fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Rekomendasi Aplikasi Cetak Struk PLN Terbaik

Dhian rama

Kamu pernah mengalami kesulitan mencetak struk PLN yang sudah dibayar? Apakah Kamu ingin memiliki aplikasi cetak struk PLN yang bisa digunakan secara offline dan gratis? Jika ya, maka Kamu berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi cetak struk PLN yang bisa Kamu coba. Aplikasi-aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik dan berguna, seperti menyimpan data tagihan, melacak pembayaran, mengirim invoice ke email, dan lain-lain.

Seperti yang kita tahu, dalam hal apapun terurama dalam hal jual beli, penggunaan struk memang sangat membatu. Dan agar memudahkan proses transaksi, maka kita sengaja mengulasnya tentang aplikasi cetak struk pln Terbaik pada artikel ini.

Rekomendasi Aplikasi Cetak Struk PLN Terbaik

Selain itu, pembuatan kuitansi atau invoice juga lebih mudah dan cepat menggunakan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi cetak struk kamu akan tersedia template yang bisa digunakan untuk membuat format yang kamu inginkan, tidak hanya itu banyak fitur menarik yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi tersebut. Sebelum ke pembahasan alangkah baiknya kita mengenali apa itu aplikasi cetak struk pln dibawah ini.

Apa itu Aplikasi Cetak Struk PLN?

Aplikasi cetak struk PLN adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu untuk mencetak struk atau bukti pembayaran tagihan listrik PLN, prabayar dan pascabayar. Kemudian, aplikasi ini biasa digunakan oleh penyedia jasa pembayaran token listrik, tenant, toko atau kantor atau pelanggan PLN yang menginginkan struk asli untuk pencatatan atau keperluan lainnya.

Selaih itu, aplikasi cetak struk PLN bisa berupa aplikasi web, desktop atau mobile, tergantung kebutuhan dan kenyamanan Kamu. Aplikasi ini dapat bekerja secara online maupun offline, tergantung koneksi internet dan sumber data yang digunakan. Aplikasi ini juga dapat terhubung ke printer Bluetooth, USB atau Wi-Fi, tergantung pada jenis printer yang Kamu miliki.

Mengapa Kamu membutuhkan aplikasi cetak struk PLN?

  • Ada beberapa alasan mengapa Kamu harus menggunakan aplikasi cetak struk PLN, antara lain:
  • Untuk membantu Kamu dengan mudah melacak pembayaran listrik dan menyimpan data tagihan Kamu.
  • Untuk memberikan layanan tambahan kepada pelanggan Kamu jika Kamu adalah penyedia layanan pembayaran token listrik.
  • Lengkapi prosedur administrasi dan pajak jika Kamu penyewa, bisnis atau kantor.
  • Memiliki bukti pembayaran penting yang dapat dijadikan acuan atau klaim jika terjadi kesalahan atau perselisihan dengan PLN.
  • Tapi, Kamu tidak boleh asal pilih aplikasi untuk mencetak struk dan perlu mengetahui kualitasnya terlebih dahulu.

Fungsi Struk PLN

Seperti kita ketahui bersama, struk biasanya diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai bukti pembayaran, tanda terima barang atau jasa. Penerimaan memiliki beberapa fungsi penting baik bagi penjual maupun pembeli, diantaranya adalah penerimaan PLN antara lain :

  1. Struk adalah bukti transaksi yang sah, yang dapat digunakan untuk mengklaim, mengklaim atau mengembalikan barang jika barang cacat atau menyesatkan.
  2. Struk bertindak sebagai pembawa informasi tentang harga, kuantitas, diskon, pajak, dan biaya total untuk membantu pembeli mengontrol biaya, memeriksa saldo kas. Tanda terima bertindak sebagai alat pelacakan transaksi yang dapat membantu penjual melacak inventaris, pendapatan, dan pengeluaran yang terjadi selama periode waktu tertentu. Struk berfungsi sebagai data catatan penjualan untuk membantu penjual membuat laporan keuangan, pajak, dan audit yang akurat dan transparan.
  3. Struk bertindak sebagai referensi dalam database konsumen yang dapat membantu merchant mengidentifikasi profil, preferensi dan kepuasan konsumen, serta meningkatkan loyalitas dan retensi konsumen.
  4. Struk bertindak sebagai alat untuk membangun kepercayaan konsumen, membantu penjual menunjukkan profesionalisme, kredibilitas, dan tanggung jawab kepada konsumen.

