fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Domain

Apa yang Dimaksud dengan Domain Controller? Ini Penjelasannya!

Rianda

Tentunya mengetahui apa yang dimaksud dengan domain controller menjadi hal penting bagi pengguna website. Melalui adanya domain controller ini, nantinya akan ada sistem yang dapat membantu pengguna terhubung dengan jaringan komputer.

Adanya domain ini akan membantu pengguna supaya bisa menggunakan website lebih mudah dan lancar. Namun, apa sebenarnya fungsi dari domain controller ini? Simak informasinya berikut untuk lebih jelasnya:

Mengenal Domain controller

Pada dasarnya dalam setiap sistem tentunya akan ada bagian yang bertugas untuk menjaga keamanan dari website. Hal ini digunakan supaya nantinya ada server yang dapat mengatur keamanan dari sistem website.

Umumnya domain controller ini sendiri juga merupakan suatu sistem yang nantinya akan membantu pengguna dalam memberikan respon terhadap permintaan izin dalam website. Permintaan izin ini nantinya akan berkutat terkait adanya permission dari windows.

Hal ini memiliki fungsi yang mirip dengan adanya sistem permission pada ponsel pada saat ada aplikasi baru masuk. Hal ini sendiri, juga memiliki fungsi sama dimana sistem ini akan memberikan izin pada identifikasi sistem baru pada website.

Adanya perizinan yang dilakukan oleh domain controller ini nantinya akan berfungsi untuk menjaga keamanan dari website. Baik dari kebocoran data bahkan juga datangnya virus yang dapat merusak.

Seperti yang diketahui bahwasannya serangan cyber memang menjadi hal yang sering terjadi pada suatu sistem. Khususnya akun website. Hal inilah kemudian yang membuat adanya domain controller begitu penting untuk menghindari dari terjadinya serangan ini.

Domain controller ini pun bisa diibaratkan sebagai polisi dalam suatu sistem domain yang tidak memiliki wujud. Sistem ini ada dalam bentuk aplikasi yang bertugas melindungi domain. Tidak heran bila pada akhirnya pengguna website haruslah mengetahui apa yang dimaksud dengan domain controller supaya domain lebih aman.

Apa Sebenarnya Fungsi Domain Controller?

Apabila sebelumnya sudah mengetahui secara singkat apa yang dimaksud dengan domain controller tentunya memahami apa fungsi dari domain controller pun penting diketahui. Namun, apa sebenarnya fungsi utama dari domain controller ini? Mari simak informasinya berikut ini:

1. Sebagai Perlindungan Domain

Fungsi utama yang pertama dari domain controller ini adalah untuk melindungi domain pengguna dari serangan cyber seperti yang sempat dibahas sebelumnya. Melalui adanya domain controller ini nantinya username dari peretas.

Mulai dari password, username dan berbagai informasi website dari pengguna akan dijaga oleh domain controller ini. Hal ini adalah bentuk perlindungan utama dari domain pada suatu sistem.

2. Sebagai Pengaturan Keamanan

Pada fungsi berikutnya dari domain controller ini adalah sebagai bentuk pengaturan keamanan untuk user terhubung pada domain. Melalui adanya domain controller ini, maka nantinya user bisa

Domain controller ini nantinya juga akan membantu sistem dari user terhubung dengan controller supaya tidak ada kendala dalam penggunaan website. Melalui dadanya domain ini nantinya sistem juga dapat berjalan secara teratur sehingga tidak ada masalah pada user serta domain.

3. Untuk Resource

Hal lain yang menjadi domain controller penting adalah untuk menjadikan sistem keamanan pada sistem. Domain controller ini nantinya akan memegang hak resource pada suatu server.

Tentunya hal inilah kemudian yang membuat domain controller perlu dipertimbangkan oleh pengguna website. Melalui adanya domain ini nantinya pengguna bisa lebih mudah dan aman dalam menggunakan sistem domain.

Itulah tadi yang membuat pengguna website sangat penting  mengetahui apa yang dimaksud dengan domain controller. Melalui adanya domain controller inilah nantinya pengguna website lebih aman dalam menggunakan website serta terhindar dari serangan cyber.

Baca Juga