fbpx

Apa Itu Sitemap? Pengertian dan Bagaimana Cara Membuatnya

Membuat sitemap adalah salah satu hal yang penting dilakukan untuk meningkatkan performa situs. Sayangnya, pekerjaan ini bisa saja cukup menyita waktu dan seringkali dikesampingkan oleh para pemilik situs. Padahal, ia mampu menjanjikan optimalisasi yang layak diharapkan. Untuk itu, mari kita mulai dengan membahas apa itu sitemap?

Apa Itu Sitemap

Apa itu Sitemap? Saat Anda berkunjung ke sebuah website, mungkin pernah melihat di bagian bawah atau footer yang memajang ke sitemap. Nah, Anda bisa mencoba melihat apa yang ada di dalam sitemap tersebut untuk menemukan gambaran dari item ini.

Sederhananya, sitemap adalah sebuah file yang berisi informasi detail tentang halaman dan file yang ada dalam sebuah situs.

File yang bisa berupa Extensible Markup Language (.XML) atau Hypertext Markup Language (.HTML) ini juga menjabarkan bagaimana halaman dan file dalam situs tersebut saling berhubungan satu sama lain. File ini kemudian di-submit ke seperti Google, Bing dan sebagainya.

Sitemap dapat memudahkan mesin pencari menemukan halaman situs Anda di belantara . Seperti yang diketahui bahwa mesin pencari melakukan crawling untuk bisa merekomendasikan hasil pencarian yang lebih ideal untuk para penggunanya.

Membuat dan menyetorkan sitemap ke Google, misalnya, dapat mempercepat proses menampilkan halaman Anda ke hasil pencarian pengguna.

Tak hanya untuk tujuan SEO saja, membuat sitemap HTML dapat Anda manfaatkan untuk mengelola website. Tentunya lebih mudah untuk menemukan halaman atau file tertentu di satu tempat dibanding menjelajahi situs atau mengetik di kolom pencarian. Cara yang lebih intuitif ini juga bisa memudahkan pengunjung situs dalam bernavigasi. 

Baca Juga :  5 Kekurangan Mengurus Server Sendiri, Yakin Mau Lanjut?

Cara Membuat Sitemap

Untuk membuat sitemap, Anda bisa menggunakan bantuan tool untuk memudahkan prosesnya. Berikuit ini beberapa tool yang bisa Anda pertimbangkan

1. Yoast Plugin

Menggunakan WordPress, Anda bisa mengunduh dan mengaktifkan Yoast untuk mengakses fitur pembuatan sitemap berupa XML.

Anda bisa melihat menu samping kemudian memilih tab Features, lalu gulir ke bawah untuk melihat opsi sitemap. Pastikan fitur tersebut diatur ke On untuk membuat sitemap secara otomatis.

2. AIOSEO Plugin

Masih menggunakan WordPress, Anda juga bisa menggunakan plugin (atau AIOSEO). Sama halnya dengan di atas, fitur pembuatan sitemap bisa Anda gunakan secara gratis di sini.

Plugin ini menyediakan fitur pembuatan sitemap secara dinamis untuk memastikan bahwa peta situs Anda selalu up-to-date dan sesuai dengan pembaruan mesin pencari. Fitur berupa tombol Enable Sitemaps ini bisa Anda temukan di tab Sitemap di menu WordPress Anda.

3. Screaming Frog

Apabila Anda bukan pengguna WordPress, maka tool ini bisa Anda jadikan pertimbangan untuk membuat sitemap secara otomatis hingga 500 secara gratis.

Tool ini akan mencatumkan halaman penting lengkap dengan pilihan halaman mana yang ingin diikutkan atau tidak. Dengan kata lain Anda juga bisa mengatur prioritas halaman. 

Anda bisa mengunduh lalu menginstal SEO Spider tool lalu masukkan informasi situs Anda ke kolom enter URL to spider lalu klik Start. Setelah proses crawl selesai, lihat menu lalu klik Sitemap dan pilih XML Sitemap di menu drop down yang muncul.

Baca Juga : Inilah Cara Membuat Custom Type WordPress

Nah setelah Anda memiliki sitemap, lanjutkan dengan menambahkan ke situs. Langkah ini biasanya tersedia secara otomatis jika Anda menggunakan dimana link akan dimunculkan di situs. Jika tidak, Anda perlu menambahkan sitemap tersebut ke folder root, entah itu melalui FTP atau menggunakan FIle Manager di

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Komentar Spam Secara Mudah dan CepatĀ 

Setelah sitemap ditambahkan, selanjutnya adalah submit ke mesin pencari. Untuk mesin pencari seperti Google, Anda bisa menggunakan Console.

Silakan login dengan akun Anda lalu masuk ke konsol lalu pilih Sitempas di menu. Tambahkan sitemap situs Anda dengan melengkapi URL dengan nama situs Anda. Langkah yang tak jauh berbeda juga bisa Anda lakukan ke mesin pencari lainnya.

Akhir Kata

Membuat sitemap masih banyak dikesampingkan oleh para pemilik situs dan lebih memilih untuk fokus mengerjakan konten atau SEO lainnya. Namun kini Anda telah memahami penjelasan tentang apa itu sitemap dan proses membuatnya yang tak terlalu sulit. Sitemap memudahkan situs Anda untuk terindeks oleh algoritma mesin pencari yang artinya juga lebih mudah ditemukan oleh orang-orang.