fbpx

Apa itu Telnet? Mengenal Fungsi Dan Kelebihannya

Sebenarnya masih banyak yang belum tahu mengenai Apa itu Telnet. Jika Anda bertanya, maka jawabannya adalah sebuah protokol client yang dapat memberikan akses jarak jauh (via remote) agar bisa masuk ke tertentu dalam sebuah .

Telnet biasa disebut dengan TN, yang biasa biasa diartikan dengan virtual atau emulasi terminal yang menggunakan protokol dengan bertujuan sama, yakni mengakses komputer secara remote. Biasanya, penggunaan Telnet untuk login dari komputer satu ke komputer lain dengan .

Sebenarnya tak hanya itu saja, melainkan juga untuk mengakses berbagai macam layanan umum yang terhubung dalam satu jaringan internet. Seperti database atau katalog perpustakaan.

Mengenal Apa Itu Telnet?

Lebih lanjut mengenai Apa itu Telnet, yakni bisa diartikan sebagai virtualisasi atau emulasi terminal yang menggunakan protokol telnet. Tujuannya adalah untuk bisa mengakses komputer dengan jarak jauh atau secara remote. Secara umum, Telnet sama dengan server yang memerintahkan pada clienr atau sebaliknya. Termasuk hampir sama dengan .

Memang, keduannya sama-sama perintah, akan tetapi memiliki defisini yang berbeda. Biasanya, Telnet menggunakan LAN (Local Area Network) atau sebuah jaringan internet yang digunakan oleh sebuah jaringan komputer network secara bersamaan. Dalam hal ini, Telnet memberikan fasilitas komunikasi berbasis text. Komunikasi dua arah tersebut dikoneksikan memakai port telnet atau virtual terminal.

Kemudian kaitannya dengan SSH (Secure Shell) merupakan sebuah protokol jaringan kriptografi yang di dalamnya tersedia fasilitas komunikasi , dan memiliki tingkat keamanan tinggi. Lalu saat login antarmuka menggunakan SSH, Anda bisa melakukannya dengan baris perintah eksekusi secara jarak jauh (remote).

Baca Juga :  Apa Saja Keuntungan Digital Marketing? Simak Disini!

Sehingga bisa disimpulkan bahwa Telnet dengan SSH adalah dua hal perintah yang berbeda. Jika Telnet memberikan perintah eksekusi dari jarak jauh tanpa melakukan enkripsi. Sedangkan dengan SSH, menyampaikan perintah eksekusi dari jarak jauh, namun menggunakan enkripsi. Sehingga kurang lebih seperti itu penjelasan mengenai Apa itu Telnet.

Fungsi Telnet

Setelah Anda mengetahui tentang Apa itu Telnet, kini Anda harus mengetahui juga mengenai fungsinya. Biasanya Telnet digunakan untuk sejumlah aktivitas server, seperti menjalankan sejumlah program, mengedit file, hingga memeriksa .

Baca Juga : Remote Server SSH, Jenis dan Manfaatnya untuk Website Anda

Telnet biasa digunakan dengan mengaktifkan beberapa server dari jarak jauh untuk mengakses data publik, dan masih banyak lagi. Selain itu, fitur dari Telnet sendiri juga biasa digunakan untuk kesenangan nostalgia. Sebab, alat ini masih memiliki kompabilitas dengan sistem yang lama, dan membutuhkan akses ke data tertentu.

Mengetahui Kelebihan Telnet 

Sedangkan dengan kelebihan dari Telnet sendiri juga cukup banyak. Anda bisa menggunakan alat ini untuk meremote sebuah komputer dari jarak jauh. Diantara kelebihan dari Telnet adalah :

  • Dengan tools ini, memungkinkan jaringan di sebuah lembaga dalam menguji akses dari satu perangkat ke perangkat lainnya menggunakan server eksternal.
  • Memperbaiki masalah konfigurasi router menggunakan tools ini sangat mudah. Sebab alat komunikasi menggunakan teks biasa.
  • Dengan menggunakan Telnet, dapat mencapai elemen konfigurasi perangkat keras jaringan.
  • Persetujuan lebih mudah dalam mengakses komputer satu ke komputer lain secara jarak jauh.
  • Telnet tersedia untuk banyak sistem operasi yang berbeda-beda.
  • Dengan Telnet, maka akan semakin menghemat banyak waktu. Selain itu, penyelesaian tugas dan pembentukan konektivitas di komputer semakin cepat.
  • Fleksibel, artinya Anda bisa menggunakannya di komputer mana saja. Bahkan ketika Anda menggunakan OS yang berbeda, juga bisa terhubung satu sama lain, meski dari versi dan waktu rilisnya berbeda.
Baca Juga :  post Menggunakan VPS (Virtual Private Server) Bagian 2