fbpx

Apa Saja yang Menjadi Penyebab Website Down? Ini 9 Penyebabnya

Website nyatanya memang sangat memudahkan pemilik bisnis untuk bisa menjangkau target. Sementara untuk pengguna , website ini akan sangat membantu mereka mendapatkan apa saja yang sedang dicari. Namun, ada yang menjadisatu masalah yang sering terjadi adalah website down. Pernah bizzie mengalami hal seeperti ini?

Website down tentu saja akan merugikan para pelaku bisnis khususnya jika semakin banyak pengguna Internet yang mengalaminya. Ini artinya calon pelanggan atau pembeli potensial bisa pergi begitu saja.

Website down juga merupakan sebuah kegagalan dalam memuat atau loading website sehingga situs tersebut tidak bisa diakses.  Sebuah website dikatakan down apabila misalnya tidak bisa diakses secara lengkap atau tidak bisa menampilkan kinerja utamanya untuk pengguna. Lalu apa saja yang menjadi penyebab website down?

Inilah 9 Penyebab Website Down

Apabila misalnya website bizzie itu tiba-tiba tidak bisa diakses, maka segera cari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Membiarkan masalah ini tanpa penangan yang tepat tentu saja akan berpengaruh pada kepuasan pengunjung.

Pemilik dan pengelola website pun juga harus peka terhadap hal krusial ini. Sebelum pengunjung mengalami website down, ada baiknya pengurus website yang tahu terlebih dahulu. Dengan begini maka masalah tidak akan terjadi dalam waktu lama dan segera diatasi dengan benar.

Ini juga akan bisa memberikan dampak buruk bukan hanya pada reputasi namun juga angka perusahaan. Inilah yang menjadi penyebab website down

1. Banyaknya Jumlah Traffic Atau Pengunjung

Faktor pertama yang dapat menjadi penyebab website down yaitu membludaknya jumlah traffic yang begitu ramai, yang akhirnya dapat berakibat pada yang kemudian website pun tidak lagi dapat diakses.

Baca Juga :  Perbedaan antara Post dan page pada WordPress yang Perlu Anda Ketahui

Sementara untuk mengatasi hal ini, maka bizzie dapat menerapkan peninggian kapasitas hosting. 

2. Munculnya Masalah Pada DNS

Apa yang dimaksud dengan DNS? Untuk kamu yang masih asing dengan istilah yang satu ini, singkatnya DNS ini disebut sebagai stas sistem yang dapat mengubah website ke bentuk IP Address.

Adanya masalah pada DNS ini tentu saja akan menyebabkan server down, maka dari itu penting bagi bizzie untuk memastikan apakah DNS telah terpasang di hosting dengan tepat atau belum, karena memang masalah pada DNS ini nantinya akan bisa menyebabkan website bizzie itu tidak dapat ditemukan sama sekali.

3. Terblokirnya IP Address

Bisa saja penyebab website down itu terletak pada terblokirnya IP address. Sementara, untuk mengatasi website masalah yang satu ini, maka bizzie bisa melakukan reset terhadap TCP/IP Address. Cara ini bisa dilakukan supaya kemungkinan terjadinya konflik IP atau IP terblokir dapat diatasi dengan tepat.

4. Hacker Attack

Penyebab website down lainnya yaitu munculnya hacker attack atau serangan hacker. Tentunya berbagai serangan dapat mengganggu dan menyebabkan kendala pada website seperti , XSS, DDoS dan lainnya.

Peretas ini biasanya akan melaksanakan aksinya dengan ara membanjiri website dengan menggunakan traffic palsu, yang mana pada akhirnya traffic ini pun mulai ramai dan masalah pada server mulai bermunculan.

5. Pemberlakuan Pemadaman Listrik 

Adanya pemasangan listrik pun nyatanya bisa menjadi salah satu faktor penyebab server down. Tentu saja ini bisa terjadi karena, saat center mengalami bentuk masalah seperti server mati, tentu lah website milik bizzie pun akan ikut terkena dampaknya. Jadi, gangguan outage ini bisa pula terjadi tanpa diduga.

Baca Juga : 6 Tools Untuk Melihat Peringkat Website di Google

6. Penggunaan Aplikasi Ilegal 

Penggunaan aplikasi bajakan atau ilegal pun nyatanya bisa mempengaruhi kinerja hosting yang terdapat pada website milik bizzie, yang tentunya nantinya akan bisa menimbulkan server down. Itulah mengapa, pengunduhan aplikasi perlu untuk bizzie perhatikan dengan tepat dan pastikan juga sudah mempunyai detail yang baik.

Baca Juga :  Cara Optimasi SEO Instagram Mudah dan Ampuh

7. Kelemahan Pada Sistem

SPOF atau yang biasa disebut dengan sebuah kelemahan yang terdapat dalam suatu sistem seeperti berbagai masalah layaknya failed, dan gagal berjalan, nyatanya mampu membuat seluruh sistem menghentikan kinerjanya.

Perancangan desain yang baik, pemilihan hardware yang tepat, serta monitoring sistem yang disiplin, nyatanya bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari permasalahan SPOF ini.

8. Maintenance Server

Faktor selanjutnya yaitu masalah maintenance server. Maintenance server ini sangat umum dilakukan, karena memang ini adalah kegiatan yang diberlakukan oleh penyedia layanan hosting secara rutin dan berkala. 

Dimana dengan adanya Maintenance server ini, maka biasanya performa website dapat ditingkatkan dan berbagai permasalahan pun juga nantinya bisa ditinjau kembali.

Walaupun menghadirkan berbagai kendala terhadap server, biasanya proses maintenance server ini dilakukan di luar jam-jam sibuk. Dan sebagai pemilik websit, sebagai pemilik website yang harus bizzie lakukan lakukan cukup menunggu.

9. Kesalahan Pada Struktur Kode Website

Faktor yang juga bisa menjadi penyebab website down itu yaitu mengenai kesalahan pada struktur kode website. Ini bisa saja terdapat berbagai penulisan yang typo dan simbol yang belum komplit. Kesalahan pada struktur kode ini pun juga dapat menghancurkan keseluruhan website.

Untuk menyiasati masalah ini, terlebih dahulu bizzie harus mengetahui kesalahan mana yang ada pada . Barulah sesudahnya, perbaikan terhadap file error tersebut pun dapat dilakukan.

Tentu saja dari penjabaran di atas kita sudah bisa mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan sebuah server atau website down. Pahami setiap penyebab di atas, supaya bizzie tau harus melakukan apa ketika nanti ada masalah yang terjadi pada website bizzie.

Baca Juga : Inilah Cara Mempercepat Loading Website Secara Mudah