Struk dapat berupa struk fisik yang dicetak pada kertas dan printer, atau struk digital yang dikirimkan melalui email atau aplikasi. Struktur digital memiliki beberapa keunggulan dibandingkan struktur fisik, seperti biaya operasional yang lebih rendah, pendaftaran yang mudah, dan dapat digunakan untuk pemasaran pasca pembelian. Nah, agar Kamu tidak perlu repot mencari review aplikasi cetak struk pln, berikut beberapa rekomendasi aplikasi cetak struk terbaik yang bisa Kamu gunakan. 

Rekomendasi aplikasi untuk mencetak struk PLN

1.PLN Mobile

Aplikasi resmi PLN dapat digunakan untuk melakukan berbagai layanan listrik termasuk mencetak tagihan listrik pasca bayar. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis dari Google Play Store maupun App Store. Untuk mencetak struk melalui aplikasi ini, Kamu harus login dengan ID pelanggan atau nomor meteran Kamu, lalu pilih menu Listrik, Riwayat Pengguna dan Unduh Tagihan. Tanda terima akan dikirimkan ke email Kamu dalam format PDF yang dapat dicetak di printer.

2. Excel

Aplikasi berbasis excel yang dapat digunakan untuk mencetak struk listrik prabayar dan pascabayar secara offline. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari situs web Trestle on Tenth³. Untuk menggunakan aplikasi ini, Kamu harus mengisi data tagihan listrik Kamu pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol Cetak Struk. Struk akan muncul dalam format Excel yang dapat dicetak di printer.

3. Bluetooth Print

Aplikasi android untuk mencetak struk token listrik prabayar menggunakan printer bluetooth. Aplikasi ini dapat didownload di Google Play Store dengan gratis. Untuk menggunakan aplikasi ini, Kamu harus menghubungkan ponsel cerdas Kamu ke printer Bluetooth, lalu memasukkan kode token listrik yang ingin dicetak pada kolom yang tersedia. Struk akan dicetak secara otomatis oleh printer.

4. Jurnal Touch

Aplikasi cetak invoice yang terintegrasi dengan laporan keuangan adalah Journal Touch, sehingga Kamu dapat dengan mudah memproses transaksi penjualan bahkan tanpa koneksi internet.

Jurnal Touch dirancang untuk menggantikan mesin kasir konvensional, dimana setiap transaksi yang tercatat secara otomatis tersinkronisasi dengan sistem perangkat lunak akuntansi online Jurnal. Ada beberapa fitur yang dapat Kamu gunakan adalah:

  • Sinkronisasi data otomatis.
  • Memproses transaksi di beberapa toko.
  • Pemrosesan transaksi offline
  • Mudah menyesuaikan faktur

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur untuk memudahkan penggunanya seperti fitur custom template, pembuatan invoice yang mudah dan cepat, menggabungkan invoice sekaligus, proforma invoice, dll.

Salah satu fitur terbaiknya adalah Kamu dapat menyambungkan aplikasi ini dengan bank Kamu. Kamu juga dapat membuat dan mengirimkan invoice dan nota secara online kepada pembeli, sehingga lebih mudah dan cepat. Selain menyediakan aplikasi meja depan yang gesit, Jurnal juga menawarkan banyak aplikasi lain untuk mengelola berbagai proses bisnis Kamu, salah satunya adalah aplikasi ERP open source. Jadi, jika Kamu tertarik dengan aplikasi pencetakan struk ini, Kamu memiliki opsi uji coba gratis selama 14 hari.

5. Supedian POS

Supedian POS sangat cocok untuk mereka yang berada di restoran dan bisnis takeout. Aplikasi pencetakan tanda terima ini cocok untuk printer tanda terima tunai dan kompatibel dengan pemindai kode batang. Tidak hanya mendukung bisnis makanan, aplikasi ini juga cocok bagi mereka yang berbisnis di bidang retail.

