fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Mengenal Pengertian dan Macam – Macam Aplikasi Administrasi Sekolah

Dhian rama

Dewabiz – Era Digital semakin lama semakin maju dengan adanya perkembangan ini memudahan kita dalam berbagai hal keperluan, salah satunya di pendidikan. Di bidang pendidikan ada sebuah Aplikasi Administrasi Sekolah yang memudahkan kita dalam mengelola lebih baik dan terstruktur.

Kali ini kami akan menjelaskan Aplikasi Administrasi Sekolah yang bisa kamu terapkan di sekolah maupun kampus. Namun sebelum itu ada hal penting yang harus kamu ketahui dan mengenal Apa Pengertian Administrasi I Sekolah? Penjelasanya selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Administrasi Sekolah

Pengertian Tata Kelola Sekolah  Tata kelola sekolah merupakan suatu bentuk upaya memadukan kegiatan dan program yang ada. Kegiatan ini saling bergantung dengan kelompok dan individu dengan tujuan yang sama yaitu kepentingan siswa.

Ini adalah penjelasan tambahan tentang keberadaan regulator pendidikan. Pengertian manajemen pendidikan dikemukakan oleh beberapa ahli sebagai berikut.

  • Bapak Ngalim Purwanto berpendapat bahwa manajemen pendidikan adalah suatu proses pengintegrasian atau penggabungan tujuan pendidikan yang bersifat individual, spiritual, dan material.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga mendefinisikan manajemen pendidikan sebagai segala proses yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan, termasuk pengarahan, perencanaan, pengkoordinasian, pendanaan, pelaporan, pemantauan sebagai bagian dari ruang lingkup pendidikan.
  • Dasuqi dan Somantri berpendapat bahwa manajemen pendidikan merupakan upaya untuk mengamalkan prinsip-prinsip administrasi yang ada dalam bidang pendidikan.
  • Hadari Nawawi, berpendapat bahwa manajemen pendidikan adalah serangkaian kegiatan yang dipadukan untuk mewujudkan pendidikan guna mewujudkan pendidikan yang sistematis. Good Carter V, menjelaskan administrasi pendidikan sebagai seperangkat teknik dan prosedur yang digunakan dalam pengelolaan lembaga pendidikan menurut kebijakan yang telah ditentukan.
  • Menurut Knezevich, manajemen pendidikan adalah suatu proses yang berkaitan dengan penciptaan, pemeliharaan, dorongan dan pemersatuan personel suatu lembaga pendidikan guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  • Nasution berpendapat bahwa manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses dari seluruh kegiatan umum dalam bidang pendidikan, dengan menggunakan segala sarana yang ada, baik yang bersifat personal, material, maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan.

Pengertian manajemen pendidikan dari berbagai Sumber

Selain itu, manajemen pendidikan juga dapat dipahami sebagai kerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan, serta proses-proses untuk mencapai tujuan pendidikan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, manajemen pemantauan dan evaluasi.

Manajemen pendidik juga dapat dianggap sebagai suatu sistem keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berinteraksi, yang tujuan pengelolaannya adalah untuk mengendalikan apakah tujuan yang telah ditetapkan tercapai atau tidak.

Dari perspektif kepemimpinan, pendidik pengelola menjawab pertanyaan tentang bagaimana administrator pendidikan melaksanakan tugasnya serta proses pengambilan keputusan antara staf dan pimpinan.

Sedangkan dari sudut pandang manajemen pendidikan, komunikasi merupakan upaya untuk memahami orang lain dan sebaliknya. Manajemen sekolah juga dapat dilihat dari segi administrasi dalam hal kegiatan pencatatan yang teratur, kegiatan pencatatan, surat menyurat dengan segala aspeknya dan penyusunan laporan.

Dengan memperhatikan komponen pendidikan dan sistem pendidikan, maka pemerintah akan berperan dalam mendukung dan mempercepat proses belajar mengajar. Dalam manajemen pendidikan, akan ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Belum lagi keadaan sosial seperti putus sekolah dan permasalahan terkait minimnya pendidikan karakter.

Manajemen sekolah merupakan salah satu pekerjaan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Manajemen administrasi yang baik diperlukan untuk memberikan layanan kepada pemangku kepentingan dan menghasilkan efisiensi operasional yang lebih baik.

Akurasi ketepatan waktu dalam penyajian data atau informasi penting pengelolaan administrasi yang baik Sebelum adanya teknologi informasi, pengelolaan sekolah dilakukan secara manual. Data administrasi sekolah dicatat dalam buku dan catatan harian yang disimpan dalam tempat penyimpanan berkas besar sekolah.

