fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Mengenal Tentang Aplikasi Blibli Secara Lengkap

Dhian rama

DewabizBlibli adalah salah satu platform e-commerce terpopuler di Indonesia. Di Aplikasi Blibli ini,  berbagai fitur  dapat membantu pengguna  berbelanja online dengan lebih mudah. Adapun Visi Apliakasi Blibli kami : Menjadi ekosistem bisnis pilihan bagi konsumen dan organisasi. Misi Aplikasi Blibli :Menjadi platform perdagangan dan gaya hidup omni-channel yang tepercaya.

Adapun Fitur-fitur ini penting untuk menjamin kenyamanan dan keamanan pengguna selama bertransaksi. Oleh karena itu, kami akan membahas beberapa fitur penting yang ada pada platform e-commerce Blibli. Dengan mengetahui fitur-fitur tersebut, diharapkan pengguna dapat memaksimalkan pengalaman belanja online  dan merasa lebih aman saat bertransaksi di Blibli.

Fitur apa saja yang ada di Aplikasi Blibli?

Aplikasi Blibli merupakan  platform e-commerce yang menawarkan berbagai produk seperti fashion, elektronik, kecantikan, dll. Beberapa fitur dan modul yang digunakan Blibli antara lain:

  • Pencarian Produk : Blibli memiliki fungsi pencarian yang memudahkan pengguna dalam mencari produk yang diinginkan.
  • Wishlist: Fitur wishlist memungkinkan pengguna  menyimpan produk yang ingin dibeli nantinya.
  • Promosi dan diskon: Blibli kerap memberikan promosi dan diskon menarik kepada penggunanya seperti diskon menggunakan kode promosi atau diskon pada hari-hari tertentu. 
  • Blibli Ekspres: Modul ini memungkinkan pengguna untuk mengangkut produk ke tujuannya dengan lebih cepat dan aman.
  • Blibli Rewards : Program reward Blibli memberikan poin untuk setiap transaksi yang dilakukan pengguna dan poin tersebut dapat ditukarkan dengan kupon atau diskon.
  • Live Chat : Blibli menawarkan fitur live chat yang memungkinkan pengguna  berkomunikasi langsung dengan layanan pelanggan untuk mendapatkan bantuan atau informasi  produk.
  • Payment Gateway : Blibli menawarkan beberapa pilihan metode pembayaran seperti kartu kredit, kartu debit, transfer bank, dan dompet elektronik, memfasilitasi pembayaran pengguna.
  • Review Produk : Fitur review produk memungkinkan pengguna untuk meninggalkan review terhadap produk yang telah dibelinya untuk membantu calon pembeli lainnya  memutuskan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak.
  • Tracking Pesanan : Modul ini memungkinkan pengguna untuk melacak status pengiriman produk yang  dibeli.
  • Blibli Seller Center : Modul ini memungkinkan penjual untuk memasarkan produknya di platform Blibli.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat fitur di Aplikasi Blibli Ecommerce?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah fitur pada platform e-commerce Blibli bisa berbeda-beda tergantung  kompleksitas dan  kesulitan fitur yang akan dibuat. Proses pembuatan fitur biasanya mencakup tahapan yang berbeda seperti perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, dan penerapan. Bergantung pada tim pengembangan dan sumber daya yang tersedia, pembuatan fitur dapat memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Namun, Blibli kerap melakukan pengembangan dan penyempurnaan fitur secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman pengguna platformnya. Jadi pembuatan fitur bisa terjadi secara terus menerus dan tidak memiliki waktu yang tetap.

Berapa Banyak Orang Yang Dibutuhkan?

Jumlah orang yang dibutuhkan untuk membuat fitur pada platform Aplikasi Blibli dapat berbeda-beda tergantung  kompleksitas dan skala proyek. Tim pengembangan Blibli biasanya terdiri dari berbagai departemen seperti tim desain, tim pengembangan front-end, tim pengembangan back-end, tim QA/pengujian, dan tim proyek.

Jumlah orang di setiap departemen juga bisa berbeda-beda tergantung besar kecilnya tim dan kebutuhan proyek. Misalnya, tim desain dapat mencakup beberapa desainer grafis dan UX, sedangkan tim pengembangan back-end dapat mencakup beberapa pengembang.

Dalam hal ini, Blibli tidak mengungkapkan secara resmi berapa jumlah orang yang dibutuhkan untuk membuat fitur di platform mereka. Namun, Blibli dapat diasumsikan  memiliki tim pengembangan yang cukup besar dan terorganisir untuk mengembangkan dan meningkatkan fungsionalitas platform e-commerce-nya.

