualitas dan format video: Aplikasi ini bisa mengatur kualitas dan format video sesuai dengan tujuan penggunaan, misalnya untuk diupload ke media sosial, YouTube, atau disimpan di galeri.
  • Menggabungkan dan memisahkan video: Aplikasi ini bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu, atau memisahkan satu video menjadi beberapa bagian.

Rekomendasi Aplikasi Editing Video Android

Selanjutnya, kita akan memberikan kamu rekomendasi aplikasi editing video android yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten lebih menarik dan unik.

1. Adobe Premiere Pro

Aplikasi editing video pertama yang pas digunakan oleh para YouTuber adalah Adobe Premiere Pro. Aplikasi buatan Adobe ini adalah salah satu software edit video yang cukup terkenal digunakan YouTuber.  Adobe Premiere Pro memang ditargetkan untuk kalangan profesional dengan berbagai fitur terbaik untuk video editing.

Tidak heran, aplikasi ini pantas masuk dalam daftar software video editor terbaik untuk YouTube. Berbagai macam fitur editing yang ditawarkan oleh Adobe Premiere Pro, antara lain mengedit video dari yang low resolution, 8K hingga VR (Virtual Reality).

2. Adobe Premiere Elements

Selain Adobe Premiere Pro, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain dari Adobe, yaitu Adobe Premiere Elements. Aplikasi ini lebih simpel dan mudah digunakan dibandingkan dengan Premiere Pro. Meski begitu, hasil editan video kamu tetap bagus.

Tidak perlu takut, fitur yang dimiliki oleh Adobe Premiere Elements tidak kalah hebat dengan Adobe Premiere Pro, mulai dari slow motion, overlay, timelapse, bounce back, dan double exposure. Selain itu, ada fitur fix action cam footage yang digunakan untuk memperbaiki guncangan pada video.

3. Capcut

Siapa tidak kenal Capcut? Aplikasi editing yang juga dibuat oleh pembuat aplikasi video TikTok ini sedang populer. Aplikasi gratis ini bisa diandalkan untuk memotong-sambungkan video, reverse video, hingga mengubah kecepatan video dengan mudah. Kamu juga bisa menambahkan filter, musik, stiker, font, dan efek. Capcut bisa digunakan di HP maupun PC.

4. Filmora & FilmoraGo

Salah satu aplikasi editing video yang bisa digunakan di PC maupun HP adalah Filmora. Aplikasi ini memiliki dua versi, yaitu Filmora untuk PC dan FilmoraGo untuk HP. Aplikasi ini cocok untuk pemula karena mudah digunakan dan gratis. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang lengkap.

Kamu bisa mengedit video dengan resolusi 4K dengan lebih dari 100 template efek transisi yang tersedia. Filmora juga memiliki fitur Easy Mode yang memudahkan Kamu memahami tools editing yang ada. Selain itu, aplikasi ini juga ringan untuk diunduh sehingga tidak mudah mengalami gangguan saat digunakan.

5. InShot

InShot adalah aplikasi editing video di HP yang dapat membantu Kamu membuat video yang menarik untuk YouTube atau media sosial lainnya. Aplikasi ini gratis namun memiliki fitur-fitur profesional. Kamu juga bisa mengedit foto dengan aplikasi ini.

InShot memiliki fitur editing video yang lengkap, seperti memotong dan menggabungkan video, mengatur kecepatan, mengompres video dalam format HD, hingga mengubah foto menjadi klip video. Kamu juga bisa menambahkan efek transisi, filter, emoji, dan musik latar yang beragam dengan aplikasi ini.

6. Youcut

YouCut dari InShot adalah aplikasi editing video gratis yang patut Kamu coba. Aplikasi yang dapat memotong dan menggabungkan video dengan mudah untuk YouTube atau media sosial lainnya. Keunggulan aplikasi ini adalah tidak ada watermark pada hasil editan video Kamu.

Beberapa fitur utama YouCut antara lain menggabungkan klip video menjadi satu video, menambahkan video ke video, memotong dan mengatur video, membagi video menjadi dua klip video terpisah, mengedit video, menyesuaikan kecepatan video yang kita edit dengan filter dan efek video, dan masih banyak lagi.

7. PowerDirector

PowerDirector adalah aplikasi editing video yang dapat membuat video dengan kualitas 4K dengan berbagai fitur, seperti tools editing video, efek video, kolase, musik latar, dan animasi. Kerennya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur chroma key yang dapat mengedit video dengan menggunakan layar hijau. Ada juga fitur stabilisator video untuk mengurangi guncangan pada video, pengubah suara, dan overlay.