Namun kini berkat kemajuan teknologi, administrasi sekolah dapat dilakukan secara digital melalui aplikasi manajemen sekolah. Penerapan teknologi dalam manajemen sekolah dapat dimanfaatkan oleh berbagai jenjang pendidikan seperti SD, SMP, SMA dan SMK serta Madrasah. Aplikasi administratif ini biasanya berbasis Excel, yang dapat Kamu gunakan secara offline dan diunduh secara gratis.

Sementara itu, untuk mengelola administrasi online tersedia aplikasi web. Beberapa pengembang membuat perangkat lunak ini dengan menggunakan latar belakang html, php, c#, dll, kode sumber yang dapat Kamu unduh dari github, forum pengembang perangkat lunak atau situs web pribadi pengembang. 

Apa itu Aplikasi Administrasi Sekolah ?

Pada dasarnya aplikasi manajemen sekolah merupakan sebuah perangkat lunak yang membantu pengelola sekolah dalam menjalankan seluruh proses pengelolaan bisnis sekolah, mulai dari pengendalian, pengelolaan, dan pengoperasian metode atau berbagai upaya untuk mencapai tujuan sekolah.

Ruang Lingkup Aplikasi Administrasi Sekolah?

Tugas seorang administrator sekolah dalam suatu lembaga pendidikan banyak sekali. Jika digolongkan, setidaknya ada 4 jenis pekerjaan manajemen sekolah dan lamaran manajemen sekolah harus mencakup semua jenis pekerjaan tersebut, yaitu:

  • Sistem Manajemen Pembelajaran
  • Sistem inventaris sekolah
  • Sistem keuangan sekolah
  • Sistem informasi sekolah

Dari keempat kategori tersebut, tugas utama staf administrasi adalah akuntansi, keuangan, dan sistem informasi sekolah. Adapun pengelolaan pembelajaran merupakan tugas guru dan guru yang memimpin. Namun dengan empat sistem yang ada, sebuah aplikasi manajemen sekolah bisa dikatakan sebagai aplikasi yang lengkap karena mencakup seluruh aktivitas sekolah.

Rekomendasi Aplikasi Administrasi Sekolah

Bagi menginginkan aplikasi manajemen sekolah dengancakupan system yang lengkap, berikut rekomendasi admin beserta contoh aplikasinya :

1. Fekara

Aplikasi Administrasi Sekolah  yang pertama yaitu Fekara merupakan aplikasi webmaster yang dapat Kamu gunakan. Kamu dapat mencoba aplikasinya secara gratis di sini. Namun sebelum itu, Kamu harus mendaftar atau mendaftar terlebih dahulu. Keunggulan aplikasi Fekara tampilan dashboard yang bersih dan modern. Banyak fitur manajemen sekolah yang didukung, termasuk:

Ujian atau tes, penganggaran dan pesan internal untuk karyawan. Fekara juga dapat diinstal pada perangkat seluler seperti smartphone dan tablet untuk mendukung manajemen pengguna tanpa batasan ruang dan waktu. Meski begitu, Fekara masih memiliki beberapa kekurangan. Terlebih lagi, Kamu harus membayar biaya $0,20 per siswa atau biaya satu kali $350 tanpa batas penggunaan.

2. Fedena

Aplikasi Administrasi Sekolah  selanjutnya bernama Fedena adalah software manajemen sekolah gratis dan open source yang memilki fitur lebih dari sekedar system informasi siswa. Fedena lebih fokus pada pengelolaan data.  Keunggulan Fedena adalah tidak ada batasan jumlah administrator dan mahasiswa yang login ke sistem serta jumlah dan jenis mata kuliah.

Desain Fedena menggunakan Ruby on Rail yang memungkinkan bidang menyesuaikan kode sesuai kebutuhan. Sistem Fedena meliputi manajemen personalia, keuangan, ujian, menghubungkan siswa dan orang tua. Seperti aplikasi lainnya, Fedena juga memiliki kekurangan yaitu fitur yang terbatas dari versi open source. Jika Kamu menginginkan versi lengkap, Kamu dapat mengakses Fedena versi berbayar.

3. Gibbon

Aplikasi Administrasi Sekolah  lainya ada Gibbon, aplikasi ini berbeda dengan Fekara dan Fedena, selain berguna untuk manajemen sekolah, Gibbon juga menyediakan fitur dan layanan untuk guru. Kekuatan Gibbon terletak pada banyak fiturnya, termasuk alat administrasi dan keuangan, manajemen sumber daya manusia, penggajian, pembuatan faktur, penjadwalan, dan banyak lagi.

