fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Aplikasi Animasi 3d Android untuk Pemula

Dhian rama

Dewabiz – Apakah Kamu bercita-cita  menjadi  animator profesional? Mempelajari cara membuat animasi kini  mudah dan dapat diakses oleh semua orang, termasuk Kamu tentunya! Kamu dapat mencoba membuat animasi menggunakan berbagai Aplikasi Animasi 3d Android.

Ingin tahu apa saja rekomendasi Aplikasi Animasi 3d Android terbaik atau aplikasi animasi 3D yang mudah digunakan untuk pemula? Yuk cari tahu pada artikel berikut ini. Plus, di akhir artikel Kamu akan menemukan tips dan trik mempelajari cara membuat animasi yang sukses untuk animator pemula! Sebelum membahasnya kmu harus tahu pengertianya terlebih dahulu

Pengertian Animasi ?Animasi adalah seni memberi kehidupan pada benda mati atau ilustrasi/karakter 3D. Cara membuat animasi dengan memproyeksikan gambar secara cepat secara berurutan, satu demi satu, untuk menciptakan ilusi kehidupan. Selanjutnya berikut Daftar Aplikasi yang harus kamu ketahui.

Daftar Aplikasi Animasi 3D Android

Pernahkah Kamu menonton film kartun? Seberapa bagus animasi  film yang Kamu tonton? Pada umumnya kartun layar lebar mempunyai desain kartun yang bagus dan menarik. Beberapa contoh kartun 2D dan 3D yang populer di Indonesia antara lain Spongebob Squarepants, Doremon, Upin dan Ipin.

Di benak orang awam, membuat film animasi yang bagus bisa jadi merupakan hal yang sulit. Namun kenyataannya tidak selalu seperti itu. Perkembangan teknologi telah menciptakan banyak aplikasi  animasi yang bisa Kamu coba pelajari di rumah. Kegiatan ini juga bisa menjadi kegiatan yang menyita waktu luangmu selama isolasi mandiri terkait pandemi COVID-19 lho!

Kamu juga tidak perlu  menggunakan  komputer, cukup bermodalkan smartphone kamu sudah bisa mengeluarkan kreativitasmu dan membuat animasi sesukamu! Penasaran  aplikasi  animasi 2D dan 3D mana yang cocok bagi pemula dalam membuat animasi?

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi 3D Android

Aplikasi Pembuat Animasi 3D Android rekomendasi aplikasi animasi 2D dan 3D terbaik di smartphone Android  untuk pemula.

1. Pembuat Animasi PicsArt, GIF dan Video

Siapa yang tidak kenal PicsArt? Nama aplikasi edit foto ini memang sudah sangat terkenal dan telah diunduh oleh 5 juta pengguna Android di berbagai negara di  dunia. Namun selain untuk mengedit foto, PicsArt juga membuat Aplikasi Animasi 3d Android bernama PicsArt Animator, GIF dan Video.

PicsArt Animator dianggap sebagai aplikasi pembuat kartun terbaik yang direkomendasikan bagi mereka yang baru mengenal animasi.  Ada banyak fitur hebat yang bisa Kamu coba jika Kamu belajar membuat animasi dengan PicsArt Animator, seperti fitur menggambar animasi  dan stop motion, alat melukis dan rekaman suara untuk animasi, hingga ribuan stiker untuk mempercantik desain animasi kustom Kamu yang telah kamu edit.

Selain itu, Kamu dapat mengontrol sendiri kecepatan pergerakan animasinya. Terakhir, animasi Kamu dapat disimpan sebagai video atau GIF yang dapat dibagikan di jejaring sosial. Sangat menarik bukan!

2. Animate Me

Rekomendasi animator selanjutnya adalah Animate Me dari App Monkeys Software. Aplikasi ini akan mengajarkan Kamu metode dasar untuk membuat  animasi 3D. Sistem pembelajaran yang diberikan sama menyenangkannya dengan bermain game.

Di Aplikasi Animasi 3d Android Animate Me ini Kamu akan mempelajari cara membuat animasi menggunakan panel  navigasi yang disediakan. Panel ini berisi berbagai animasi bentuk gerak dan arah  yang biasa digunakan dalam  animasi 3D, seperti berlari, berjalan, melompat, melompat, dan berbicara menggunakan fitur audio. Nantinya, Kamu juga bisa membuat animasi 3D sendiri yang bisa bergerak selancar objek di dunia nyata.

