fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Mengenal Apa Itu Target Pemasaran, Tujuan Hingga Strategi

Yanti puspita

Apa itu target pemasaran? Target pemasaran adalah sekelompok orang yang di harapkan membeli suatu produk atau jasa. Menentukan target pasar ini adalah langkah yang cukup awal dan sangat penting di lakukan dalam mengembangkan bisnis.

Penentuan target pemasaran yang salah bisa berakibat fatal bagi bisnis kamu di kemudian hari. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai apa itu target pemasaran, kamu bisa melihat rangkuman yang telah Dewabiz buat di bawah ini!

Apa Itu Target Pemasaran?

Kamu sudah tahu belum apa itu target pemasaran? Nah, target pemasaran adalah sekelompok orang yang mempunyai kesamaan karakteristik, kesukaan dan minat terhadap produk dan di anggap sebagai pelanggan potensial oleh sebuah bisnis atau perusahaan.

Sederhananya, target pemasaran adalah sekelompok orang yang di temui suatu perusahaan untuk membeli produk bisnis nya. Biasanya untuk menentukan target pasar ini, terlebih dahulu harus di lakukan segmentasi pasar dengan mengelompokkan konsumen sejenis.

Tujuan Menentukan Target Pemasaran

Memangnya apa manfaat yang akan di peroleh sebuah bisnis atau perusahaan setelah menentukan target pemasaran nya? Tujuan penentuan target pasar yang di lakukan para pemilik bisnis dan perusahaan antara lain sebagai berikut.

Mengptimalkan Strategi Bisnis

Baik itu strategi pemasaran, penjualan atau pengembangan produk, data target pasar adalah dasar yang paling penting. Bagaimana kamu bisa melakukan perbaikan atau merumuskan strategi baru jika kamu tidak tahu siapa yang akan membeli produk kamu dan apa yang mereka butuhkan?

Jadi, target pemasaran ini sangat penting di lakukan untuk kamu yang ingin mengoptimalkan sebuah bisnis.

Mempermudah Proses Distribusi Produk

Proses distribusi produk pasti akan lebih terencana jika sudah menentukan segmentasi pasar yang akan menjadi fokus perusahaan saat ini. Misalnya, kamu menemukan bahwa pekerja yang tinggal di kota besar merupakan segmen pasar yang paling berpotensi untuk membeli.

Dengan menemukan data ini, maka perusahaan tidak akan membuang sumber daya untuk mendistribusikan produk ke lokasi yang kurang strategis lain nya. Dengan demikian anggaran yang di butuhkan juga akan berkurang.

Menjadikan Kampanye Lebih Personal

Semakin target pemasaran kamu merasa ‘cocok’ dengan produk atau merek yang kamu tawarkan, maka akan semakin banyak awareness yang akan kamu terima. Lalu bagaimana kamu membuat mereka merasa cocok dengan produk mu?

Yaitu dengan menyampaikan pesan yang sesuai dengan apa yang ingin di sampaikan, cara penyampaian yang tepat, dan menggunakan channel yang sesuai. Inilah mengapa memahami target pemasaran adalah langkah kunci dalam mewujudkan kampanye yang di personalisasi ini.

Strategi Dalam Menentukan Target Pemasaran

Hal lain yang tidak kalah penting dari segala tahapan dalam menentukan target pemasaran adalah menentukan strategi. Secara umum, setidaknya ada empat strategi target pemasaran yang biasa di lakukan para pengusaha, yaitu:

Mass Marketing

Seperti namanya, bisnis menggunakan strategi pemasaran massal untuk menargetkan semua orang dalam pemasaran produknya. Ya, strategi ini tidak menerapkan terlalu banyak segmentasi untuk mendefinisikan konsumen.

Hal ini di karenakan produk yang di tawarkan umumnya merupakan kebutuhan bersama dan di butuhkan hampir oleh semua orang. Contoh produk yang bisa di pasarkan dengan strategi ini adalah sabun, sikat gigi, dll.

Dalam menerapkan strategi ini, para pengusaha lebih fokus pada bagaimana membuat lebih banyak orang mengetahui produk yang mereka jual. Dengan demikian, potensi konsumen untuk datang dan membeli barang dagangan akan semakin tinggi.

Differentiated Marketing

Lebih sempit lagi, pemasaran diferensiasi adalah strategi untuk menyasar target pasar yang lebih spesifik. Misalnya, jika kamu menjual produk sabun generik, kini kamu dapat membedakan antara sabun pria dan sabun wanita dengan strategi ini.

