fbpx

Apa itu URL? Pengertian dan Penjelasannya

Apa itu URL? Sederhananya, URL adalah alamat atau lokasi file di , baik itu situs web, gambar, , perangkat lunak, atau file lain apa pun yang disimpan di tertentu. Menggunakan URL hampir sama dengan membuka file di atau laptop, klik dua kali.

Perbedaannya adalah jika Anda ingin membuka file tertentu di situs web, kami harus menggunakan URL lokasi file karena kami tidak memiliki akses fisik langsung ke file tersebut.Tidak seperti alamat rumah, yang mencakup nama pemilik rumah, nama gang, nama jalan, dan bahkan kode pos, URL memiliki bagian yang sama dan berbeda.

Dari penjelasan tersebut dapat kita pahami bahwa pengertian URL adalah sekumpulan karakter dengan format standar tertentu, yang digunakan sebagai penunjuk alamat suatu sumber daya di Internet, baik itu dokumen, file gambar, teks, dll. Lainnya.

Beberapa ahli juga menjelaskan pengertian URL, antara lain:

1. Prayogi

Menurut Prayogi, istilah URL adalah rangkaian karakter yang dibuat dengan mengikuti aturan standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat direktori dari suatu dokumen yang berada pada suatu - Halaman berada di internet. 2. Sora N. Menurut Sora N, istilah URL adalah rangkaian karakter, disusun menurut format standar tertentu, yang digunakan untuk menggambarkan alamat suatu sumber dokumen seperti file, teks, dan gambar di jaringan Internet. Orang yang pertama kali menemukan URL adalah Tim Berners Lee pada tahun 1991.

Pada saat itu, URL dimaksudkan untuk digunakan agar penulis dokumen dapat memberikan referensi ke tautan ke Wide Web.Secara garis besar, URL terdiri dari empat bagian, yang kemudian digabungkan menjadi satu struktur yang lengkap, antara lain: 1. Protokol (Protokol) Protokol adalah metode yang didefinisikan untuk pertukaran atau transmisi pada jaringan komputer. Biasanya untuk website yang menggunakan protokol HTTP atau HTTPS (secure version). Protokol ini biasa disingkat dengan http:// (Hypertext Transfer Protocol). Bagian ini merupakan bagian yang paling penting karena memudahkan pembaca untuk mengklik link tanpa harus copy paste ke .

Baca Juga :  Wajib Tahu! Rahasia Membuat Website Portofolio¬†yang Keren

2. Nama host komputer (host)

Menurut protokol, bagian dari URL adalah nama host komputer, yang biasa disebut sebagai WWW (World Wide Web). Tapi bagian ini bisa digunakan atau tidak.

3. Nama Domain (Domain Name)

Domain adalah nama website atau nama yang menunjukkan alamat website. Ini menunjukkan server web mana yang diminta. Sebagai contoh; .com, Twitter.com, Detik.com, Maxmanroe.com, Facebook.com dan seterusnya. Ada dua jenis, berbayar misalnya (.com, .net, .info) atau gratis, misalnya dengan subdomain blogger.com. Atau, dimungkinkan untuk menggunakan alamat IP secara langsung, tetapi karena ketidaknyamanan, praktik ini tidak banyak digunakan di web.

4. Jalur Jalur adalah jalur menuju sumber daya di server web.

Pada hari-hari awal web, jalur mewakili lokasi file fisik di server web. Saat ini, sebagian besar merupakan abstraksi yang dikelola oleh server web tanpa realitas fisik. Jika kita ingin mengunjungi beranda sebuah situs web, yang harus kita lakukan hanyalah memasukkan protokol dan nama domain, mis. B. https://www.maxmanroe.com.Dari penjelasan di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa pengertian URL adalah alamat sumber daya unik yang dipublikasikan di web.

Demikian penjelasan singkat tentang Uniform Resource Locator (URL), mulai dari pengertiannya dan penjelasannya. Semoga artikel ini berguna untuk Anda.