3. FlipaClip

Kamu juga dapat mencoba menggunakan aplikasi  animasi “FlipaClip – Cartoon Animation” yang diterbitkan oleh Visual Blaster LLC. FlipaClip telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna Android di seluruh dunia dan mendapat rating bintang  4,3. 

Dari segi fitur,  pembuat kartun ini memiliki alat desain yang lengkap dan mudah digunakan untuk pemula seperti penghapus, kuas, warna isian, laso, input teks, dan penggaris. Kamu juga dapat mendesain animasi bingkai demi bingkai, menambahkan suara, dan menggabungkan animasi dengan bingkai foto atau video lainnya.

Jangan khawatir jika Kamu masih  kesulitan  membuat animasi dengan FlipaClip karena aplikasi ini juga menyediakan video tutorial  lengkap dan siap membantu Kamu. Untuk hasil akhirnya, animasi Kamu dapat disimpan  dalam format GIF atau MP4. FlipaClip semakin direkomendasikan untuk dicoba karena menawarkan semua fiturnya secara gratis!

4.  Toontastic 3D

Toontastic 3D merupakan aplikasi pembuatan animasi keluaran Google LLC yang dapat digunakan untuk membuat film dengan smartphone. Aplikasi Toontastic 3D menyediakan fungsionalitas animasi lengkap  mulai dari desain latar belakang, objek, dan sulih suara sehingga karakter animasi  Kamu dapat berbicara.

Berbeda juga dengan aplikasi  animasi lainnya, di Toontastic 3D Kamu dapat menyesuaikan wajah karakter kartun Kamu menggunakan foto yang ada di galeri ponsel cerdas Kamu. Maka tak heran jika Toontastic 3D telah diunduh oleh 1 juta pengguna Android.  Toontastic 3D tersedia gratis di Google Play Store pada tautan:

5. Animation Maker

Animation Maker juga merupakan aplikasi pembuat animasi yang direkomendasikan untuk pemula. Aplikasi ini berfokus pada jenis animasi stop-motion dan dilengkapi dengan berbagai alat untuk membuat efek gerakan seperti efek freehand, lingkaran, garis, dan persegi. Animasi yang Kamu hasilkan dapat disimpan sebagai MP4 dan GIF.

Menggunakan Aplikasi Animasi 3d Android ini StickDraw untuk menggambar animasi juga mudah. Banyak pengguna yang berkomentar bahwa menggunakan StickDraw mirip dengan menggambar di aplikasi Paint. Aplikasi ini tidak menyediakan karakter pre-made atau default sehingga sangat cocok bagi Kamu yang suka menggambar dengan bebas.

6. Animasi Kamera GIFMOB

Tidak ingin harus menggambar animasi secara manual? Animasi Kamera GIF MOB punya solusinya! Aplikasi besutan PHOTO3DLAB ini hanya bisa membuat animasi  dari hasil jepretan kamera smartphone saja.

Animasi yang dihasilkan nantinya berupa stop motion, karena animasi tersebut dibuat dari rangkaian gambar yang bergerak sedikit demi sedikit. Saat foto-foto ini digabungkan, Kamu mendapatkan efek animasi stop motion.

7. Animation Desk

Bagi yang ingin berkreasi dengan animasi 2D, “Animation Desk: Buat animasi dan kartun Kamu” adalah saran terbaik yang pantas untuk dicoba. Aplikasi ini bekerja dengan  membuat animasi frame-by-frame dan Kamu dapat dengan bebas menggambar objek animasi menggunakan 45 jenis kuas yang tersedia seperti kuas, pensil, krayon, tinta pulpen dan lain-lain.

Bagi  Kamu yang belum tahu cara menggambar, aplikasi ini juga memiliki alternatif lain dengan kemampuan mengimpor foto atau video menjadi animasi. Aplikasi ini juga memungkinkan  proses dubbing sehingga animasi yang dibuat terlihat seperti film yang dibuat secara profesional.

Kecepatan Aplikasi Animasi 3d Android bingkai animasi ini diizinkan oleh aplikasi ini mulai dari 3 fps hingga 24 fps (fps) dan Kamu dapat mengaturnya secara manual sesuai keinginan. Ingin mencoba Meja Animasi? Unduh aplikasi gratisnya sekarang dari Play Store.