Alat yang disediakan Gibbon untuk guru mencakup akses orang tua untuk melihat buku nilai dan hasil penilaian, rubrik, dan katalog perpustakaan. Selain keunggulan tersebut, Gibbon juga memiliki kelemahan teknis.

Bagi yang tidak mengerti dunia pemrograman, hal ini bisa menjadi masalah. Karena support yang diberikan biasanya hanya ditulis langsung oleh pengguna yaitu administrator, guru dan orang tua. Sedikit informasi tentang Gibbon mengharuskan Kamu untuk sangat pintar menemukan sendiri fitur-fitur yang diperlukan untuk sekolah.

4.Buka SIS

Aplikasi Administrasi Sekolah  selanjutnya yaitu OpenSIS  aplikasi ini gratis lho. dan open source yang memenuhi kebutuhan sekolah wajib baik negeri maupun swasta (SD, SMP hingga SMA/SMK). Platform ini sempurna untuk sekolah kecil yang staf TI-nya dapat menangani program ini.

Keunggulan OpenSIS adalah versi gratisnya sudah memiliki semua fitur, termasuk menyimpan transkrip, rekam medis, kehadiran, informasi demografi, jadwal, buku catatan, dan laporan khusus. OpenSIS ini memiliki rating 4,8/5 di SourceForge, yang menunjukkan rating sangat baik.

Namun kelemahan OpenSIS adalah tidak memiliki fungsi departemen, portal kelas, penagihan, atau pelaporan berskala lebih besar. Selain itu, administrator harus memahami PostgreSQL. Unduh Gratis OpenSIS

5. Sekolah Pintar

Aplikasi Administrasi Sekolah ke lima yaitu SmartSchool, sebuah aplikasi yang dibuat oleh anak-anak lokal. SmartSchool versi lengkap adalah aplikasi manajemen sekolah dengan 4 bidang manajemen sekolah di atas.

Keunggulan SmartSchool dibanding 4 rekomendasi di atas adalah SmartSchool memiliki interface yang user friendly dan menggunakan bahasa Indonesia sehingga mudah digunakan.

Rancangan sistem dalam ruang lingkup SmarSchool cukup komprehensif, karena hampir semua kegiatan sekolah, mulai dari pembelajaran hingga manajemen dan sistem informasi, berada dalam SmartSchool, total 24 sistem yang terintegrasi.

Namun, sangat disayangkan sistem 24 SmartSchool belum mencapai tahap akhir. Artinya saat ini hanya beberapa sistem pada SmartSchool yang dapat digunakan yaitu SmartSchool Learning Management system;

  • Antara lain e-learning, electronic reporting, testing (cbt), ppdb dan wisuda. 3 sistem lainnya tidak dapat digunakan, yaitu:
  • Sistem keuangan; yang meliputi sistem spp, uang saku siswa, pengelolaan keuangan sekolah, tabungan siswa dan lain-lain.
  • Sistem manajemen sekolah; yang meliputi inventarisasi, sarana dan prasarana, surat menyurat, manajemen personalia, perpustakaan dan laboratorium.
  • Sistem informasi sekolah; yang meliputi bursa kerja, sistem alumni, sistem informasi beasiswa, contact book dan lain-lain. 

6. EdConnect

Aplikasi Administrasi Sekolah  bernama EdConnect adalah aplikasi manajemen sekolah gratis yang cocok untuk sekolah dasar, menengah, dan menengah atas. Beberapa fitur dasar yang disediakan dalam aplikasi ini antara lain kontrol akses, kehadiran, impor dan ekspor data, pembuatan laporan, sistem notifikasi formulir dan penilaian siswa.

EdConnect sendiri tersedia dalam dua versi, edisi Lite dan Enterprise. Untuk versi Lite, guru dapat mempelajari lebih lanjut layanan EdConnect dengan lebih cepat. Sedangkan untuk Enterprise, dirancang untuk digunakan murni oleh orang-orang yang benar-benar memahami aplikasinya.

7. Aplikasi Cerdig

Cerdig adalah platform yang menggabungkan manajemen pembelajaran, manajemen informasi, dan manajemen sekolah dalam satu aplikasi. Aplikasi ini dirancang khusus agar sesuai dengan sistem pendidikan khas Indonesia. Nama-nama fungsi dan fungsi Cerdig terbilang unik karena sering ditemukan di sekolah offline, sehingga daftar fungsi Cerdig mudah digunakan.

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Sekolah Terbaik Aplikasi Cerdig memungkinkan kolaborasi yang efektif dan efisien antara sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Semua orang mendapat manfaat dari semua sistem dan fungsi informasi sekolah Cerdig untuk pengajaran dan pembelajaran.

