fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Virtex, Ketahui Pengertian Dan Cara Menghindarinya

Yodik Prastya

Saat ini ada berbagai macam kejahatan siber atau cyber crime yang bisa mengancam siapa saja. Termasuk salah satunya adalah virtex. Tapi, sebenarnya apa itu virtex? Kamu yang memang ingin mengetahui jawabannya bisa langsung cek uraian kami.

Virtex secara sederhana merupakan singkatan dari virus text yang dapat membuat berbagai macam aplikasi di smartphone jadi terganggu. Virus text biasanya berisikan banyak kumpulan karakter yang juga memakai berbagai simbol unik.

Jumlahnya yang terlalu banya, terkadang membuat setiap pengirim juga penerimanya sukar membaca. Menariknya, penyebaran dari virtex ini pun bisa lewat aplikasi. Paling sering virus ini dikirimkan lewat WhatsApp.

Penyerang biasanya memiliki tujuan membuat WhatsApp milik penerimanya jadi lag dan error dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja, virtex akan merepotkan. Kamu bisa baca lebih lengkap kalau cek uraian kami!

Apa Itu Virtex?

Virtex adalah suatu virus yang sangat berbahaya dan di kasus tertentu, bisa menjadi virus yang mungkin tidak mengancam sama sekali. Pasalnya, memang tergantung dengan besarnya kasus ini ketika menyerang suatu aplikasi.

Virtex sudah bisa dianggap membahayakan ketika sudah menyerang aplikasi yang lain. Virtex biasanya juga menyerang seseorang melalui aplikasi tertentu. Paling banyak ditemukan yakni di WhatsApp.

Isinya yakni berbagai macam karakter unik dan simbol yang dibuat dengan sangat panjang. Ketika ada yang membukanya, biasanya akan membuat aplikasi WhatsApp pengirim maupun pengguna jadi tidak bisa diakses dan mengalami semacam gangguan.

Jenis-jenis Virtex

Virtex memang bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis. Biasanya pengkategorian ini dilakukan berdasarkan dampak atau efek yang diberikan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Virtex Easy

Virtex easy adalah jenis yang efeknya terbilang ringan dan tidak menyebabkan munculnya risiko besar. Umumnya, efek yang muncul hanya lag saja dan sementara. Walaupun begitu, kondisi ini memang masih perlu diwaspadai dan memang harus segera diatasi.

2. Virtex Sedang

Selanjutnya yakni virtex sedang. Pada jenis ini, menurut kabar memuat sekitar 66 ribu karakter yang berbeda dan akan menjadi virus kalau memang sering dikirim ke sejumlah target.

Nantinya, efek dari spamming virtex tersebut yakni membuat aplikasinya jadi tidak bisa dipakai lagi dan bisa kembali beroperasi seperti dalam keadaan normal. Virtex jenis ini memang wajib dan perlu diwaspadai.

3. Virtex Ganas

Tentu saja, ini merupakan kategori yang paling berbahaya sesuai dengan namanya. Kamu pun harus mengantisipasi serangan virtex ini. Pasalnya, karakter yang ada di dalamnya berjumlah lebih dari 66 ribu karakter.

Dengan adanya virus ini, tentu dampak yang bisa dihasilkan akan lebih mengerikan. Bahkan ada kabar yang mengatakan kalau efek virtex ganas ini akan membuat sistem operasi pada smartphone jadi rusak.

Cara Menghindari Virtex

Nah, ini adalah langkah yang paling penting yakni langkah pencegahan. Kamu masih bisa menggunakan beberapa tips dari kami agar terhindar dari Virtex. Berikut penjelasannya:

1. Jangan Sebar Nomor WhatsApp Sembarangan

Langkah pertama adalah tidak menyebar nomor WhatsApp sembarangan. Mungkin dibalik kebaikan hatimu yang menyebarkan nomor WhatsApp akan menjadi bumerang di kemudian hari.

Tidak ada yang tahu niat seseorang sampai ada kesempatan yang muncul untuk berbuat jahat seperti mengirimkan virtex.

2. Hapus Pesan dari Nomor Asing

Kalau kamu menemukan ada nomor asing yang mengirimkan pesan, kalau bisa langsung hapus saja. Apalagi kalau isinya karakter yang tidak jelas dan unik. Bisa-bisa itu adalah virtex yang berbahaya.

Penutup

Jadi, itulah penjelasan tentang apa itu Virtex beserta jenis-jenisnya. Jangan lupa ikuti tips dari kami agar kamu terhindar dari virtex.

Baca Juga