 8. I Can Animate

Rekomendasi selanjutnya adalah I Can Animate dari Kudlian Software. Aplikasi pembuat animasi android ini memungkinkan Kamu  membuat animasi slow motion secara gratis.

Berbagai fitur editing tersedia lengkap untuk membuat desain seperti undo, redo, edit, delete, copy, paste, cut dan lain-lain. Bahkan sebelum menyimpan atau membagikan animasi akhir  buatan Kamu, Kamu dapat mempratinjaunya terlebih dahulu.

9. Draw Cartoons 2

Apakah Kamu ingin menggambar dan menganimasikan secara bersamaan? Gunakan aplikasi Draw Cartoons 2 sebagai gantinya! Aplikasi buatan Zalivka Mobile Cartoons ini memungkinkan Kamu  menggambar sketsa kartun lalu mengubahnya menjadi gerakan.

Draw Cartoons 2 menyediakan alat menggambar dan animasi yang komprehensif dan mudah digunakan untuk pemula.  Kamu juga dapat membagikan  animasi yang dihasilkan sebagai video di jejaring sosial atau menyimpannya ke galeri dalam mode offline.

10.  PicPac dan TimeLapse melalui Stop Motion

Rekomendasi Aplikasi Animasi 3d Android terakhir adalah PicPac Stop Motion dan TimeLapse. Sesuai dengan namanya, aplikasi  ini menawarkan teknik animasi stop-motion, yaitu cara memanipulasi objek untuk memberikan kesan bergerak sendiri.

PicPac Stop Motion memungkinkan Kamu  membuat berbagai animasi stop motion menggunakan foto yang diambil langsung dari kamera atau foto dari galeri.  Kamu juga dapat memasukkan audio musik dan file MP3 lainnya ke dalam animasi yang sedang dibuat. Canggih sekali, bukan?

Animasi PicPac Stop Motion menghasilkan resolusi kualitas tinggi  dari 360p, 480p, dan 720p. Kamu memiliki opsi untuk memilih apakah Kamu ingin menyimpan animasi pada resolusi yang Kamu inginkan, serta menambah atau menghapus tanda air di video.

Tips Dan Trik  Khusus Untuk Menjadi Top Animator yang Sukses

Setelah mengetahui rekomendasi Aplikasi Animasi 3d Android, sekarang saatnya mempelajari praktik terbaik animasi 3D. Belajar keras dan berusaha membuat animasi pasti akan membantu Kamu menjadi lebih mahir. Namun hanya mengandalkan proses belajar saja terkadang tidak cukup. Kamu perlu mengetahui tips dan trik  khusus untuk menjadi top animator yang sukses, yaitu:

1. Jangan Menyerah

Faktanya, membuat sebuah animasi yang indah tidak bisa dilakukan secara instan atau dalam semalam. Semua animator profesional telah melalui banyak trial and error dan tidak dapat membuat animasi yang mulus. Jadi Kamu harus memiliki semangat yang kuat untuk mempelajari dan mempraktekkan berbagai cara membuat animasi.

2. Percaya Diri

Kurangnya rasa percaya diri seorang animator dapat menyebabkan kesalahan dalam proses  animasi. Misalnya, Kamu berusaha keras membuat film animasi tetapi tidak berani  mempublikasikannya. Jadi siapa yang kalah? Tentu saja itu kamu.

Atau dalam kasus lain, Kamu memutuskan untuk berhenti melakukan animasi di tengah jalan karena tiba-tiba Kamu merasa tidak aman dan kehilangan semangat untuk belajar. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri dapat mendorong Kamu untuk selalu yakin bahwa Kamu mampu mengikuti semua proses pembelajaran animasi. 

3. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Besar

Semua animator profesional bisa sukses karena selalu menunjukkan rasa ingin tahu yang besar. Carilah banyak ide, konsep, dan inspirasi baru yang dapat “menyegarkan” animasi Kamu. Terus-menerus menemukan ide-ide baru juga akan membantu Kamu mempertajam kepekaan dan pengetahuan Kamu.

Selain itu, jangan menangani pekerjaan terlalu cepat. Masih  banyak inspirasi, ilmu, dan ide yang  perlu dikembangkan untuk mendapatkan  karya anime terbaik. kamu bisa memikirkan Disney, Pixar atau Ghibli. Bagian terpenting dari semua ini adalah dari kehidupan.