6. Square1 miniPOS

Kemudian, ada Aplikasi  Square1 miniPOS yang cukup sederhana sehingga mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Memang, miniPOS Square1 dirancang untuk bisnis kecil di negara berkembang. Meski sederhana, aplikasi ini memiliki keunggulan penyimpanan yang stabil, bagus, dan mudah digunakan.

Jadi Kamu tidak perlu khawatir menghitung dan memberikan tanda terima kepada pelanggan untuk pembelian karena aplikasi ini akan melakukannya secara otomatis. Sehingga Kamu dapat dengan mudah mencari informasi mengenai saham, harga, dll.

7.MinPOS

MinPOS adalah perangkat lunak Point Of Sale gratis yang memiliki hak cipta. Jadi setiap pengguna aplikasi ini dapat menggunakan MinPOS secara gratis selamanya, bukan?

Pengembang aplikasi MinPOS adalah Openbravo POS, aplikasi ini telah melakukan banyak pembaruan dan perubahan menjadi lebih baik. Jenis usaha yang cocok menggunakan aplikasi ini adalah counter retail, restoran, pasar, karaoke, hotel, dll.

8. UniCenta POS

UniCenta juga merupakan aplikasi yang dapat Kamu gunakan untuk mencetak struk. Selain itu, aplikasi dapat mengontrol pemesanan dan pembayaran serta dapat melacak jumlah barang yang tersedia.

Kabar baiknya adalah aplikasi ini open source, artinya gratis sehingga Kamu tidak perlu membayar banyak. Namun, meskipun gratis, aplikasi ini bekerja dengan baik mengingat berbagai fitur yang dimilikinya. Aplikasi UniCenta POS menawarkan fungsionalitas multi bahasa, multi lokasi, multi pengguna dan memiliki sistem penjualan titik standar komersial. Namun, untuk menginstal uniCenta POS, Kamu memerlukan MySQL terlebih dahulu.

9. Floreant POS

Floreant POS merupakan aplikasi cetak struk berikutnya yang cocok bagi mereka yang berbisnis di bidang makanan seperti kedai kopi, toko retail, restoran kasual dan restoran fine dining. Aplikasi ini telah ada sejak 2008 dan telah digunakan oleh lebih dari 30.000 restoran di 25 negara. Fitur yang ditawarkan adalah terminal tunggal/ganda, pembuatan laporan, pembayaran parsial otomatis, terminal pembayaran, penghitungan diskon, dll.

10. Aplikasi Cetak Struk Kasir Pintar

Selanjutnya ada aplikasi cetak struk tunai yang bisa kamu gunakan untuk Android adalah Kasir Pintar. Aplikasi ini sendiri memiliki dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Pada versi gratisnya, fitur yang disediakan cukup lengkap, antara lain penetapan harga barang, pendaftaran inventaris, dan pemindaian barcode produk yang Kamu miliki.

Selain itu, aplikasi ini menawarkan fitur penyimpanan otomatis, jadi Kamu tidak perlu khawatir kehilangan data. Selain fitur yang sudah dibahas sebelumnya, ada juga fitur pelaporan yang dapat menghasilkan laporan harian, laporan keuangan bulanan, inventaris, dan arus kas. Kamu juga bisa mengetahui jumlah untung dan rugi serta pendapatannya. Terakhir, aplikasi ini pasti memiliki fitur yang memungkinkan Kamu mencetak struk pembayaran yang terhubung ke printer termal.

11. Kasir Pos (Point of Sale) Ireap Lite

Aplikasi ini juga dapat digunakan melalui Android. Kamu dapat mendownload aplikasi ini secara gratis melalui google play store. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini sendiri adalah fitur penjualan umum, fungsi pengembalian barang jika ada retur, daftar barang, pendaftaran barang dan jumlah barang.

Selain itu, aplikasi gratis ini memiliki fitur manajemen inventaris yang berisi pengaturan inventaris masuk dan keluar. Kamu juga dapat mengimpor data dari file CSV. Kamu juga dapat melihat jumlah laba, audit inventaris, dan sebagian besar laporan penjualan dan penjualan di menu laporan.