Teknologi apa yang digunakan di Aplikasi Blibli?

Blibli sebagai platform e-commerce menggunakan berbagai teknologi dalam mengoperasikan layanannya. Beberapa teknologi yang mungkin digunakan di Blibli antara lain:

  • Bahasa pemrograman:

Aplikasi Blibli menggunakan Bahasa pemrograman seperti java dan kotlin.

  • Basis Data:

Aplikasi Blibli ini menggunakan jenis database seperti Mysql,MogoDB dan redis.

  • Bingkai:

Blibli menggunakan beberapa framework seperti Spring Framework, AngularJS dan React.

  • Komputasi awan:

Apliakasi Blibli menggunakan layanan cloud seperti amazon web service dan google cloud platforrm

  • Data besar:

E-commerce ini juga menggunakan teknologi Big Data seperti Apache Hadoop, Spark dan Elasticsearch untuk mengolah data yang sangat besar. Pengembangan seluler:

Blibli menawarkan aplikasi seluler untuk Android dan iOS yang dibuat dengan  teknologi seperti Kotlin, Swift, dan Objective-C.

  • Kecerdasan buatan (AI):

Platform tersebut juga mulai menggunakan teknologi AI untuk mengembangkan platformnya seperti chatbots yang dapat membantu pengguna menyelesaikan transaksi.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, Aplikasi Blibli mampu memberikan layanan e-commerce  terdepan dan memfasilitasi transaksi online bagi pengguna.

Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Yang Digunakan Aplikasi Blibli

Berikut  kelebihan dan kekurangan  beberapa teknologi yang digunakan Blibli pada platform e-commerce mereka:

1. JaVa

Kelebihan:

  • Java merupakan bahasa pemrograman yang stabil dan dapat diandalkan, sehingga dapat menjamin keamanan dan stabilitas platform Blibli.
  • Java mampu menjalankan aplikasi dengan performa tinggi dan cepat.
  • Java memiliki perpustakaan dan kerangka kerja yang lengkap dan banyak digunakan, sehingga  pengembangan aplikasi di platform Blibli menjadi mudah.

Kekurangan:

  • Java dapat memakan banyak memori dan oleh karena itu memerlukan mesin yang cukup kuat untuk menjalankannya.
  • Kode Java cenderung lebih panjang dan kompleks, sehingga dapat memengaruhi waktu pengembangan dan memerlukan tim pengembangan yang terlatih.

2. MySQL

Kelebihan:

  • Mysql memiliki kinerja yang cepat dan stabil sehingga dapat menjaga ketersediaan data di Aplikasi Blibli
  • MySQL berfitur lengkap dan mendukung banyak jenis indeks, membuat pencarian dan pengelolaan data menjadi cepat dan mudah.
  • MySQL mudah digunakan dan memiliki dokumentasi yang luas sehingga memudahkan pengembang di platform Blibli.

Kekurangan:

  • MySQL mungkin mengalami kemacetan atau kinerja buruk pada database yang besar dan kompleks. 
  • MySQL memiliki keterbatasan skalabilitas sehingga harus dioptimalkan dan dikonfigurasi dengan baik agar mampu menangani beban berat.

3. Layanan Web Amazon  (AWS)

Kelebihan:

  • AWS menyediakan layanan komputasi awan yang komprehensif dan sangat skalabel untuk memastikan ketersediaan platform Blibli.
  • AWS mudah digunakan dan memiliki dokumentasi yang lengkap sehingga memudahkan tim pengembangan dalam bekerja di platform Blibli.
  • AWS memiliki fitur keamanan yang baik serta mendukung pemantauan dan manajemen beban yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja platform Blibli.

Kekurangan:

  • Biaya Penggunaan layanan AWS dapat miningkatkan biaya oprerasional pada Aplikasi Blibli
  • AWS bisa jadi rumit dan memerlukan pengetahuan mendalam, sehingga membutuhkan tim pengembang yang terlatih.

Dari penjelasan  fitur-fitur yang ada pada platform e-commerce Aplikasi Blibli, kita dapat menyimpulkan bahwa Blibli menawarkan berbagai fitur yang sangat berguna bagi  pengguna saat berbelanja online. Dengan banyaknya fitur tersebut, pengguna dapat merasa lebih nyaman, aman dan mudah saat berbelanja di Blibli. Sehingga dapat menjadi pilihan utama  konsumen yang ingin berbelanja online.

Baca Juga