Istilah Animator yang Kamu Harus Pahami

Memberi kehidupan adalah esensi sejati dari karya seorang animator. Dan ada banyak cara untuk melakukan itu. Nah, sebelum masuk ke ide dasar  cara membuat animasi, penting untuk memahami kosakata dan terminologi spesifik yang digunakan dalam industri animasi dan  film.  

Istilah-istilah ini akan sering muncul di Aplikasi Animasi 3d Android, jadi mari  luangkan waktu beberapa menit untuk membahasnya:

Garis Waktu

Garis waktu atau timeline adalah  perangkat lunak animasi yang menggambarkan kemajuan suatu animasi dari waktu ke waktu. Tergantung pada perangkat lunaknya, ia mungkin menggunakan garis waktu untuk mengubah durasi animasi serta posisi elemen.

Rasio  Aspek

Kecepatan bingkai suatu animasi adalah jumlah bingkai (atau bingkai) individual yang dirender dalam periode satu detik. Ini adalah pengaturan yang dapat Kamu sesuaikan di perangkat lunak animasi Kamu. Animasi biasanya dilakukan pada 24 frame per detik (FPS).

Sedang Mengerjakan Satu Dan Dua

Mengerjakan satu atau dua adalah istilah yang digunakan dalam animasi gambar tangan. Pekerjaan pertama adalah membuat frame baru di dalam setiap frame animasi. Pekerjaan kedua berarti menjaga setiap frame untuk dua, jadi  animasi kedua pa:da 24fps hanya akan memiliki 12 frame, bukan 24.

Dalam animasi 2D, bekerja dalam dua frame tampaknya tepat dalam banyak kasus, dan bahkan ada kasus di mana satu frame dapat disimpan lebih lama. Namun dalam 3D, pemrosesan manusia adalah hal yang biasa. Artikel terkait Chakra UI Semantic  UI, berikut adalah komponen perpustakaan React UI terbaik

Rencana dan Konteks

Secara umum dalam pembuatan film live-action, istilah “adegan” mengacu pada bingkai-bingkai di antara pengeditan kamera, sedangkan adegan adalah seluruh cuplikan dan dialog yang terjadi di lokasi tertentu dalam jangka waktu yang terus-menerus.

Namun dalam animasi, kita sering menggunakan istilah “scene” dan “scene” secara bergantian. Ketika kita berbicara tentang cuplikan/adegan, kita biasanya merujuk pada  animasi berkelanjutan di antara jepretan kamera.

Keyframe, Split, Dan Split

Keyframe, split, dan split adalah istilah penting tetapi memiliki arti yang sedikit berbeda bergantung pada jenis animasinya. Dalam animasi yang digambar tangan, keyframe (atau hanya tombolnya) adalah pose  utama yang mendefinisikan adegan.

Masalah terjadi antar node dan menentukan apa yang berpindah dari satu node ke node lainnya. Di antaranya terdapat semua bingkai perantara untuk memuluskan gerakan. Dalam 3D, keyframe adalah posisi apa pun di timeline tempat animator mengidentifikasi posisi karakter. Di tengahnya terdapat semua gambar yang diinterpretasikan oleh komputer atau secara otomatis  memindahkan karakter dari satu kunci ke kunci lainnya.

Waktu, Jarak, Dan Pelonggaran

Waktu, jarak, dan pelonggaran adalah istilah yang berkaitan erat. Jarak adalah besarnya perubahan yang terjadi antar setiap frame. Waktu mengacu pada jumlah total frame yang akan digunakan untuk suatu gerakan.

Mengurangi jarak membuat objek menjadi lebih lambat, sedangkan menambah jarak membuat objek muncul lebih cepat. Dalam animasi digital, easing adalah cara untuk mengontrol jarak, seringkali melalui grafik animasi pada timeline.

Composting

Compositing  adalah proses menyatukan seluruh bagian  sebuah adegan untuk menghasilkan hasil visual akhir.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Aplikasi Animasi 3d Android kamu bisa  melalui smartphone lho membuat animasi. Terima kasih telah membaca dan setia mengunjungi halaman aplikasi, semoga artikel  ini bermanfaat bagi Kamu!

Baca Juga