fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu XSS Ketahui Penjelasan, Jenis dan Cara Kerjanya

Yodik Prastya

Keamanan dalam dunia digital semakin penting saat teknologi terus berkembang pesat. Salah satu ancaman utama yang harus diwaspadai adalah serangan XSS (Cross-Site Scripting). Aksi ini biasanya dijalankan oleh para hacker untuk membobol sistem dari website incarannya. Jika mereka berhasil menyisipkan script atau kode ke sebuah website, sudah pasti semua data akan diretasnya.

Tentunya Anda tidak ingin mengalaminya bukan? Dalam artikel ini akan dibahas lengkap mengenai apa itu XSS, jenis-jenisnya, dan cara kerjanya.

Apa Itu XSS?

XSS adalah singkatan dari Cross-Site Scripting, yang merupakan jenis serangan keamanan pada aplikasi web. Serangan ini memungkinkan penyerang untuk menyisipkan kode berbahaya (biasanya dalam bentuk script JavaScript) ke dalam halaman web yang akan dilihat oleh pengguna lain.

Saat pengguna lain mengakses halaman tersebut, kode berbahaya tersebut dieksekusi oleh browser mereka, yang dapat mengakibatkan pencurian informasi pribadi, peretasan akun, atau bahkan kerusakan pada situs web yang diserang. Beberapa tempat yang selama ini rawan serangan antara lain halaman website, forum, dan message board yang banyak dikunjungi oleh pemakai internet.

Jenis-Jenis XSS

Terdapat beberapa jenis serangan XSS yang perlu Anda ketahui. Secara umum serangan itu berupa:

Reflected XSS

Pada jenis ini, skrip berbahaya disisipkan dalam URL atau formulir yang dikirimkan kepada korban. Ketika korban mengklik tautan atau mengirim formulir, skrip tersebut dieksekusi oleh server dan kemudian dikirimkan kembali kepada korban dalam bentuk respon. Korban yang menjalankan skrip ini tanpa sadar membahayakan dirinya sendiri.

Stored XSS

Pada jenis ini, skrip berbahaya disimpan di server atau dalam database yang digunakan oleh situs web. Skrip ini akan dieksekusi setiap kali pengguna mengakses halaman yang mengandung skrip tersebut. Contohnya adalah komentar atau pesan yang disimpan dalam forum atau situs jejaring sosial.

DOM-based XSS

Serangan ini terjadi pada sisi klien (di browser pengguna) dan tidak melibatkan server. Skrip berbahaya memanipulasi struktur DOM (Document Object Model) pada halaman web, yang kemudian dieksekusi oleh browser pengguna. Ini sering terjadi pada aplikasi web yang berbasis JavaScript yang tidak mengamankan input pengguna dengan benar.

Cara Kerja XSS

Untuk memahami cara kerja XSS, kita perlu memahami langkah-langkah utama yang dilakukan oleh penyerang: Inilah beberapa cara kerjanya.

Penyisipan Kode Berbahaya

Penyerang menyisipkan kode berbahaya (biasanya dalam bentuk skrip JavaScript) ke dalam input yang dapat diakses oleh pengguna lainnya, seperti kolom pencarian, formulir komentar, atau bahkan tautan.

Penyebaran Kode Berbahaya

Kode berbahaya yang telah disisipkan akan masuk ke dalam server atau database aplikasi web. Di sini, kode tersebut akan disimpan dan siap untuk dieksekusi.

Eksekusi Kode Berbahaya

Ketika pengguna lain mengakses halaman yang mengandung kode berbahaya tersebut, browser mereka akan menginterpretasi dan menjalankan kode tersebut. Ini bisa mengakibatkan berbagai tindakan berbahaya, seperti mencuri cookie sesi, mengirimkan data pribadi, atau bahkan mengendalikan akun pengguna.

Cara Mencegah XSS

Supaya aman dari ancaman XSS, inilah beberapa cara jitu didalam pencegahannya.

Validasi Input

Pastikan semua input pengguna yang masuk ke aplikasi web Anda divalidasi dengan benar untuk menghindari penyisipan kode berbahaya.

Encode Output

Saat menyampaikan data ke halaman web, pastikan data tersebut diencode dengan benar sehingga tidak dapat dieksekusi sebagai skrip.

Pemutusan Tautan

Hindari menyertakan tautan yang mengandung data yang dikendalikan oleh pengguna dalam halaman web Anda.

Pembaruan Keamanan

Selalu perbarui perangkat lunak dan pustaka yang digunakan dalam aplikasi web Anda untuk mengatasi kerentanannya yang diketahui.

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, pemahaman tentang serangan XSS dan cara mencegahnya sangat penting. Dengan mengambil langkah-langkah seperti yang sudah dibahas diatas, Anda akan semakin mudah dalam menjaga keamanan data serta informasi kita di dunia maya.

Baca Juga