fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

GeneralWordpress

Apa Itu White Screen? Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Yanti puspita

Anda pasti pernah mendengar istilah green screen, tapi apakah Anda pernah mendengar istilah white screen? Pernahkah Anda mendengar tentang ini juga? Rupanya istilah ini digunakan untuk menggambarkan status error. Kondisi white screen adalah ketika perangkat komputer tiba-tiba menampilkan layar putih saat mengakses sebuah website.

Biasanya gangguan ini banyak ditemukan pada pengguna website berbasis WordPress. Alasannya juga cukup beragam. Beberapa kesalahan teknis dalam pengembangan situs web juga dapat memengaruhi tampilan white screen. Lantas, apakah website dengan white scree bisa diperbaiki?

Atau mungkin situs web tersebut hilang dan tidak dapat dipulihkan? Yuk cari tahu jawaban lengkapnya pada ulasan di bawah ini mengenai apa itu white screen? penyebab hingga cara mengatasinya.

Apa itu white screen?

Apa itu white Screen? White screen adalah kesalahan atau error yang membuat halaman web menjadi putih tanpa tampilan lain saat di akses.Gangguan ini sering terjadi secara tiba-tiba tanpa memberi tahu pengguna atau pemilik situs web. Gangguan white screen WordPress cukup umum dan di hadapi oleh banyak pengguna.

Meski begitu, error ini tetap mengganggu dan meresahkan karena terjadi secara tiba-tiba, tidak dapat diakses oleh pengguna atau administrator, dan tanpa alasan yang jelas. Jika Anda menjumpai gangguan seperti itu, jangan panik atau terburu-buru menduga penyebabnya. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kondisi WordPress sehingga menampilkan layar putih ini.

Penyebab Munculnya White Screen

Umumnya, white screen adalah gangguan yang di sebabkan oleh kesalahan dalam file atau database PHP situs web. Gangguan yang juga sering disebut dengan White Screen of Death (WSoD) ini bisa di sebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini:

  • WordPress gagal memperbarui secara otomatis.
  • Menggunakan template atau plugin yang tidak kompatibel dengan WordPress.
  • Ssript rusak dan tidak responsif.
  • Gangguan server web hosting.
  • Ada masalah cache di browser dan WordPress.
  • Kapasitas pemrosesan PHP terbatas.
  • Memori WordPress terbatas.

Cara Mengatasi Gangguan White Screen

Anda sudah tahu apa itu white screen? dan penyebabnya. Sebelumnya pernahkah Anda mengetahui apa yang menyebabkan halaman web kosong? Pada pembahasan berikut kami rangkum beberapa cara mengatasi gangguan ini yang bisa Anda coba. Beberapa cara untuk mengatasi white screen error adalah:

Mengubah Tema WordPress

Salah satu cara untuk mengatasi masalah white screen adalah dengan mengubah tema WordPress kembali ke default. Masalah white screen juga bisa disebabkan oleh template yang rusak atau tidak kompatibel dengan WordPress yang Anda gunakan.

Tentu akan sulit untuk mengetahui apakah template yang benar menjadi penyebab gangguan ini. Namun, Anda masih bisa memeriksanya. Cara mengeceknya adalah dengan mengganti template yang Anda gunakan dengan template bawaan WordPress yang asli.

Misalnya menggunakan Template standar Twenty Seventeen. Untuk mengubahnya, buka menu dashboard WordPress. Lalu, buka bagian Penampilan dan pilih opsi Tema. Selanjutnya, aktifkan template standar yang tersedia. Setelah itu, akses kembali WordPress dan periksa apakah tampilan white screen sudah hilang.

Jika dashboard WordPress juga tidak bisa di akses, Anda perlu mengubah tema melalui cPanel. Untuk melakukan ini, akses cPanel dan masuk ke hosting cPanel. Kemudian lanjutkan ke menu phpMyAdmin di kolom Databases. Selanjutnya, pilih database yang Anda gunakan dan klik pada tabel wp-options.

Temukan templat dan lembar gaya dalam tampilan tabel. Untuk mengubah tema, klik dua kali pada nama template. Kemudian, ganti nama template menjadi nama tema default tanpa menggunakan spasi.

Bersihkan  Cache Browser dan WordPress

Cara selanjutnya adalah menghapus cache WordPress. Membersihkan cache browser Anda cukup mudah. Pada tampilan browser, tekan More Tools. Selanjutnya, pilih opsi Hapus data penelusuran.