Aplikasi ini bekerja dengan menggabungkan lebih banyak fitur sekolah online seperti rapat video, tes, kehadiran, dan ringkasan penilaian dalam satu platform. Oleh karena itu, pengguna termasuk guru, orang tua, siswa, dan administrator sekolah tidak perlu masuk dan keluar untuk mengakses fitur aplikasi.

Selain itu, Cerdig mudah digunakan oleh semua pengguna, apapun tingkat pendidikannya. E-learning menjadi lebih menyenangkan dengan penggunaan Cerdig yang sederhana dan ramah pengguna; sesederhana menggunakan media sosial. Dengan Cerdig, guru tidak lagi harus bekerja dua kali untuk mengolah dan menyimpan data. Siswa dan orang tua dapat dengan mudah memverifikasi.

Manfaat Dan Rekomendasi Aplikasi Manajemen Sekolah Terbaik

Siapa yang mendapat manfaat dari penggunaan aplikasi ini? Semuanya, orang tua dan guru. Manajer, administrator, dan siswa sekolah akan mendapat manfaat dari penggunaan aplikasi ini. 

·         Untuk sekolah:

Penggunaan aplikasi Cerdig dapat memperkuat brand mereka sebagai sekolah yang menerapkan teknologi terkini, sekaligus mempermudah pengelolaan karena efisien dan tanpa kertas, hemat biaya untuk kebutuhan TI berkelanjutan mereka.

Dengan aplikasi Cerdig, informasi sekolah menjadi lebih bersih, sederhana dan aman. Selain itu, komunikasi dengan orang tua menjadi lebih mudah dan nyaman. Pelaporan administratif kepada Kepala Sekolah juga dipermudah karena terintegrasi dalam sistem manajemen pendidikan.

·         Untuk guru:

Aplikasi paling cerdas yang paling membantu guru. Video langsung memudahkan pengajaran tanpa meninggalkan platform. Tetapkan tugas atau tes dengan mudah dengan pertanyaan berbeda. Penilaian lebih cepat dengan sistem otomatis.

Memfasilitasi dan mendorong keterlibatan siswa. Pelaporan lebih mudah. Mengkomunikasikan informasi dengan mudah kepada siswa dan orang tua. Peluang mendapatkan berbagai reward sebagai pengguna aktif Cerdig. Untuk siswa:

Akses informasi lebih cepat Belajar lebih menyenangkan Akses mudah dan dilengkapi dengan fitur kustomisasi yang Kamu inginkan, misalnya jejaring sosial. Memungkinkan Kamu berkomunikasi dengan guru tanpa meninggalkan aplikasi. Lakukan tugas langsung di aplikasi. Konseling virtual dapat dilakukan dengan guru pembimbing, dapat dibuat kelompok virtual antar siswa atau komunikasi antar siswa.

·         Untuk orang tua:

Kemampuan untuk melacak pembelajaran anak secara real time. Mudah berkomunikasi dengan guru/lembaga pendidikan. Informasi sekolah disediakan dengan cepat dan mudah. Cari tahu nomor ponsel lengkap teman sekelas anak Kamu. Dapat membuat pembayaran uang sekolah semudah berbelanja online.

Di dunia digital saat ini, merespons pandemi (semoga) masih memerlukan sistem informasi sekolah online. Bahkan dalam konteks pandemi, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, harus ada perubahan dalam cara pengelolaan sekolah.

Karena bukan tidak mungkin banyak sekolah yang membutuhkan hikmahnya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Banten merupakan salah satu lembaga pendidikan ternama di Indonesia. SMK merupakan jenjang sekolah menengah atas yang membekali siswa dengan keterampilan praktis agar siap memasuki dunia kerja setelah lulus. Berikut daftar sekolah SMK terbaik di Banten.

Tujuan lain dari manajemen pendidikan adalah tercapainya keluwesan proses manajemen pendidikan, efisiensi dan kinerja dalam penyelenggaraan manajemen pendidikan serta terwujudnya kesinambungan pendidikan dan manajemen pendidikan, kehidupan yang berdisiplin dan berpedoman pada linearitas keilmuan. 

Demikianlah ulasan tentang  Pengertian apalikasi sekolah sampai jenis Aplikasi Administrasi Sekolah, ulasan diatas ingin menjelaskan kepada kamu bahwa admistrasi sekolah bisa kita terapkan dengan menggunakan aplikasi secara online. Maka dari itu kita harus memanfaat perkembangan digital ini untuk membantu keperluan kita. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca Juga