fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Perbedaan antara GCloud, AWS, dan cPanel Hosting

Yodik Prastya

Saat membicarakan tentang penyedia jasa cloud computing, ada tiga raksasa industri yang produknya banyak dipakai yakni Google Cloud, AWS, juga cPanel Hosting. Nah, ketiganya itu punya perbedaan. Kira-kira, apa saja perbedaan antara Gcloud, AWS, dan cPanel Hosting?

Kalau kamu memang penasaran, coba deh langsung saja simak penjelasan kami tentang perbedaan ketiga cloud computing di sini!

Apa Perbedaan antara Gcloud, AWS, dan cPanel Hosting

Mungkin akan lebih baik jika kami membaginya langsung pada tiga penjelasan. Adanya tiga penjelasan tentu untuk mengulas masing-masing produk cloud computing yang memang sering digunakan ini. Berikut ulasannya:

1. Gcloud

Menurut A Cloud Guru, Google Cloud Platform (GCP) merupakan jaringan layanan cloud publik yang dikeluarkan langsung oleh tim developer Google. Platform ini diciptakan sebagai solusi untuk mempertahankan relevansi Google di pasar teknologi.

Namun setelah diluncurkan, GCP diterima dengan baik oleh para profesional pengembangan software, karena ia menyediakan berbagai layanan yang di-hosting untuk kebutuhan komputasi, penyimpanan data, dan pengembangan aplikasi yang berjalan di hardware Google.

Selain itu, GCP juga menawarkan layanan tambahan seperti manajemen biaya, pengelolaan data, hingga analisis dan pembelajaran mesin. Pemakai juga dapat mengakses sumber daya komputer yang disimpan di pusat data Google secara gratis saat menggunakan platform ini.

Tidak hanya punya fungsi untuk kebutuhan development saja. Aplikasi Gcloud ini juga menawarkan beberapa manfaat atau fungsi lainnya. Berikut ini manfaat yang ditawarkan:

  • Harga yang memang lebih murah dibandingkan dengan kompetitor.
  • Global fiber network private
  • Bisa migrasi langsung dari virtual machine.
  • Bisa ningkatin kinerja development.
  • Keamanan sistem yang sangat baik.

2. AWS

Amazon Web Services (AWS) merupakan jaringan layanan komputasi cloud dari Amazon yang terdiri dari berbagai jenis infrastruktur seperti IaaS (Infrastructure as a Service), PaaS (Platform as a Service), dan SaaS (Software as a Service).

AWS menyediakan berbagai layanan alat organisasi termasuk komputasi, database, hingga layanan content delivery. Selain itu, layanan lain yang ditawarkan AWS diantaranya server, jaringan, komputasi jarak jauh, email, pengembangan seluler, hingga keamanan.

Platform ini dikenal sebagai layanan yang fleksibel, skalabel, mudah digunakan, dan hemat biaya. AWS diluncurkan pada tahun 2006 dari infrastruktur internal Amazon dan merupakan salah satu perusahaan pertama yang mengenalkan model komputasi cloud pay-as-you-go.

Layanan dan solusi yang ditawarkan AWS dapat digunakan di 190 negara dan digunakan di berbagai industri seperti pemerintah, pendidikan, nonprofit, hingga perusahaan swasta.

Secara mendasar, layanan dari AWS itu bisa dikategorikan jadi beberapa jenis seperti:

  • Migrasi
  • Cloud computing
  • Storage
  • Security services
  • Database service
  • Analytics
  • Management services
  • Internet of Things
  • Application Services.
  • Deployment and Management.

Adapun kelebihan dari AWS ini bisa dilihat dari dua kelebihan utamanya, pertama yakni skalabilitas dan bisa diadaptasi dan juga cukup aman sekaligus terpercaya. 

3. cPanel

cPanel merupakan panel kontrol hosting yang memudahkan pengelolaan server, email, dan website. Dengan tampilan yang intuitif dan mudah digunakan, cPanel menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pengelolaan website seperti manajemen domain, email, instalasi CMS, dll.

Cpanel hanya dapat dijalankan di sistem operasi Linux seperti AlmaLinux, CentOS, CloudLinux, dan Ubuntu. Namun, pengguna yang menggunakan sistem operasi Windows tidak dapat menggunakan cPanel.

Penutup

Nah itu adalah jawaban dari apa perbedaan antara Gcloud, AWS, dan cPanel Hosting yang bisa kamu ketahui. Semoga bisa bantu, ya!

Baca Juga