fbpx

Apa itu Trello? Pengertian dan Fiturnya

Di jaman sekarang sudah banyak untuk mengatur proyek salah satunya . Lalu apa itu Trello? dan fiturnya. Trello adalah aplikasi kolaborasi yang memungkinkan Anda mengatur berbagai proyek di satu tempat. Dengan Trello, semua orang di proyek dapat mengetahui apa yang sedang dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, dan seberapa jauh mereka mengerjakannya.

Pikirkan Trello sebagai papan tulis yang penuh dengan catatan tempel. Tugas pribadi Anda dan tugas seluruh tim tertulis di setiap catatan tempel. Kemudian di masing-masing catatan tempel juga terdapat foto, lampiran dari berbagai sumber dan kolom komentar.

Fitur Trello

Trello memiliki empat fitur utama : board, daftar, kartu, dan menu. Kami akan menjelaskan masing-masing fungsi di bawah ini.

1. Board

Board menunjukkan proyek Anda saat ini lengkap dengan berbagai informasi di dalamnya. Pada seseorang yang merupakan bagian dari proyek dapat melihat apa yang ada di papan. Misalnya, departemen memiliki dewan yang sama dan semua orang di departemen itu dapat melihat semua tugas yang perlu dilakukan.Tidak ada batasan jumlah board yang bisa kamu buat di Trello. Inii memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa proyek secara bersamaan dengan tim yang berbeda.

2. Card

Komponen papan terpenting di Trello adalah kartu. Kartu ini berguna untuk menampilkan tugas dan ide. Misalnya hal-hal yang perlu dilakukan seperti menulis di . Atau hanya sesuatu yang perlu diingat, seperti kebijakan perusahaan.Cukup klik tambahkan kartu di bagian bawah daftar (yang akan kita bahas sebentar lagi) dan beri nama.

Misalnya, Anda bisa memberinya nama seperti tulis artikel di blog” atau jemput di bandara. Tidak ada batasan berapa banyak kartu yang dapat Anda buat, sehingga Anda dapat membuat sebanyak yang Anda butuhkan. Anda juga dapat memasukkan berbagai informasi terkait proyek ke dalam kartu. Kamu tahu. Dengan begitu, anggota tim Anda lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Gambar di Web Yang Tidak Muncul

3. Lists

Daftar ini adalah tempat kartu untuk tetap terorganisir sesuai dengan perkembangan proyek yang sedang berlangsung. Jadi daftar harus berfungsi seperti alur . Setiap daftar yang Anda buat dapat dikategorikan sebagai To Do, Doing, atau Done.
Alur kerja dalam daftar adalah fitur yang sederhana namun terbukti efektif untuk kolaborasi proyek. Anda dapat memasukkan kartu yang berisi tugas sesuai dengan perkembangannya saat ini.

Baca Juga : Apa itu Yahoo Indonesia ? dan Sejarahnya

Misalnya, Anda sedang mengerjakan kartu di To Do, jadi Anda bisa memindahkan kartu ke daftar To Do. Setelah selesai, Anda dapat memindahkannya ke selesai.

Anda sebenarnya tidak perlu mengikuti contoh nama di atas. Trello adalah aplikasi yang memberi Anda kebebasan untuk menyesuaikan apa yang Anda butuhkan. Jadi Anda dapat memberi nama daftar apa pun yang Anda inginkan.

4. Menu

Di sebelah kanan papan Trello adalah menu. Menu ini adalah pengaturan utama papan Anda. Anda dapat mengelola anggota tim, memfilter kartu, atau sekadar melihat riwayat aktivitas anggota tim.

Trello dapat membantu Anda mengelola berbagai proyek dengan mudah dengan membuat papan. Setiap papan memiliki daftar berbeda yang berisi deskripsi tugas terperinci dalam bentuk kartu.

Dengan begitu, Anda dan semua anggota tim dapat dengan mudah mengetahui apa yang perlu dilakukan, kapan perlu dilakukan, dan sebagainya. Maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Trello merupakan alat yang wajib dimiliki oleh para pebisnis. Itulah apa itu Trello? pengertian dan fiturnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Software : Fungsi, Ciri, Jenis, dan Contohnya