8. KineMaster

KineMaster adalah aplikasi editing video di HP yang cukup populer. Aplikasi ini gratis, namun Kamu juga bisa menggunakan versi berbayar untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih beragam. Aplikasi ini juga memiliki fitur chroma key yang biasa digunakan para Youtuber gaming untuk mengedit video dengan layar hijau. Namun jika Kamu menggunakan versi gratis, ada watermark pada hasil editan video Kamu.

9. Aplikasi Quik

Aplikasi Quik  adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengedit video di ponsel, yang dibuat oleh GoPro, produsen kamera aksi terkenal. Meskipun awalnya aplikasi ini ditujukan untuk mengedit video dari kamera GoPro, namun sekarang aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk video dari sumber manapun dan tersedia di Google Playstore dan App Store.

Salah satu fitur unik dari aplikasi Quik adalah QuikStories, yang bisa secara otomatis mengubah video-video yang ada di ponsel menjadi sebuah video yang menarik hanya dengan satu kali klik. Selain itu, aplikasi Quik juga memiliki fitur editor video yang lengkap dan mudah digunakan. Kamu bisa menambahkan efek transisi video dengan berbagai tema yang tersedia.

10. Aplikasi Viva Video

Viva Video adalah aplikasi edit video di ponsel yang cocok untuk para YouTuber. Aplikasi ini memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk menggabungkan video, memotong, dan mengatur kecepatan video. Kamu juga bisa menambahkan filter dan efek video yang beragam, seperti teks, animasi, filter, dan efek slow motion. Aplikasi Viva Video sangat praktis untuk mengedit video yang sederhana dan kreatif.

11. Adobe Premiere Rush

Jika Kamu ingin membuat video online dengan mudah dan cepat, Kamu bisa mencoba menggunakan Adobe Premiere Rush. Aplikasi ini adalah salah satu produk dari Adobe yang dirancang khusus untuk kebutuhan penyuntingan video online. Kamu bisa merekam, mengedit, dan membagikan video Kamu ke berbagai platform media sosial dengan aplikasi ini.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah fitur drag & drop yang memungkinkan Kamu untuk menarik dan meletakkan elemen-elemen video, seperti audio, grafis, foto, atau overlay, ke timeline penyuntingan.

Kamu juga bisa membuat judul animasi yang unik dan menarik dengan fitur animated title. Selain itu, aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan soundtrack, efek audio, dan loops yang bisa Kamu gunakan secara gratis. Kamu juga bisa menyesuaikan aspek rasio video Kamu secara otomatis sesuai dengan platform yang Kamu tuju.

12. VideoShow

VideoShow adalah aplikasi lain yang bisa Kamu gunakan untuk mengedit video di HP Android atau iOS. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur editing tools yang bisa membantu Kamu membuat video yang menarik dan profesional. Kamu bisa menambahkan teks, efek, GIF, transisi, atau live dubbing ke dalam video Kamu dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini juga mendukung pengeditan video dengan kualitas 4K tanpa mengurangi kualitasnya. Kamu bisa mengekspor video Kamu dengan format yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

13. Splice

Jika Kamu mencari aplikasi penyunting video yang praktis dan gratis, Kamu bisa mencoba Splice. Aplikasi ini tersedia untuk HP Android dan iOS dan memiliki tampilan antarmuka yang simpel dan mudah digunakan. Aplikasi ini tidak mengandung iklan yang bisa mengganggu proses penyuntingan Kamu.

Dengan aplikasi ini, Kamu bisa memotong, menggabungkan, menambahkan teks, soundtrack, atau overlay ke dalam video Kamu. Aplikasi ini juga memiliki fitur green screen dan split screen yang bisa membuat video Kamu lebih kreatif dan dinamis.

14. Magisto

Magisto adalah aplikasi penyunting video yang bisa membantu Kamu mengedit video secara otomatis. Aplikasi ini bisa digunakan di HP Android atau iOS dan menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menganalisis gambar dan video yang Kamu ambil dari HP Kamu.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa membuat video Kamu lebih indah dan menawan. Beberapa di antaranya adalah mengubah transisi video, memotong, menambahkan musik dan efek. Kamu juga bisa membagikan hasil editan video Kamu dengan mudah ke media sosial.

15. Vimeo Create

Bagi Kamu yang baru belajar mengedit video untuk keperluan YouTube atau media sosial lainnya, Kamu bisa menggunakan Vimeo Create. Aplikasi ini cocok digunakan untuk pengeditan video yang sederhana dan memiliki tampilan antarmuka yang simpel dan mudah digunakan.