Sedangkan untuk membersihkan cache WordPress, Anda bisa menggunakan plugin WP Super Cache. Jika Anda telah menginstal plugin ini, Anda hanya perlu membuka plugin dan memilih opsi Clear Cache, maka semua cache halaman akan di hapus secara otomatis.

Tingkatkan Batas Memori WordPress

Periksa, apakah pengaturan memori WordPress Anda terlalu rendah? Setting memory yang sangat low bisa menyebabkan white screen. Untuk mengatasinya, Anda dapat meningkatkan batas memori WordPress.

Anda dapat meningkatkan batas memori WordPress Anda melalui akun hosting cPanel Anda. Caranya adalah dengan masuk ke menu File Manager di cPanel. Kemudian, pilih menu public_html dan lanjutkan ke wp-config. Jika muncul opsi pop-up baru, klik Edit.

Tambahkan kode baru: define(‘WP_MEMORY_LIMIT’,’64M’); Selanjutnya, klik tombol Simpan Perubahan. Akses kembali website tersebut dan cek apakah masalah white screen masih ada atau tidak.

Nonaktifkan Plugin WordPress

Tidak hanya temanya yang tidak kompatibel, plugin WordPress yang Anda gunakan juga menyebabkan white screen error. Untuk mengatasinya melalui dashboard, Anda bisa mengunjungi menu Plugin. Kemudian, pilih semua plugin yang tersedia. Ubah opsi Tindakan Massal ke Nonaktif. Lalu tekan Terapkan.

Jika menu dashboard juga menampilkan layar kosong, lebih baik menonaktifkan plugin melalui cPanel. Di cPanel akun hosting Anda, buka menu File Manager. Kemudian lanjutkan dengan mengakses folder public_html dan wp-content. Klik kanan pada folder Plugin. Kemudian, pilih Ganti nama.

Ganti nama folder Plugins menjadi Plugins_old. Perubahan nama ini akan menonaktifkan semua plugin di WordPress. Setelah melakukan perubahan ini, Anda dapat memeriksa situs web terlebih dahulu. Jika website sudah kembali seperti semula.

Jika white screen teratasi, berarti ada plugin yang bermasalah. Untuk mengetahui plugin mana yang menyebabkan masalah, Anda dapat mengaktifkan kembali semua plugin dan menonaktifkannya satu per satu untuk memeriksa mana yang bermasalah.

Ingat, sebaiknya segera nonaktifkan plugin yang bermasalah jika di temukan. Anda dapat menginstal plugin lain sebagai alternatif dari plugin yang bermasalah.

Aktifkan Mode Debugging

Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mengaktifkan mode debugging. Mengaktifkan mode ini dapat membantu Anda menemukan penyebab white screen. Debugging adalah proses mengidentifikasi dan membersihkan bug dalam kode.

Dengan mengaktifkan debugging, WordPress akan menampilkan notifikasi tentang error yang sedang terjadi. Cara mengaktifkannya bisa di lakukan dengan cPanel. Pertama-tama, login ke cPanel terlebih dahulu. Kemudian, buka menu File Manager. Selanjutnya, cari dan buka folder public_html.

Klik kanan pada file wp-config, dan pilih opsi Edit. Selanjutnya, cari kodenya: define(‘WP_DEBUG’,false). Dalam kode ini, ubah salah menjadi benar. Terakhir, tekan tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan perubahan.

Setelah mengaktifkan mode debug, buka kembali situs web dan periksa pesan kesalahan dari WordPress. Jika pesan kesalahan telah ditampilkan, catat dan selesaikan dengan cepat berdasarkan informasi yang di tampilkan oleh WordPress. Kemudian ubah kode true kembali ke false untuk menonaktifkan mode debugging.

Kesimpulan

White screen merupakan gangguan saat situs web tidak dapat di akses dan menampilkan konten selain tampilan layar putih kosong. Gangguan ini bisa di sebabkan oleh banyak kemungkinan. Mulai dari tema yang tidak kompatibel, plugin yang tidak kompatibel, kode kesalahan, atau pembuatan cache.

Pastikan untuk melakukan cara yang telah di bahas di atas dan ikuti langkah-langkah dengan hati-hati untuk mengatasi ini. Untuk meminimalisir terjadinya masalah tersebut, Anda bisa menggunakan layanan hosting murah DewaBiz yang di jamin berkualitas.

Baca Juga