fbpx

Apa itu VPS? Pengertian,Fungsi, dan Cara Menggunakannya

VPS adalah singkatan dari Virtual Private hosting. Paket hosting Virtual Private Server memberi pelanggan mesin virtual. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting, yang memungkinkan beberapa berjalan di satu server. Namun, virtualisasi memungkinkan setiap akun diperlakukan sebagai mesinnya sendiri dengan sumber daya dan sistem operasinya sendiri. Contoh: Dalam lingkungan shared hosting, semua klien berbagi sumber daya dari komputer yang sama.

Sebagian besar penyedia layanan hosting bersama memiliki skrip yang membatasi sumber daya setiap klien sehingga tidak ada klien yang menggunakan semua sumber daya. Namun, klien tidak dijamin sumber daya komputasi, yang dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu tergantung pada berapa banyak klien yang menggunakan sumber daya pada waktu yang sama.

Meskipun hosting situs web mungkin merupakan penggunaan paling umum untuk VPS, ada banyak cara lain yang dapat digunakan teknologi ini.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

Hosting File Anda sendiri

Dengan VPS, Anda dapat pindah ke sisi lain meja dan menjadi orang yang menyewakan ruang untuk situs web Anda kepada orang lain. Atau mungkin Anda selalu ingin meng-host server game Anda sendiri sehingga Anda dan sahabat Anda dapat bermain Minecraft secara bersama-sama. Tidak ada masalah dengan VPS.

Lingkungan Pengujian

Untuk kerumunan teknologi, VPS adalah lingkungan yang sangat baik untuk menguji perangkat lunak baru, pengaturan sistem operasi, atau bahkan komponen perangkat keras sebelum menggunakannya secara nyata.

Seeding Torrents

Anda yang mengunggah dan mengunduh file melalui teknologi torrent tahu betapa menguras sumber daya fisik komputer Anda. Bahkan, ia dapat melakukan semua operasi dengan sangat cepat. Jika Anda mentransfer aktivitas torrent Anda ke VPS, Anda bisa mendapatkan komputer Anda kembali.

Baca Juga :  Apa itu Trello? Pengertian dan Fiturnya

Pencadangan Pribadi yang Terjangkau

Berdasarkan perbandingan gigabyte-ke-gigabyte, menggunakan sisa ruang di VPS Anda untuk mencadangkan file mesin lokal Anda adalah cara yang murah dan mudah untuk menyalin file penting di luar lokasi.Untuk memahami cara kerja VPS, pertama-tama Anda memerlukan pengetahuan dasar tentang hosting secara umum.

Pada dasarnya, ini adalah perjanjian di mana pemilik situs web membayar perusahaan untuk menyimpan file dan database situs web mereka di server. Ada banyak jenis hosting, beberapa di antaranya akan segera kami bandingkan. VPS adalah salah satu opsi yang dapat dipilih oleh pemilik situs web saat memutuskan rencana untuk menyimpan dan mengirimkan properti online mereka.

VPS adalah server yang digunakan bersama oleh banyak pengguna. Namun, setiap situs web yang tersimpan di dalamnya dialokasikan sejumlah kinerja dan ruang penyimpanan tertentu. Ini dicapai dengan menjalankan hypervisor yang membangun lingkungan virtual dengan membuat, membebaskan, dan mengelola semua sumber daya yang tersedia. Itu berarti alih-alih bersaing untuk ruang dan kinerja dengan situs lain di server Anda, VPS memberi Anda milik Anda sendiri.

Selain itu, Anda juga menuai manfaat yang datang dengan memiliki penyimpanan khusus Anda sendiri, memori akses acak (RAM), dan sumber daya penting lainnya.Tidak bisa dipungkiri bahwa para pemilik marketplace atau online mereka membutuhkan resource yang sangat tinggi. Peran server dalam sebuah website sangatlah penting karena nantinya akan mempengaruhi kinerja dan performa dari website itu sendiri. Server yang baik adalah yang mampu menangani semua kebutuhan mulai dari keamanan, trafik, beban bandwidth dan tentunya masih banyak lagi. Salah satu hosting yang bisa jadi solusinya adalah VPS hosting.

Baca Juga :  SEO Plugin untuk Menigkatkan Rank Google

Jadi mengetahui apa itu VPS?,fungsi dan cara menggunakannya.