12. Mesin Kasir, Aplikasi Cetak Struk Berbasis Android

Aplikasi POS cetak struk berbasis Android lainnya adalah Mesin Kasir. Mesin kasir cocok untuk kamu yang menginginkan aplikasi cetak invoice berkualitas namun tanpa biaya alias gratis. Antarmuka aplikasi ini lebih sederhana daripada aplikasi lain. Namun fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan aplikasi kasir pada umumnya.

Selain itu, yang menarik adalah aplikasi ini dapat digunakan meski tanpa jaringan internet, sehingga sangat cocok bagi para pengusaha di tempat yang minim jaringan seluler. Kamu juga dapat mengimpor data transaksi dan data barang sebanyak-banyaknya dengan jumlah yang tidak terbatas.

Aplikasi ini juga memungkinkan Kamu membuat laporan penjualan, laporan laba, dan perhitungan inventaris secara otomatis. Bagi Kamu yang masih pemula dan mencari aplikasi yang user friendly, mungkin Kamu bisa memilih aplikasi yang satu ini. Atau kamu juga bisa mendownload software kasir gratis berbasis excel versi lengkap yang mudah digunakan.

13. Chromis  POS

Aplikasi ini adalah tempat penjualan yang memiliki banyak fitur hebat untuk memudahkan transaksi penjualan Kamu. Lantas apa saja fitur yang ditawarkan?

Fitur yang dimilikinya adalah kompatibilitas dengan printer USB, display point of sale, kwitansi kas, monitor dapur, kompatibilitas dengan beberapa terminal, dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga cocok untuk banyak perangkat keras yang berbeda, tetapi Kamu membutuhkan Java Runtime terlebih dahulu.

Rekomendasi Cetak Struk PLN Online yang Bisa Dicoba:

• Menggunakan Portal Layanan Pelanggan PLN:

Ini adalah website resmi PLN yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai layanan kelistrikan termasuk mencetak tagihan listrik pasca bayar. Untuk menggunakan website ini, Kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data diri dan nomor identitas pelanggan. Kamu kemudian dapat masuk dengan nama pengguna dan kata sandi yang Kamu buat. Selanjutnya kamu bisa pilih menu Tagihan Listrik kemudian klik Cetak Tagihan. Struk akan muncul dalam format PDF yang dapat dicetak dengan printer.

• Menggunakan aplikasi pembayaran online:

Jika Kamu membayar tagihan listrik dengan PLN online melalui aplikasi pembayaran seperti GoPay, OVO, DANA, ShopeePay atau lainnya, Kamu dapat mencetak struk pembayaran melalui aplikasi tersebut.

Caranya buka histori transaksi atau order Kamu di aplikasi pembayaran yang Kamu gunakan, lalu temukan tagihan PLN yang Kamu bayarkan. Kemudian klik Download Payment Receipt atau Print Payment Receipt. Tanda terima akan dikirimkan melalui email kepada Kamu atau muncul dalam format PDF yang dapat dicetak pada printer.

• Menggunakan situs web Strukkita.com:

Ini adalah situs web yang menyediakan layanan pencetakan e-faktur online gratis dan mudah. Untuk menggunakan situs web ini, yang harus Kamu lakukan adalah mengunjungi trukkita.com di komputer atau mesin pencari ponsel Kamu.

Selanjutnya Kamu dapat memilih menu Tanda Terima Listrik Prabayar atau Tanda Terima Listrik Pascabayar, tergantung dari jenis listrik yang Kamu gunakan. Selanjutnya, Kamu perlu mengisi data tagihan listrik Kamu pada kolom yang disediakan, seperti ID pelanggan, nomor meteran, bulan tagihan, dan jumlah pembayaran. Kemudian klik Cetak. Struk akan muncul dalam format PDF yang dapat dicetak dengan printer.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi cetak struk pln praktis dan mudah digunakan untuk mencetak struk PLN. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu. Jika Kamu ada kritik atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca!

Baca Juga