Aplikasi ini menyediakan berbagai template sebagai dasar pengeditan video. Kamu juga bisa memanfaatkan koleksi foto dan gambar bebas royalti yang disediakan oleh aplikasi ini ke dalam video Kamu.

16. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve adalah salah satu aplikasi penyunting video yang gratis namun memiliki fitur lengkap yang setara dengan aplikasi berbayar seperti Adobe Premiere Pro. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat Windows, MacOS, atau Linux dan sudah terbukti andal untuk mengedit video pendek hingga film.

Beberapa fitur menarik yang disajikan oleh aplikasi ini adalah motion graphic, color corrector, visual effect, hingga audio mixing. Aplikasi ini juga mendukung pengeditan video dengan resolusi 8K.

17. iMovie

Tools edit video terakhir yang bisa saya rekomendasikan adalah iMovie. Aplikasi ini adalah produk dari Apple yang hanya bisa digunakan di perangkat sistem operasi iOS saja. iMovie memiliki berbagai pilihan template tema, filter, background, hingga soundtrack dan efek audio yang bisa Kamu gunakan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur green screen dan split screen yang bisa membuat video Kamu lebih kreatif dan dinamis. Kamu juga bisa membuat video trailer dari berbagai template dengan tampilan animasi yang memukau.

Cara Membuat Video yang Kreatif dan Unik

Video adalah salah satu media yang paling populer dan efektif untuk menyampaikan pesan, informasi, atau hiburan. Namun, membuat video yang kreatif dan unik tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar video kamu bisa menarik minat audiens dan berbeda dari yang lain. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Kenali siapa target audiens kamu

Sebelum membuat video, kamu harus tahu siapa yang akan menonton video kamu, apa tujuan mereka, apa kebutuhan mereka, dan apa yang membuat mereka tertarik. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan konten, gaya, dan bahasa video kamu dengan audiens kamu.

2. Cari tahu masalah dan kebutuhan audiens

Setelah mengetahui siapa target audiens kamu, kamu harus mencari tahu apa masalah dan kebutuhan mereka yang bisa kamu selesaikan atau penuhi dengan video kamu. Misalnya, jika kamu ingin membuat video tutorial, kamu harus tahu apa yang ingin dipelajari oleh audiens kamu, apa kesulitan mereka, dan bagaimana cara terbaik untuk mengajarkan mereka.

3. Sesuaikan video dengan platform

Platform yang kamu gunakan untuk mengunggah video juga berpengaruh pada kreativitas dan keunikan video kamu. Setiap platform memiliki karakteristik, fitur, dan audiens yang berbeda-beda. Kamu harus mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh audiens di platform tersebut, berapa lama durasi video yang ideal, apa format dan resolusi video yang sesuai, dan bagaimana cara menonjolkan video kamu di antara video lainnya.

4. Bangun personal branding kamu

Personal branding adalah cara kamu memperkenalkan diri dan menunjukkan nilai-nilai yang kamu miliki melalui video kamu. Dengan personal branding yang kuat, kamu bisa membuat audiens mengenal dan mengingat kamu lebih mudah.

Kamu bisa membangun personal branding dengan menentukan tema, gaya, warna, logo, musik, suara, atau elemen lain yang khas untuk video kamu.

5. Ciptakan first impression yang memikat

First impression adalah kesan pertama yang diberikan oleh video kamu kepada audiens. First impression sangat penting karena dapat menentukan apakah audiens akan melanjutkan menonton video kamu atau tidak.

Untuk membuat first impression yang memikat, kamu harus membuat judul, thumbnail, deskripsi, dan 10 detik pertama video kamu se-menarik mungkin. Kamu bisa menggunakan kata-kata yang menarik perhatian, menjanjikan manfaat, mengajukan pertanyaan, atau memberikan teaser.

Dan itulah penjelasan mengenai beberapa aplikasi editing video yang bisa kamu gunakan di ponsel android kesayanganmu. Kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut melalui Google play store secara gratis. Saran kita, pilihlah aplikasi yang sesuai dengan keinginan dan membuat kamu nyaman ketika saat edit video.

Terakhir, semoga informasi yang kita sajikan ini bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya, dan jangan lupa untuk selalu mantengin situs ini demi mendapatkan banyak informasi menarik lainnya. Sampai jupa pada artikel menarik selanjutnya.

Baca Juga