Niche Marketing

Beralih ke strategi target pasar yang lebih kecil dan spesifik, yaitu dengan menggunakan niche marketing. Contoh produk yang dapat menggunakan strategi ini adalah ketika kamu menjual pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Meski ukuran pasarnya relatif lebih kecil, niche marketing bisa menjadi sarana penetrasi pasar yang menguntungkan. Selain itu, hal ini juga dapat menjadikan pengusaha sebagai pemimpin pasar pada niche yang di bidik asalkan menerapkan strategi yang tepat.

Micro Marketing

Terakhir adalah strategi menyasar pasar yang lebih sempit yaitu pemasaran mikro. Strategi ini cocok untuk produk yang di pasarkan, namun dibatasi oleh lokasi, jenis barang, atau waktu.

Cara Menentukan Target Pemasaran

Setelah memahami apa itu apa itu target pemasaran dan tujuan danb strategi yang bisa di gunakan dalam target pemasaran ini, selanjutnya kamu juga harus mengetahui bagaimana cara menentukan apa itu target pemasaran bisnis kamu.

Tentukan Konsumen

Cara pertama untuk menentukan target pemasaran adalah dengan mengidentifikasi siapa pelanggan potensial dalam bisnis mu. Kamu bisa membuat persona pembeli untuk mendeskripsikan calon pelanggan, misalnya berdasarkan karakteristik fisik, demografi, psikologi, dan lainnya.

Untuk menciptakan persona pembeli, kamu bisa memulai dengan segmentasi, misalnya menentukan jenis kelamin, usia, gaya hidup, dan lain-lain. Data ini akan memudahkan kamu dalam menentukan siapa calon pelanggan bisnis mu.

Misalnya target pasar kamu adalah wanita, karena produk yang kamu jual adalah perawatan kulit. Dimana umumnya para wanitalah yang paling peduliterhadap kulit mereka.

Memahami Kebutuhan Target Pasar

Langkah selanjutnya dalam menentukan target pemasaran adalah mencari tahu apa yang di inginkan oleh prospek prelanggan kamu. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan alat analisis seperti Google Trend atau berkomunikasi langsung dengan publik.

Amati Persaingan Pasar

Ingatlah bahwa setiap bisnis selalu memiliki pesaing. Itu sebabnya kamu perlu memperhatikan persaingan pasar. Dengan cara ini, kamu akan berpeluang menarik pelanggan untuk membeli produk yang kmau tawarkan.

Persaingan dapat datang dari banyak faktor, seperti harga, fitur, kemudahan pembelian, dan layanan. Dari pengamatan tersebut, kamu bisa mencoba menciptakan dan mengembangkan produk terbaik.

Riset Kompetitor

Riset pesaing juga bisa membantu kamu mengidentifikasi target pasar yang lebih baik untuk bisnis dan produkmu. Dengan meneliti pesaing, kamu bisa mengungkap beberapa wawasan penting. Wawasan ini dapat di gunakan sebagai data tambahan untuk memutuskan apakah kamu akan memperluas, mempersempit, atau mengubah target pasar kamu.

Menjelaskan Keunggulan Produk

Setelah mengamati persaingan pasar, kamu bisa menjelaskan keunggulan produk kamu di bandingkan kompetitor. Jika perusahaan kamu menawarkan keunggulan dari segi fitur, maka fokuslah untuk menjelaskan keunggulan tersebut.

Menentukan Strategi Pemasaran

Cara menentukan target pasar selanjutnya adalah dengan merencanakan strategi pemasaran yang tepat. Sebab, setiap sasaran mempunyai gaya promosi yang berbeda-beda. Misalnya target pasar kamu adalah Gen Z, maka kamu bisa melakukan pemasaran melalui media sosial yang sering mereka gunakan.

Evaluasi Respon Pasar

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengevaluasi respon pasar. Hal ini untuk menilai apakah strategi yang kamu jalani efektif atau tidak. Jika tidak, maka kamu perlu mengubah strategi pemasaran. Evaluasi ini bisa di lakukan secara berkala, misalnya sebulan sekali.

Itulah dia pembahasan mengenai apa itu target pemasaran yang sebaiknya perlu kamu pahami sebelum memasarkn sebuah produk. Sebagai seorang pengusaha, sebaiknya hal-hal di atas perlu kamu perhatikan sebelum memasarkan produk kamu ke konsumen.

Baca Juga